Mobi Jatuh Ke Laut Akibat Cuaca Buruk, Tim Basarnas Siaga

oleh -0 Dilihat
SAVE 20221223 235748
Petugas kepolisian membawa pasangan suami istri yang mobilnya terjatuh masuk ke dalam laut dengan membawa ke rumah sakit terdekat

Merak – Tim Badan Pertolongan dan Pencarian atau SAR Nasional (Basarnas) Banten siaga di Pelabuhan Merak selama 24 jam untuk memberikan penyelamatan evakuasi jika penumpang yang merayakan natal dan tahun baru (Nataru) 2023 mengalami kecelakaan laut.

“Kita sejak H-7 Natal hingga kini siaga,” kata Bangbang, komandan regu Basarnas Banten di Posko Pelabuhan Merak, Sabtu (24/12/2022)

Tim Basarnas Banten menerjunkan sebanyak 20 personil dengan dilengkapi empat unit kapal dan perahu karet yang disiagakan di Dermaga 1 Pelabuhan Merak.

Selain itu juga pakaian pelampung dan peralatan evakuasi lainnya. Mereka para personil Basarnas Banten itu dengan siaga sebanyak 10 orang dan saling bergantian di posko tersebut.

“Kami bergerak langsung saat menerima kecelakaan laut dengan melakukan evakuasi,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, mereka tim Basarnas Banten itu tentu memiliki kompetensi dalam evakuasi di perairan, sehingga tidak diragukan lagi jika terjadi kecelakaan laut.

Dia mencontohkan kejadian kecelakaan mobil yang terjatuh di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Jumat (23/12) malam, personil Basarnas Banten bisa menyelamatkan pengemudi dan penumpang. Evakuasi juga dibantu oleh Polairud Banten.

“Kita mengerahkan pakaian renang untuk evakuasi kecelakaan mobil penumpang yang masuk ke laut di Dermaga 2 Pelabuhan Merak,” katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, Basarnas Banten juga melakukan patroli di sekitar Pelabuhan Banten.

Patroli itu jika terjadi kecelakaan laut bisa secara langsung menyelamatkan evakuasi penumpang.

Tim Basarnas Banten terus mengoptimalkan koordinasi dengan instansi terkait, seperti TNI AL, Polri, ASDP, BPBD, BMKG dan lainya.

Koordinasi itu dapat melakukan evakuasi secepatnya apabila menerima adanya kecelakaan baik pelayaran maupun penumpang dan kendaraan yang terjatuh ke laut.

“Kami sangat memudahkan dengan koordinasi itu untuk penyelamatan evakuasi,” kata Bangbang.

Mobil Terjun ke Laut

Satu unit mobil jatuh ke laut di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Banten pada Jumat (23/12) sekitar pukul 22.00 WIB.

“Betul telah terjadi kecelakaan satu unit kendaraan Daihatsu warna silver jatuh ke dalam laut pasca hendak melintas remdoor menuju ke dalam Kapal Ferry Shalem sekitar pukul 22.00 WIB ,” kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga.

Shinto mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat mobil hendak naik kapal, namun tali di kapal melebar sehingga side rem tidak lagi menempel di kapal.

Menurutnya, penumpang di mobil ada 2 orang, suami-istri sesuai manifes dan korban dapat diselamatkan oleh personel Polairud Polda Banten, yaitu Bripka Atur, Bripka Hasanudin, Bripka Abdul Waris, dan Bripda Eris serta Basarnas yang terjun ke air dan melakukan proses penyelamatan dengan menggunakan pelampung,

“Kedua korban dibawa ke RS Krakatau Medika Cilegon dengan menggunakan kendaraan dinas milik Ditpolairud Polda Banten,” kata Shinto.

Shinto mengatakan Kapolda Banten beserta rombongan langsung menuju TKP untuk memastikan korban dalam keadaan baik. (Red, DN)

Baca : Malam Natal, Ratuan Personel Polresta Disiagakan Ratusan di Gereja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.