PPKM Dihentikan, Tapi Vaksinasi dan Prokes Harus Berlanjut

oleh -0 Dilihat
Sempat Habis, Daerah Kembali Terima Stok Vaksin Covid-19
Pemkot Bandarlampung kembali terima 10.530 dosis vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) (2/11/2022).

Diskursus Network – Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung dr Boy Zaghlul Zaini MKes, mengatakan protokol kesehatan dan vaksinasi tak boleh dikendurkan apabila nanti pemerintah mengumumkan penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Seandainya nanti diumumkan PPKM dihentikan bukan berarti kita lengah, tetap prokes dan vaksinasu tetap dijalankan,” katanya saat dihubungi, di Bandar Lampung, Selasa (27/12/2022).

Ia mengatakan sebagai warga negara, tentunya apapun kebijakan yang diambil oleh pemerintah tentu masyarakat harus mengikuti apapun keputusannya.

“Ini kan (rencana penghentian PPKM. Red) memang sudah diwacanakan Kepala Negara untuk mengumumkannya, jadi kita tunggu saja karena sampai sekarang belum juga ada itu. Tapi apapun keputusannya kita harus ikut, namun juga harus hati-hati,” ujarnya.

Menurutnya, keputusan terkait wacana penghentian PPKM, tentu pemerintah sudah mengkajinya terlebih dahulu, serta melihat kasus konfirmasi COVID-19 yang melandai di beberapa daerah.

“Memang saat ini banyak yang mengatakan Indonesia sudah endemi bukan pandemi COVID-19. Tapi wilayah mana saja yang endemi COVID-19 kita belum tau, sehingga memang prokes dan vaksinasi penting untuk mencegah meningkatnya kasus,” kata dia.

Terlebih, berdasarkan informasi yang didapat, di China, kasus COVID-19 meningkat kembali dengan kebanyakan yang terinfeksi yakni orang dengan usia lanjut dan mereka yang memiliki penyakit bawaan atau koormobid.

“Masyarakat sekarang harus diedukasi lagi karena minat untuk vaksinasi berkurang dan menganggap kita sudah endemi, apalagi nanti bila PPKM dihapuskan. Jadi terus edukasi terkait vaksinasi terutama kepada para lansia dan orang dengan kormobid,” kata dia.(Red/Ant/DN)

Baca : Pembangunan di Lampung Diklaim Arinal Selaras Agenda Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.