Mari Mengenal Rumah Informasi Sejarah Kota Metro yang Berkonsep Eropa

oleh -
Suasana di dalam Rumah Informasi Sejarah Kota Metro./FOTO: Hendy Liting

Kota Metro – Rumah Informasi Sejarah (RIS) yang berlokasi di Jalan Brigjen Sutiyoso, Kota Metro, Lampung, menyajikan informasi bagaimana sejarah Kota Metro berdiri dan sejarah masa kolonialisme.

Tempat yang berkonsep eropa ini berdiri sejak tiga bulan yang lalu. Awalnya tempat ini akan dibangun museum, namun karena keterbatasan tempat dan dana, maka terealisasikan menjadi RIS.

Designer Brother Project, Ahmad Satibi, orang yang mendesain RIS mengatakan, ia mendesain tempat ini karena ingin masyarakat Kota Metro bisa belajar sejarah dengan konsep yang menarik.

“Iya kami desain dengan konsep eropa agar tidak membosankan, mudah dipahami, dan menarik dilihat pengunjung. Soal kendala, yang pasti di dana, karena awal buat itu lagi kencang-kencangnya corona,” ujarnya saat dikonfirmasi diskursusnetwork.com, Minggu (18/10/2021).

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menyampaikan bahwa untuk pengembangan RIS kedepan, ia meminta masyarakat untuk menanamkan rasa ingin tahu soal sejarah Kota Metro.

“Untuk perkembangan kedepannya, kita tidak melihat besaran tempatnya, tapi isi di dalamnya yang bermanfaat bagi masyarakat. Sejarah-sejarah Kota Metro yang dapat dinikmati,” tukasnya.

Ia berharap Kota Metro bisa menjadi tempat destinasi wisata, termasuk destinasi religius karena terdapat Masjid Taqwa yang terletak di pusat Kota Metro dan menyimpan banyak sejarah. Kemudian ada beberapa pos kota peninggalan zaman Belanda dahulu. []

Laporan Reporter: Anindita Aisyah Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.