Speaker HP Bermasalah? Jangan Buru-buru Diservis, Ikuti Tips Berikut Ini

oleh -
Ilustrasi/net

Diskursus Network – Smartphone kini sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Segala usia memakainya untuk berbagai keperluan.

Mulai dari memudahkan komunikasi dan mencari informasi, juga untuk mencari hiburan seperti mendengarkan musik atau menonton video.

Karena itu, kita selalu membawa smartphone atau gawai kemanapun. Saat bermain, mencuci baju atau piring, bahkan saat mandi.

Nah, pada gawai terdapat speaker untuk mengubah gelombang suara yang terdengar sampai di gendang telinga, dan dapat didengar atau kita kenal sebagai suara.

Karena gawai dibawa kemana saja itu, speaker gawai rentan terkena air atau keringat dan menyebabkan suaranya tidak berfungsi normal. Jangan panik ya, apalagi langsung dibawa ke konter untuk diperbaiki.

Berikut diskursusnetwork.com berikan beberapa  tips mengatasi  speaker gawai atau HP yang tidak berfungsi normal:

  1. Cek Volume HP

Pertama-tama cek terlebih dahulu, apakah suara yang dikeluarkan speaker masih normal atau tidak.

Saat memeriksa, perhatikan suaranya. Apa benar kurang jelas? Karena bisa jadi masalahnya bukan karena kemasukan air atau keringat, melainkan  karena pengaturan volume HP itu  sendiri.

  1. Bersihkan Speaker

Jika HP terkena air, biasanya masih tertinggal embun atau sisa debu yang menempel pada speaker.

Nah, ini harus dibersihkan dulu. Caranya bisa menggunakan jarum atau sejenisnya. Bersihkan saja bagian luarnya dan itu bisa sedikit membantu menghilangkan suara kresek dari speaker.

  1. Keringkan dengan Hairdryer

Hairdryer atau pengering rambut bisa mengeluarkan angin panas yang bisa digunakan untuk mengeringkan embun air yang menempel pada speaker.

Caranya hanya perlu mengarahkannya ke bagian speaker. Beri jeda sedikit, misal 10 detik untuk dikeringkan, dan 5 detik didinginkan.

Pastikan suhu hairdryer diatur ke mode panas yang paling rendah. Tujuannya agar suhu HP tidak terlalu tinggi ketika dikeringkan.

Jika HP kalian bertipe removable battery, silakan lepas casing HP dan lepas baterainya juga. Tujuannya supaya proses pengeringannya bisa lebih maksimal.

  1. Keringkan dengan Kipas Angin

Selain menggunakan hairdryer, kita juga bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan speaker HP yang kemasukan air.

Caranya tidak jauh beda dengan menggunakan hairdryer. Setelah HP ‘ditelanjangi’, langsung saja kipasi HP dengan memfokuskan ke arah tempat speaker berada.

Tunggu kira-kira 3 sampai 5 jam, setelah itu cek kembali suaranya.

Mudah bukan caranya? Selamat mencoba ya. []

Laporan: Franata Ferdinan Wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.