LKPP Akan Luncurkan E-Catalogue Untuk Bangkitkan UMKM Daerah

oleh -3 Dilihat
Untitled design 1 1
LKPP akan membantu mempermudah pengembangan usaha UMKM lokal, dengan cara membuat Katalog Elektronik. (Foto: Ilustrasi UMKM)

Jakarta– Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan pihaknya ke depan akan membantu mempermudah pengembangan usaha UMKM lokal, dengan cara membuat Katalog Elektronik.

Selain mendukung mengembangan UMKM, langka ini juga bisa mempermudah pemangku kepentingan menjalankan/mengakses belanja pemerintah, terutama untuk memprioritaskan produk dalam negeri dan UMKM Daerah.

“Kami membuat aplikasi E Catalogue (Katalog Elektronik) dan Toko Daring untuk membangkitan UMKM di berbagai Daerah,” ujar Kepala Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, sangat mengapresiasi gagasan ide dan akan mendukung sepenuhnya gerakan besar ini untuk membangkitan UMKM daerah dengan bangga menggunakan buatan dalam negeri.

“Manfaat pengadaan barang dan jasa secara elektronik ini, dengan penerapan E catalogue lebih luas dan akan membantu pencegahan korupsi, hal yang lebih menonjol yaitu membangkitkan UMKM daerah agar bisa lebih maju dan masyarakat akan lebih bangga dengan produk buatan dalam negeri” ungkap Tito.

Masih kata Menteri Dalam Negeri, Toko Daring dan E Catalogue akan dikelola oleh LKPP secara profesional yang produknya berasal dari buatan dalam negeri dengan berbagai item pilihan.

Sebelumnya, rencana ini mengemuka dalam pertemuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas saat menandatangani surat edaran bersama (SEB) tentang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Pemerintah Daerah, Jumat (25/2/2022).

Lewat SEB itu, Mendagri dan Kepala LKPP sepakat, minimal 40 persen alokasi belanja barang dan jasa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus berasal dari produk UMKM. (Red, DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.