Pemprov Periksa Ketersediaan Pangan Hari Raya Idul Adha 2023

oleh -0 Dilihat
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melaksanakan pemeriksaan keamanan pangan yang ada di daerahnya guna menjaga konsumsi konsumen pada Hari Raya Idul Adha 2023.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melaksanakan pemeriksaan keamanan pangan yang ada di daerahnya guna menjaga konsumsi konsumen pada Hari Raya Idul Adha 2023.

Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melaksanakan pemeriksaan keamanan pangan yang ada di daerahnya guna menjaga konsumsi konsumen pada Hari Raya Idul Adha 2023.

“Di Hari Raya Idul Adha 2023 ini pemerintah daerah melalui tim koordinasi jejaring keamanan pangan daerah menggelar pemeriksaan keamanan pangan,” ujar Ketua Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah Provinsi Lampung Bani Ispriyanto, melalui keterangan yang diterima Rabu (28/6/2023).

Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui secara pasti kondisi keamanan pangan, baik makanan segar, olahan, dan siap saji yang ada di pasaran.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/398/V.21/HK/2020 tentang tentang pembentukan tim koordinasi jejaring keamanan pangan daerah menggelar pemeriksaan keamanan pangan dan Surat Perintah Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Nomor 825/2533/V.21/2023 tentang pelaksanaan tugas inspeksi mendadak pengawasan keamanan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Adha 1444 Hijriah,” ucapnya.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan pemeriksaan di salah satu pasar tradisional dan pasar modern dilakukan uji formalin terhadap sampel pangan seperti buah-buahan, ikan segar, ikan olahan, daging ayam, daging sapi, daging kambing, dan tahu.

“Uji cepat dilakukan dengan tes kit dan dilakukan langsung ditempat guna mengetahui hasil sementara. Lalu sampel akan dibawa ke laboratorium untuk pemeriksaan selanjutnya,” katanya.

Ia melanjutkan dalam pelaksanaan uji cepat sampel pangan tidak ditemukan bahan berbahaya pada bahan pangan yang ada di pasar tradisional ataupun swalayan.

“Untuk sementara hasil pemeriksaan di lapangan dalam kondisi aman dan terkendali. Diharapkan semua bahan pangan dalam kondisi yang aman dikonsumsi masyarakat,” tambahnya.

Menurut dia melalui kegiatan pemeriksaan keamanan pangan menjadi salah satu bentuk kehadiran pemerintah dalam menjamin keamanan dan ketersediaan pangan bagi masyarakat. (Red)

Baca : Pemilu 2024, KPU Lampung Tetapkan DPT 6.539.128 Jiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.