Survei Teranyar Populi Center Prabowo-Gibran Raih Suara 52,5%

oleh -0 Dilihat
survei
Rilis media hasil survei Populi Center

Jakarta – Lembaga Survei Populi Center mengeluarkan rilis media hasil survei nasional yang diadakan pada 27 Januari hingga 03 Februari 2024 pada Rabu (07/02/2024). Populi Center menempatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dengan raihan suara tertinggi mencapai 52,5%.

“Sementara untuk jajak pendapat yang akan dipilih masyarakat jika Pilpres dilakukan hari ini menempati posisi berikutnya adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 22,1%, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 16,9%. Adapun yang belum memutuskan sebesar 6,3%, dan menolak menjawab sebesar 2,2%,” beber Populi Center dalam rilisnya.

Populi Center merilis berdasarkan kelompok usia, terdapat peningkatan dukungan yang cukup besar dari pemilih gen z dan milenial, dari sebelumnya sebesar 49%, kini menjadi 57,6%. Begitu juga dari generasi pemilih yang lebih tua, dari sebelumnya 42,6% menjadi 47,9%.

Peneliti juga mendapatkan data berdasarkan sebaran wilayah pulau, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari pasangan lain.

Baca juga: Pelototin Nih! Daftar Lembaga Survei Yang Resmi

“Dibandingkan survei bulan Januari, terdapat peningkatan dukungan pemilih di wilayah Sumatera dan Pulau Jawa bagian barat (Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat), masing-masing 2 hingga 4%. Peningkatan dukungan paling besar berasal dari pemilih di Pulau

Jawa bagian Tengah dan Timur (Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur), dimana angkanya kini telah mencapai 53,3%, dari sebelumnya 45,4%. Selain itu, kenaikan keterpilihan juga terdapat di Indonesia Timur,” bunyi rilisnya yang dibagikan kepada Diskursus Network pada Rabu (07/02/2024).

Populi menangkap fenemona dukungan partai, pemilih partai dan afiliasi ormas Islam terhadap paslon nomor urut 02 solid. Bahkan pemilih partai lain di luar koaliasi juga bertambah.

“Pemilih PDIP yang mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

meningkat hampir 10%, sementara pemilih Partai Nasdem bertambah 16%,” keterangan Populi Center.

Baca juga: Prabowo-Gibran Unggul di Puluhan Hasil Survei Jelang Debat Pamungkas

“Berdasarkan afiliasi ormas Islam terbesar di Indonesia, pemilih yang merasa bagian dari Muhammadiyah dan mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jumlahnya meningkat, dari sebelumnya 31,6% kini 44,6%. Begitu juga dukungan dari pemilih yang berasal dari kalangan Nahdliyin, jumlahnya bertambah dari 51,8% kini menjadi 54,6%,” paparnya.

Berdasarkan sebaran wilayah pulau, tidak ada perubahan dukungan yang berarti. Meski demikian, hasil indikatif menunjukkan

terdapat penurunan dukungan kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari pemilih yang tinggal di wilayah Indonesia Timur.

“Pada survei sebelumnya terdapat 27,7% yang menyatakan mendukung pasangan ini, namun kini jumlahnya menurun menjadi 20,9%,”

Mengenai pemilihan presiden dilakukan 1 putaran atau 2 putaran, Populi Center menemukan angka Sebesar 79,9% responden menginginkan Pilpres dilaksanakan dalam satu putaran. Sementara sebesar 16,6% menjawab 2 putaran, dan 2,3% menjawab tidak masalah 1 atau 2 putaran. Sisanya sebesar 1,2% menjawab tidak tahu atau tidak menjawab pertanyaan ini.

Masyarakat yakin Pilrpes akan berlangsung 1 putaran. “Ketika ditanya terkait keyakinan bahwa Pilpres akan selesai dalam 1 putaran, sebesar 70,3% responden menjawab yakin (sangat yakin 12,9% dan yakin 57,4%). Sementara sebesar 25,3% tidak yakin (tidak yakin 24% dan sangat tidak yakin 1,3%). Sisanya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab (4,4%).” (DN)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.