Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu Siapkan Puluhan Ribu Bibit Pohon Gratis

oleh -
Ribuan bibit yang disiapkan Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu./Foto: Anton Nugroz

Pringsewu – Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu menyiapkan puluhan ribu bibit tanaman pohon untuk dibagikan gratis kepada masyarkat. Ada dua jenis pohon yang disiapkan yakni pohon kayu dan pohon buah.

“Target ada sekitar 30 ribu bibit yang disiapkan dan akan dibagikan kepada masyarakat,” kata
Ketua Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu Bambang Kurniawan di Posko Boemiku Hijau, Pekon Adiluwih, Sabtu (16/10/2021).

Dari 30 ribu jenis bibit pohon yang disiapkan, kata Bambang, terdiri dari 4000 bibit pohon gaharu dan 10.000 ribu bibit pohon akasia daun lebar. Sementara untuk jenis pohon buah diantaranya 5000 bibit pohon alpukat, 6000 bibit pohon pinang betara, dan 5000 bibit pohon sirsak.

“Nantinya, bibit-bibit produktif yang siap tanam akan disalurkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Upaya mendukung program penghijauan dan rehabilitasi hutan kota dan lahan di Kabupaten Pringsewu, organisasi sosial yang fokus pada masalah konservasi dan penghijauan ini juga melakukan program-program pembibitan tanaman pohon untuk dibagikan gratis kepada masyarakat.

Kali ini, masyarakat baik dari kelompok tani (Poktan), kelompok wanita tani (KWT), maupun masyarakat umum diberikan bantuan dari dana aspirasi anggota DPR RI dari PDIP Sudin, sebanyak 30 ribu bibit pohon kayu dan buah.

Untuk bisa mendapatkan bibit pohon dan buah gratis tersebut, Bambang menjelaskan, masyarakat bisa mengajukan permintaan dengan syarat bukti KTP. Yang mana, tim dari Komunitas Boemiku Hijau di tingkat pekon melakukan pendataan, pemantauan juga pendampingan.

“Syarat lain adalah bantuan bibit pohon yang diberikan nantinya tidak untuk diperjualbelikan,” kata Bambang. “Harapannya juga melalui program pembibitan ini dapat menambah penghasilan masyarakat,” harapnya. []

Laporan Kontributor: Anton Nugroz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.