Petugas Balai Veteriner Akan Awasi Pelaksanaan Kurban Idul Adha

oleh -29 Dilihat
Balai Veteriner Lampung turunkan petugas awasi pelaksanaan kurban
Balai Veteriner Lampung turunkan petugas awasi pelaksanaan kurban

Bandarlampung- Balai Veteriner Lampung akan menurunkan petugas saat pelaksanaan kurban pada Idul Adha 2022 guna menjamin kesehatan hewan kurban.

“Petugas akan diturunkan saat pelaksanaan kurban pada Idul Adha nanti,” ujar Kepala Balai Veteriner Lampung Hasan Abdullah Sanyata.

Ia mengatakan, petugas itu akan melakukan pemeriksaan antemortem (sebelum ternak disembelih) dan postmortem (setelah ternak disembelih) selama pelaksanaan Idul Adha.

“Ternak yang berpenyakit tidak boleh disembelih untuk pelaksanaan kurban, dan akan dilakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem untuk mengetahui gejala klinis dari ternak,” katanya.

Selain itu, pembatasan lalu lintas ternak dari daerah terjangkit akan dilakukan untuk menjamin kesehatan hewan kurban dan mencegah perluasan penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Saat ini ada empat kabupaten yang ternaknya terjangkit PMK, sehingga untuk mencegah perluasan penyakit untuk sementara waktu dilarang ‘melalulintaskan’ ternak atau menerima ternak dari daerah terjangkit,” ucapnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta memperhatikan kebersihan saat melakukan penyembelihan hewan kurban, dan akan lebih baik melakukan penyembelihan di rumah pemotongan hewan.

“Untuk perlakuan daging diharapkan jangan mencuci dengan air kalau ternak tersebut pernah terpapar PMK meski sudah sembuh. Akan lebih baik untuk melayukan daging ataupun merebus daging sebelum dimasukkan ke kulkas,” katanya.

Di Provinsi Lampung populasi ternak mencapai 800.000 ternak, dan ada empat kabupaten yang ternaknya telah terjangkit PMK.

Namun, tingkat kesembuhan ternak terpapar PMK di Lampung mencapai 95 persen atau sembuh sebanyak 111 ternak dari total 113 ternak yang terpapar. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.