Waduh…PNS Akan diganti Dengan Robot, Sudah Siap Belum?

oleh -5 Dilihat
PSN diganti Robot
Pemerintah berencana gantikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa bidang pekerjaan dengan robot atau kecerdasan buatan. Tujuannya untuk efektivitas kerja, kolaborasi dan efisiensi anggaran dan fokus program kerja. (Foto/Ilustrasi)

Diskursus Network-Pemerintah berencana gantikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa bidang pekerjaan dengan robot atau kecerdasan buatan. Hal ini sebenarnya telah disinggung oleh Presiden Joko Widodo sejak 2019.

Sebagai tindak lanjut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah telah menyiapkan super apps sebagai digitalisasi pemerintah. Tjahjo Kumolo mengungkapkan, tujuan digitalisasi tersebut adalah untuk efektivitas kerja dan efisiensi anggaran.

“Ujungnya efektivitas kerja, kolaborasi dan efisiensi anggaran dan fokus program kerja,” kata Tjahjo Kumolo.

Kendati demikian, tidak ada pemangkasan PNS untuk digantikan dengan robot. BKN telah memetakan formasi tersebut sesuai dengan undang-undang.

“Pekerjaan yang sifatnya administratif, rutinitas dan repetitif serta memiliki prosedur operasi standar yang jelas menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat digantikan dengan teknologi,” kata Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN Satya Pratama.

Pemerintah saat ini sedang melaksanakan transformasi digital dalam pelayanan yang diberikan oleh dan manajemen ASN, meskipun upaya digitalisasi telah dilaksanakan sejak beberapa tahun belakangan. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.