Diagram Real Count KPU Sengaja Dihilangkan: Perdebatan di Lapangan Menimbulkan Bias

oleh -0 Dilihat
Diagram
Tampilan situs Info Publik Pemilu 2024 KPU terbaru

Jakarta – Situs pemilu2024.kpu.go.id tidak lagi menampilkan grafik data atau diagram perolehan suara pemilu presiden dan legislatif. Hanya ada foto formulir Plano model C di website. Sebelumnya, situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menampilkan grafik data persentase perolehan suara Pilpres dan Legislatif 2024. Sesuai pantauan Diskursus Network, tampilan ini terjadi sejak Selasa pukul 23.00 WIB hingga Rabu (05/03/2024) pagi.

Idham Holik, Ketua Unit Teknis KPU Indonesia, mengatakan pihaknya saat ini memiliki kebijakan hanya menampilkan formulir plano model C di Sirekap. Dengan kebijakan tersebut, KPU tidak lagi menampilkan data numerik hasil pemungutan suara sementara.

Idham mengatakan, fungsi utama Sirekap adalah mempublikasikan foto dan merencanakan formulir model C. Idham menilai, selama ini masyarakat masih sangat sedikit melihat foto hasil C-form.

Padahal, kata dia, formulir Plano Model C merupakan bukti nyata yang ditulis KPPS di setiap TPS. Diantaranya, penulisan hasil Tabel C disaksikan oleh calon dan saksi partai, serta diawasi oleh Dewan Pengawas.

Baca juga: KPU RI Membagi Metode Rekapitulasi Perhitungan Suara Nasional Menjadi 2 Panel

“Ketika teknologi Sirekap membaca hasil yang tidak akurat atau kurang akurat dan pengunggah (KPPS) serta operator Sirekap kabupaten/kota tidak akurat pada saat itu, maka menjadi perdebatan di lapangan sehingga menimbulkan bias,” kata Idham.

Idham menegaskan, untuk saat ini KPU hanya akan menampilkan foto formulir plano model C. Dia mengatakan, kebijakan ini dirumuskan karena PPK dan KPU kabupaten/kota sudah menyelesaikan tugas pokoknya.

“Dalam berbagai tahapan penyelenggaraan pemilu, KPU secara independen mengambil keputusan atau kebijakan, termasuk kebijakan hanya menampilkan foto formulir C Plano,” bebernya.

Idham menambahkan, “Sirekap hanya fokus menampilkan foto hasil C-tab dan bukan data numerik hasil tabulasi, sedangkan perolehan suara peserta pemilu merupakan hasil pembacaan foto hasil C-tab.” (DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.