Dishub Metro Akan Dirikan Posko Arus Mudik Lebaran 2023

oleh -0 Dilihat
Dishub Metro Akan Dirikan Posko Arus Mudik Lebaran 2023
Dishub Kota Metro akan mendirikan posko arus mudik yang dikhususkan untuk memantau volume kendaraan yang masuk dan ke luar Metro. (ilustrasi)

Metro- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro akan mendirikan posko arus mudik yang dikhususkan untuk memantau volume kendaraan yang masuk dan ke luar di kota setempat saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2023 ini.

“Iya jadi selain pos yang bergabung dengan kepolisian, kami juga buat posko sendiri yang diisi oleh personel Dishub,” ujar Kepala Dishub Metro,¬†¬†Helmy Zain.

Di mengatakan, di posko tersebut nanti akan dipantau berapa data volume kendaraan yang masuk dan ke luar di Kota Metro untuk melihat puncak arus mudik agar pada saat arus balik bisa dilakukan antisipasi sehingga tidak terjadi kemacetan di kota ini.

“Nantikan kelihatan itu kapan puncak arus mudik berapa jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Metro. Jadi kita bisa lakukan antisipasi agar tidak terjadi kemacetan pada saat arus balik,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Helmy, pihaknya juga akan menempatkan personel Dishub di pusat-pusat perbelanjaan Kota Metro untuk mengantisipasi adanya kemacetan. Pasalnya, menjelang Lebaran biasanya akan terjadi penumpukan kendaraan di pusat perbelanjaan.

“Iya ini titik-titik kemacetan di Kota Metro dan sudah terjadi dari tahun-tahun sebelumnya. Karena itu kita tempatkan personel untuk mengatur lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan,” ucapnya.

Selain itu, Dishub Metro juga menambah armada bus di Terminal Tipe B Mulyojati jika terjadi kekurangan bus pada saat arus balik Lebaran ini.

“Kita juga tempatkan personel di terminal itu. Kalau pas arus balik itu biasanya masyarakat yang bekerja di PT masuknya akan bersamaan. Karena itu kita akan tambah armada busnya, agar penumpang tidak terlalu lama menunggu,”ujarnya.

Helmy mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran tahun ini baik yang menggunakan kendaraan umum maupun pribadi untuk tetap mengutamakan keselamatan.

“Lalu untuk yang mudik menggunakan kendaraan pribadi pastikan kendaraannya berfungsi dengan baik. Mulai dari rem, lampu dan gas buangnya harus benar-benar baik,” kata dia. (Red DN/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.