Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadhan, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Subuh

oleh -0 Dilihat
Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadhan, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Subuh
Salah satu waktu yang sangat dianjurkan untuk beribadah adalah saat subuh atau waktu sahur

Jakarta- Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Di bulan yang penuh berkah ini, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan amalan dan ibadahnya. Salah satu waktu yang sangat dianjurkan untuk beribadah adalah saat subuh atau waktu sahur, dimana suasana yang tenang dan damai dapat membantu seseorang untuk lebih khusyuk dalam beribadah.
Berikut ini adalah beberapa amalan baik yang bisa dilakukan saat subuh hari di bulan Ramadhan:

1. Makan Sahur
Sahur bukan hanya tradisi tetapi juga sunnah Rasulullah SAW yang memiliki banyak keberkahan. Makan sahur bukan hanya untuk menguatkan fisik selama berpuasa di siang hari, tetapi juga merupakan waktu yang dianjurkan untuk berdoa dan memohon keberkahan kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Berdoa di Waktu Sahur
Waktu sahur, terutama menjelang imsak, adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Dianjurkan untuk memanfaatkan waktu ini untuk berdoa dan memohon segala keinginan dan kebutuhan kita kepada Allah SWT, karena pada saat itu Allah lebih dekat dan mengabulkan doa hamba-Nya.

3. Melaksanakan Sholat Sunnah Qabliyah Subuh
Sholat sunnah Qabliyah Subuh atau yang lebih dikenal dengan sholat sunnah dua rakaat sebelum sholat subuh adalah amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, “Sholat dua rakaat sebelum Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

4. Sholat Subuh Berjamaah
Melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Sholat berjamaah memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan sholat sendirian. Rasulullah SAW bersabda, “Sholat berjamaah itu lebih utama daripada sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Membaca Al-Qur’an
Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an, sehingga membaca Al-Qur’an menjadi amalan yang sangat dianjurkan. Memanfaatkan waktu subuh untuk membaca Al-Qur’an, khususnya setelah sholat Subuh, merupakan waktu yang sangat baik karena suasana yang masih tenang dan pikiran yang masih fresh dapat membantu seseorang untuk lebih khusyuk.

6. Zikir dan Doa setelah Sholat Subuh
Setelah melaksanakan sholat Subuh, dianjurkan untuk tetap duduk dan melakukan zikir serta doa. Ada banyak doa dan dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang bisa diamalkan, seperti membaca ayat Kursi, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, serta berbagai zikir seperti Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar.

7. Istighfar dan Taubat
Momen subuh di bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat baik untuk beristighfar dan bertaubat atas dosa-dosa yang telah lalu. Memohon ampunan kepada Allah SWT dan bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan serta dosa yang sama di masa depan.

Melakukan amalan-amalan di atas di waktu subuh di bulan Ramadhan tidak hanya akan meningkatkan kualitas ibadah kita, tetapi juga membawa keberkahan dan ketenangan dalam hidup kita. Manfaatkan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.