Mengenal Jenis dan Fungsi Set Top Box Untuk Siaran Digital

oleh -0 Dilihat
Mengenal Jenis dan Fungsi Set Top Box Untuk Siaran Digital
Set Top Box digunakan agar TV kita tetap bisa menerima siaran digital

Diskursusnetwork- Bagi masyarakat yang belum tahu apa itu Set Top Box, alat ini digunakan agar TV kita tetap bisa menerima siaran digital. Nama lain Set Top Box atau STB adalah dekoder, receiver, converter atau pengubah signal.

STB berfungsi sebagai alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Tak perlu parabola khusus dalam menerima sinyal digital, namun hanya cukup dengan antena televisi UHF-VHF.

Adapun jenis-jenis STB adalah sebagai berikut:

1. STB Teresterial (DVB T2)
Ini adalah jenis dekoder/ STB gratis yang akan dibagikan oleh Kominfo untuk masyarakat yang kurang mampu. STB Teresterial DVB T2 ini adalah jenis dekoder yang paling sederhana dan bisa digunakan tanpa internet.

2. STB TV Box / Integrated Digital Television
STB ini yang paling praktis. Produk TV baru masa kini rata-rata sudah memiliki predikat Digital Television. Artinya, sudah ada STB TV Box yang ditanam di dalam perangkat TV. Biasanya di STB TV Box ini sudah dilengkapi dengan fitur Android atau OS lainnya yang memungkinkan bisa langsung mengakses internet dari TV selama ada sinyal WiFi.

3. STB Satelit
Set Top Box/ STB Satelit sering juga dikenal dengan Receiver Parabola. Sesuai namanya, STB satelit ini adalah STB untuk menangkap sinyal siaran dari Parabola yang berasal dari satelit tertentu. Biasanya STB satelit atau receiver parabola ini berbayar dan disediakan oleh penyedia layanan khusus, seperti MNC Vision, KVision, Spyro,dll.

4. STB TV Kabel
Berbeda dengan parabola yang menangkap sinyal siaran dari satelit, TV kabel ini menangkap sinyal siaran dari isyarat frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik. Selain lebih stabil dibandingkan dengan tangkapan sinyal parabola, biasanya harganya juga sedikit lebih murah karena instalasinya sekaligus untuk satu daerah (penarikan kabel sekaligus).

5. STB Internet/ STB WiFi
Seperti namanya, STB internet ini mengandalkan saluran internet untuk menampilkan siaran televisinya. STB ini menggunakan sistem DVB-IPTV (Digital Video Broadcast – Internet Protocol Television). Kelebihan dari STB internet ini yaitu memungkinkan pengguna melakukan interaksi pada tayangan TV, misalnya menyimpan (save), reminder, memundurkan acara yang terlewat, memilih tayangan mana yang ingin dilihat.

Saat membeli STB, pilih yang bersertifikat Kominfo dan disertai tulisan DVB-T2 atau tulisan siap digital dengan gambar MODI.

Setiap merek STB memiliki kisaran harga yang sesuai dengan keunggulannya dan tambahan fitur lain. Sebaiknya, sesuaikan kebutuhan dengan spesifikasi dari masing-masing STB. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.