Pelabuhan Panjang Kembali Akan Jadi Penyeberangan Alternatif Saat Lebaran

oleh -0 Dilihat
Pelabuhan Panjang Kembali Akan Jadi Penyeberangan Alternatif Saat Lebaran
Dishub Lampung mengatakan Pelabuhan Panjang direncanakan akan kembali digunakan sebagai pelabuhan penyeberangan alternatif saat Lebaran 2023. (Ant)

Bandarlampung– Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung mengatakan Pelabuhan Panjang direncanakan akan kembali digunakan sebagai pelabuhan penyeberangan alternatif pada penyelenggaraan angkutan Lebaran 2023.

“Terkait angkutan Lebaran 2023 untuk Lampung di arus balik atau mudik sudah aman karena ada sejumlah alternatif penyeberangan ke Pulau Jawa,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan pelabuhan yang disiapkan sebagai alternatif penyeberangan, pada penyelenggaraan angkutan Lebaran 2023 ialah Pelabuhan Panjang, Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Cilegon dengan rute sepanjang 60 mil.

“Berapa pun yang masuk Pulau Sumatera kami siap, sebab ada alternatif Pelabuhan Panjang yang tahun lalu sudah melayani angkutan mudik, serta ada juga tambahan alternatif untuk arus balik yaitu Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung menuju Pelabuhan Bojanegara, Serang dengan rute 26 mil dan waktu tempuh 4 jam,” katanya.

Dia melanjutkan dengan adanya dua pelabuhan alternatif tersebut dapat membantu kelancaran persiapan angkutan Lebaran 2023 mendatang.

“Moda transportasi termurah adalah moda transportasi air, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik, dan harapannya ini akan memperlancar angkutan Lebaran 2023,” ucap dia.

Menurut dia selain dapat berfungsi sebagai pelabuhan penyeberangan alternatif, Pelabuhan Panjang juga dapat menjadi pendorong adanya kembali tol laut di Lampung.

“Dulu ada rute tol laut dan sempat berhenti, lalu saat ini Pelabuhan Panjang mulai lagi untuk pengangkutan logistik ini sudah berjalan. Dengan dibukanya ini harapannya bisa mendatangkan investasi karena semua terkoneksi serta potensi daerah bisa di maksimalkan,” tambahnya.

Diketahui guna mempersiapkan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2023 Kementerian Perhubungan telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menjaga momen mudik dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman dan terkendali. Sebab diperkirakan akan terjadi kenaikan pergerakan pemudik yang diprediksi mencapai 80 juta orang.

Salah satu langkah yang dilakukan untuk mempersiapkan angkutan Lebaran 2023 yaitu dengan menyiapkan pelabuhan tambahan guna mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, dengan menyiapkan Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Ciwandan.

Sebelumnya pada pelaksanaan angkutan Lebaran 2022 Pelabuhan Panjang telah melayani penyeberangan bagi 10.213 orang, 1.808 pengguna kendaraan roda dua, 1.004 unit kendaraan pribadi roda empat dan 179 unit truk. (Red DN/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.