10 Ulama di Indonesia Dengan Pengikut Terbanyak di Media Sosial

oleh -0 Dilihat
10 Ulama di Indonesia Dengan Pengikut Terbanyak di Media Sosial
Ada beberapa ulama yang punya pengikut terbanyak di media sosial (foto: Hanan Attaki)

Jakarta- Siapakah sosok ulama yang punya pengikut terbanyak di media sosial? Model dakwah di Indonesia saat ini tidak hanya dilakukan dengan komunikasi secara langsung. Media sosial mulai dilirik sebagai media dakwah yang menjangkau lebih banyak kalangan. Mulai dari Instagram, Youtube, dan Twitter.

Fenomena tersebut mengakibatkan banyaknya bermunculan penceramah terkenal di Indonesia. Kegiatan dakwah yang dahulu dinilai membosankan berubah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pembahasan mengenai ajaran agama dikemas menjadi ringan dan mudah untuk dimengerti.

10 Nama Ulama yang Punya Pengikut Terbanyak di Media Sosial Instagram dan YouTube

Aplikasi Instagram dan Youtube tergolong ke dalam media sosial yang popular di Indonesia. Pasalnya, aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak jutaan kali di Play Store. Tak mengherankan bila banyak ulama yang memanfaatkan Instagram dan Youtube untuk menyebarkan ajaran agama.

1. Ustadz Hanan Attaki
Dikenal sebagai sosok yang berasal dari daerah Aceh, Ustadz Hanan Attaki telah memiliki jumlah pengikut sebanyak 10 juta. Video-video dakwahnya banyak ditonton oleh anak-anak muda. Gaya penyampaian yang santai banyak disukai karena mudah untuk dipahami.

Ustadz Hanan Attaki

Memiliki nama lengkap Tengku Hanan Attaki, beliau lahir pada 31 Desember 1981. Semasa kuliah, Ustadz Hanan Attaki dikenal sebagai mahasiswa yang berprestasi. Beliau menyelesaikan kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir pada jurusan Tafsir Al-Qur’an.

2. Ustadz Abdul Somad
Lahir pada 18 Mei 1977, Ustadz Abdul Somad tahun ini berusia 47 tahun. Beliau mengenyam pendidikan S1 di Mesir, S2 di Maroko, dan S3 di Sudan. Beliau dapat dikatakan sebagai ulama yang punya pengikut terbanyak di media sosial karena memiliki jumlah pengikut sebanyak 9 juta di Instagram.

Ustadz Abdul Somad

Dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad berkaitan dengan ilmu hadis dan fikih. Beliau telah menulis beberapa karya buku, seperti 99 Pertanyaan Seputar Sholat, 35 kisah Saat Maut Menjemput, dan 30 Mutiara Ramadhan. Selain sebagai pendakwah, beliau juga pernah aktif sebagai dosen.

3. Ustadz Yusuf Mansur
Akun Instagram milik Ustadz Yusuf Mansur telah diikuti sebanyak 2,6 juta followers. Beliau merupakan pendiri dari pesantren Darul Qur’an. Pesantren ini dikenal sebagai salah satu pesantren yang banyak mencetak para penghafal Al-Qur’an.

Salah satu ulama yang punya pengikut terbanyak di media sosial ini pernah menulis buku berjudul Mencari Tuhan yang Hilang. Beliau menyelesaikan pendidikan sarjana di UIN Syarif Hidayatullah dengan gelar sarjana hukum Islam. Ustadz Yusuf Mansur lahir pada 19 Desember 1976 di Kota Jakarta.

4. Ustadz Adi Hidayat
Video-video singkat yang diunggah oleh Ustadz Adi Hidayat sering kali viral di media sosial Instagram. Pembahasan topik yang beragam serta relevan kehidupan menjadi daya tarik yang beliau miliki. Akun Instagram milik Ustadz Adi Hidayat mempunyai jumlah pengikut 5 juta.

sd

Beliau lahir pada 11 September 1984. Saat ini, Ustadz Adi Hidayat menjabat sebagai Wakil Ketua I Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk periode 2022-2027. Ulama yang punya pengikut terbanyak di media sosial ini disenangi karena penyampaian dakwahnya yang mudah dipahami.

Ustadz Adi Hidayat menyelesaikan perkuliahan S1 dan S2 di Libya. Pada tahun 2013, beliau mendirikan pusat kajian Islam bernama Quantum Akhyar Institut. Tak hanya itu, Ustadz Adi Hidayat juga telah menulis beberapa buku dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia.

5. Habib Ja’far
Memiliki nama lengkap Husein Ja’far Al Hadar, lahir pada 21 Juni 1988. Habib Ja’far menempuh pendidikan magister di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada program Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Sebelum itu, beliau memiliki gelar sebagai Sarjana Filsafat. Saat ini, kegiatan utamanya fokus pada dakwah.

fd 1

Ketekunannya terbukti pada konten-konten yang dibuatnya sangat populer karena mengandung banyak humor. Hal tersebut beliau lakukan sebagai strategi pendekatan kepada anak-anak muda. Pembawaannya yang tidak kaku, membuat banyak orang tertarik dengan beliau.

Hal ini kemudian membawa Habib Ja’far tidak hanya mengenal dekat orang-orang sesama muslim, tetapi juga orang-orang non-muslim. Kanal Youtubenya bernama Jeda Nulis mempunyai 1,42 juta subscribers. Sebelum dikenal sebagai pendakwah, beliau aktif sebagai penulis di beberapa media.

6. Ustadz Felix Siauw
Seorang mualaf yang mulai mengenal Islam saat menginjak perkuliahan. Beliau telah menulis berbagai buku yang banyak menggunakan perspektif Hizbut Tahrir Indonesia. Ustadz Felix Siauw dapat dikatakan sebagai ustadz terkenal di YouTube karena memiliki jumlah subscribers 1,58 juta.

fd 2

Perjalananya masuk Islam dimulai ketika semester 3 di Institut Pertanian Bogor. Pendakwah kelahiran 31 Januari 1984 ini menjadi mualaf pada tahun 2002. Beberapa judul buku yang pernah beliau tulis, yaitu Udah Putusin Aja, Yuk Berhijab, dan Beyond The Inspiration.

7. Ustadz Dasad Latif
Ulama yang punya pengikut terbanyak di media sosial selanjutnya ialah Ustadz Dasad Latif. Video ceramah beliau telah ditonton sebanyak ribuan hingga jutaan kali di Youtube. Selain itu, beliau juga aktif berperan sebagai dosen ilmu komunikasi di Universitas Hasanudin, Makassar.

Ustadz Dasad Latif

Ustadz Dasad Latif lahir pada 21 Desember 1973. Terdapat beberapa program televisi yang pernah dibintanginya, yakni Barakallah SCTV, Syiar Akbar NET, dan Menebar Kebaikan Metro TV. Beliau juga pernah tampil khusus pada film berjudul Atas Nama Surga pada tahun 2022.

8. K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim
Lebih dikenal dengan panggilan Gus Baha, K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim adalah ulama yang berasal dari daerah Rembang. Sosoknya dikenal sebagai ahli tafsir Al-Qur’an. Kanal Youtubenya dikenal dengan nama Santri Gayeng dan sudah memiliki 479 ribu subscribers.

Santri Gayeng

Gus Baha dikenal sebagai ulama yang memiliki gaya hidup sederhana. Sejak kecil, beliau dididik untuk belajar dan menghafalkan Al-Qur’an. Berkat hal ini, Gus Baha sudah menjadi penghafal Al-Qur’an sejak usianya masih muda.

9. Gus Miftah
Memiliki gaya berpenampilan yang unik, Gus Miftah kerap memakai blangkon hitam di kepalanya. Kanal YouTube miliknya mempunyai jumlah subscribers sebanyak 1,03 juta. Selain dikenal sebagai ulama yang punya pengikut terbanyak di media sosial, Gus Miftah juga sering muncul di program Televisi.

Gus Miftah

Gus Miftah merupakan keturunan ke-9 dari Kiai Muhammad Ageng Besari yang mendirikan Pesantren Tegalsari di Ponorogo. Lahir pada 5 Agustus 1981 dengan nama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman. Semasa kuliah, beliau aktif di organisasi Pergerakan Mahasiswa Indonesia (PMII).

10. Gus Iqdam
Gus Iqdam diketahui memiliki banyak penggemar dari kalangan ibu-ibu. Kepopulerannya dalam berdakwah dimulai sejak dirinya mendirikan Majelis Ta’lim Sabilu Taubah pada 2018 lalu. Majelis tersebut pada awalnya hanya memiliki 7 jemaah saja.

Saat ini, Majelis Ta’lim Sabilu Taubah telah memiliki 66 ribu Jemaah. Nama Sabilu Taubah diambil karena memiliki makna ‘jalan taubat’ yang ditujukan untuk semua kalangan yang ingin memahami ilmu agama. Kanal Youtube Gus Iqdam Official memiliki 1,09 juta subscribers.

Gus Iqdam

Keberadaan media sosial menjadi dunia baru bagi dakwah. Penggunaannya disambut positif oleh berbagai kalangan, terbukti dari banyaknya jumlah ulama yang punya pengikut terbanyak di media sosial. Dakwah yang muncul di media sosial dapat berupa video pendek maupun panjang.

Nama-nama ulama di atas hanyalah beberapa dari banyaknya ulama yang populer di Indonesia. Kegiatan dakwah telah berkembang secara dinamis mengikuti teknologi. Ajaran-ajaran Islam tetap harus disampaikan meski tantangan dakwah semakin beragam. (Red DN)

Temukan Berita Menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.