Berkaca Dari Kebakaran Bromo, Komisi X DPR: Mitigasi Bencana Penting!

oleh -0 Dilihat
Berkaca Dari Kebakaran Bromo, Komisi X DPR: Mitigasi Bencana Penting!
Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki saat diwawancara awak media di gedung DPR RI Senayan Jakarta (14/9/2023)

Jakarta- Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki mengungkapkan pentingnya mitigasi bencana di destinasi wisata. Hal tersebut diungkapkannya merespon kebakaran di destinasi wisata Bromo yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kasus Bromo itu di samping karena kelalaian, kurangnya mitigasi bencana terutama di lokasi wisata saya kira mitigasinya itu yang perlu diperkuat” jelas Zainuddin.

Tidak hanya itu, Zainuddin juga meminta pemerintah mengedukasi masyarakat tentang perlunya kehati-hatian supaya kejadian serupa tidak terjadi kembali di masa yang akan datang.

“Perlunya kehati-hatian supaya tidak menjadi penyebab terjadinya kecelakaan apapun bentuknya termasuk percikan api yang menimbulkan kebakaran di Bromo itu” jela anggota Komisi X DPR RI ini.

Koordinasi antara lembaga termasuk BPBD setempat lanjut Zainuddin, harus dilakukan supaya dikemudian hari tidak terulang lagi.

Meski salah satu faktor meluasnya kobaran api dan kebakaran karena cuaca, mitigasi kata Zainuddin harus dirancang sebagus dan sebaik mungkin.

Diketahui, polisi telah menetapkan Andrie Wibowo Eka Wardhana (41) asal Kabupaten Lumajang sebagai tersangka. Dia adalah manajer atau penanggung jawab Wedding Organizer yang disewa oleh calon pengantin asal Surabaya yang turut serta dalam rombongan itu.

Lima orang lainnya masih berstatus saksi, di antaranya pasangan pengantin berinisial HP (39) pengantin pria asal Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya dan pengantin wanita PMP (26) asal Kelurahan Lrorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat 1, Kota Palembang.

Lalu MGG (38) selaku crew pre wedding asal Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya, ET (27) crew pre wedding asal Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya dan ARVD (34) selaku juru rias asal Kelurahan/Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. (Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.