Prabowo-Gibran Unggul di Puluhan Hasil Survei Jelang Debat Pamungkas

oleh -0 Dilihat
debat
ilustrasi

Jakarta – Jelang debat pamungkas pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang akan berlangsung malam ini, Minggu (04/02/2024), pukul 19.00 WIB berbagai lembaga survei merilis hasil jajak pendapat jelang Pilpres pada 14 Februari 2024.

Berikut adalah hasil survei  terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang dirilis Januari 2024.

Indonesia Survey Center (ISC)

Dikutip dari artikel CNBC, ISC merilis survei terkini terkait elektabilitas peserta Pilpres 2024. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam survei ini.

Peneliti senior ISC Chairul Pane menjelaskan kriteria responden survei yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah memiliki KTP dan menikah. Jumlah sampelnya sebanyak 1.670 responden.

Sebaran sampel dalam survei ini yakni di 34 provinsi. Margin of error survei ini sebesar +/-2,4% dengan tingkat kepercayaan 95%. Waktu pengumpulan data 11-19 Januari 2024 atau setelah debat ketiga Pilpres 2024.

Teknik pencuplikan sampling adalah random digit dailing atau pembangkitan nomor telepon seluler (HP) secara random. Pengumpulan data telesurvei atau wawancara via telepon.

  • Prabowo-Gibran: 52%
  • Anies-Cak Imin : 21,7%
  • Ganjar-Mahfud Md: 18,1%
  • Tidak tahu/tidak jawab: 8,2%

Chairul Pane menjelaskan bahwa pasangan Anies-Cak Imin menyalip pasangan Ganjar-Mahfud Md. Anies-Cak Imin 21,7% dalam simulasi tiga pasangan, sedangkan Ganjar-Mahfud 18,1%.

“Anies-Muhaimin posisi kedua melampaui pasangan Ganjar-Mahfud,” katanya, Senin (22/01/2024),

Sementara itu, menurut Chairul Pane, Pilpres 2024 berpeluang berjalan dalam satu putaran. Sebabnya, dalam temuan survei bahwa pasangan Prabowo-Gibran 52%.

“Kalau dikatakan 1 putaran, berpeluang besar 1 putaran,” imbuhnya.

Charta Politika

Charta Politika merilis survei terbaru, salah satunya elektabilitas 3 pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bertarung di Pemilu 2024. Survei menunjukkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lainnya.

Berdasarkan keterangan resmi Charta Politika, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN).

“Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming (42.2%) menjadi pilihan tertinggi responden pada pertanyaan tertutup, di atas Ganjar Pranowo-Mahfud Md (28.0%) dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (26.7%),” tulis keterangan Charta Politika, Minggu (21/1/2024).

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 42,2%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud Md 28%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 26,7%
  • Tidak jawab/tidak tahu 3,1%

Baca juga: Pelototin Nih! Daftar Lembaga Survei Yang Resmi

Poltracking Indonesia

Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden 2024-2029. Hasilnya, pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, masih unggul jauh.

“Maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur kekuatan dan tren elektoral capres, cawapres, dan partai politik mendekati masa pemilihan, serta mengukur efek sosialisasi pada masa kampanye dan debat sebagai salah satu tahapan pilpres terhadap elektoral kandidat. Selain itu survei ini untuk mengukur potensi pilpres berlangsung satu atau dua putaran,” ujar Hanta Yuda AR selaku Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (19/01/2024).

  • Prabowo-Gibran: 46,7%.
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 26,9%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 20,6%.

Dari sisi tren, Anies-Muhaimin mengalami sedikit kenaikan, yaitu 3,8%. Sedangkan Prabowo-Gibran mengalami kenaikan sangat tipis sebesar 1,5%. Sedangkan Ganjar-Mahfud masih mengalami penurunan hingga awal Januari 2024, di mana penurunan dari Desember 2023 ke Januari 2024, yakni 6,7%

“Tren yang dialami oleh ketiga pasangan capres dan cawapres membuat Prabowo-Gibran masih unggul dibanding dua kandidat lainnya. Sementara tren naik pasangan Anies-Muhaimin dan tren penurunan dari pasangan Ganjar-Mahfud, membuat pasangan Anies-Muhaimin menyalip ke posisi kedua yang sebelumnya ditempati oleh pasangan Ganjar-Mahfud,” kata Hanta.

“Melihat pergerakan tren elektabilitas capres dan cawapres terbaru, baik dua maupun satu putaran sama-sama memiliki peluang. Hal tersebut dikarenakan belum adanya kandidat yang mampu menembus angka 50%,” lanjutnya.

Menurut dia, pasangan Prabowo-Gibran yang mengalami tren kenaikan signifikan sejak November hingga Desember 2023, namun hanya mengalami tren kenaikan yang tipis cenderung stagnan pada Januari 2024, sehingga elektabilitas saat ini di angka 46,7%.

Sementara itu, jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran, maka dapat dipastikan pasangan Prabowo-Gibran melaju ke putaran kedua. Sedangkan penantang Prabowo-Gibran pada putaran kedua akan menjadi kontestasi antara pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

“Melihat tren saat ini, potensi besar yang menantang Prabowo-Gibran di putaran kedua ialah pasangan Anies-Muhaimin,” ujar Hanta.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA

LSI Denny JA juga merilis survei elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden 2024. Survei menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 46,6%.

Peneliti Senior LSI Denny JA Ardian Sopa mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran berada di posisi pertama dengan 46,6%. Kemudian diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

“Di awal Januari 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan elektabilitas sebesar 46,6%, kemudian di urutan kedua Ganjar Prabowo-Mahfud Md di angka 24,8%, kemudian Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,8%,” kata Ardian dalam rilis survei yang disiarkan melalui YouTube LSI Denny JA, Kamis (18/1/2024).

Lebih lanjut, Denny menyebut berdasarkan survei pada awal Januari ini, Prabowo-Gibran unggul telak. Dia unggul sebanyak 24% dari Ganjar-Mahfud.

“Saat ini di awal Januari 2024 Prabowo-Gibran unggul telak dengan margin kalau misalnya kita lihat 46 dengan 24, ini di atas 21%. Jadi ada elektabilitas margin yang tinggi antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar Pranowo maupun Anies-Muhaimin,” katanya.

Berikut hasil survei LSI Denny JA awal Januari:

  • Prabowo-Gibran 46,6%
  • Ganjar-Mahfud 24,8%
  • Anies-Muhaimin 22,8%
  • Suara tidak sah 0,5%
  • Tidak tahu/tidak jawab 5,3%

Indikator Politik Indonesia

Dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih unggul atas pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Para responden survei ditanyakan, ‘Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama pasangan berikut ini?’. Berdasarkan jawaban para responden, pasangan Prabowo-Gibran unggul.

Berikut ini hasilnya:

  • Prabowo-Gibran 45%
  • Anies-Cak Imin 25%
  • Ganjar-Mahfud 22%
  • Tidak Tahu: 6,94%

“Ini survei sebelum debat capres ketiga, jadi kalau kita bandingkan dibanding survei bulan lalu terjadi stagnasi elektabilitas buat pasangan 02, ada dinamika positif Anies Baswedan naik ke 25 persen, tren negatif 03 masih berlanjut,” ucapnya.

Indonesia Political Opinion (IPO)

Hasil survei IPO menunjukkan elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Rakamasih yang tertinggi di Pilpres 2024.

Namun, IPO mendapati posisi Prabowo-Gibran itu semakin disusul paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan elektabilitas Prabowo dan Gibran mencapai 42,3 persen. Dedi menyebut capaian elektabilitas tertinggi itu dipengaruh meningkatnya elektabilitas Gibran secara pribadi yang menyumbang 0,8 persen.

  • Prabowo-Gibran 42,3%
  • Anies-Cak Imin: 34,5%
  • Ganjar-Mahfud: 21,5%

Dedi menyebut di posisi kedua ditempati paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Jarak elektabilitas AMIN dan Prabowo-Gibran terpaut 7,9 persen.

“Capaian elektabilitas AMIN selisih 7,9 persen dari paslon 2 yakni 34,5 persen,” kata Dedi dalam pemaparannya, Rabu (10/1).

Adapun pada posisi terakhir ditempati paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan 21,5 persen. Dedi menyebut posisi bontot ini dipengaruhi juga oleh elektabilitas Mahfud.

“Mahfud MD justru sebaliknya, ia menurunkan elektabilitas Ganjar cukup tajam yakni sebesar 3,4 persen,” kata Dedi.

Dari perolehan 21,5 persen itu, responden yang mengaku sangat yakin 26,1 persen. Kemudian 48,3 persen responden mengaku yakin, 16 persen tidak yakin, 3,5 persen sangat tidak yakin dan 5,8 persen mengaku tidak tahu.

Baca juga: Bahaya Negatif Media Sosial Bagi Kehidupan Kaum Muda

Politika Research and Consulting (PRC)

PRC merilis hasil survei terkini elektabilitas capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul atas pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) serta Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Survei ini digelar 20-27 Desember 2023 terhadap 1.200 responden. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia (WNI) minimal berusia 17 tahun.

Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting Rio Prayogo mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul di persentase 42,4%. Posisi kedua ditempati Anies-Cak Imin dengan 28% kemudian posisi ketiga Ganjar-Mahfud Md dengan 21,8%.

“Kita menggunakan simulasi kertas suara yang mirip dengan spesimen di KPU. Jawabannya adalah pasangan 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ada di peringkat pertama 42,4%, Anies-Muhaimin 28,0%, Ganjar Pranowo dan Mahfud di 21,8%,” kata Rio dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (5/1/2024).

Berikut hasil survei versi Politika Research and Consulting:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 42,4%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 28%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud Md 21,8%
  • Rahasia/belum menentukan pilihan 5,0%
  • Tidak tahu 2,8%

Polling Institute

Polling Institute merilis hasil survei elektabilitas para pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pasca debat cawapres yang lalu. Hasilnya, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul atas paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Cak Imin (AMIN), dan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

  • Prabowo-Gibran 46,2%
  • Anies-Cak Imin 24,6%
  • Ganjar-Mahfud 21,3%
  • TT/TJ 7,8%

“Secara umum basis dukungan capres-cawapres tidak banyak berubah, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud stabil, sementara Anies-Cak Imin menguat,” kata penelitis Polling Institute, Kennedy Muslim, saat memaparkan survei, Rabu (03/01/2024).

Pusat Polling (Puspoll) Indonesia

Puspoll Indonesia merilis hasil jajak pendapat bertajuk ‘Peta Elektoral Pilpres dan Pileg 2024’ periode Desember 2023. Hasil survei ini menilik kemungkinan adanya pemilu dua putaran karena belum ada paslon yang menyentuh angka 50 persen + 1 suara.

Berdasarkan hasil survei, elektabilitas pasangan nomor urut 3 bersaing dengan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sementara itu, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menduduki posisi terbawah dalam survei tersebut.

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 41%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 27,6%
  • Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar: 26,1%

“Survei ini juga mencoba merekam bagaimana posisi elektoral pasangan capres-cawapres saat ini. Nah ini menunjukkan bahwa pertama atau paslon 01, pasangan Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar memperoleh elektabilitas sebanyak 26,1 persen,” ucap Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja saat membacakan hasil survei melalui video conference, Selasa (02/01/24).

Muslimin menyebut pasangan Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran paling berpeluang untuk maju dan kembali bersaing pada putaran kedua kontestasi pemilu.

“Kemudian siapa yang lolos ke putaran kedua, kalau kita lihat temuan survei Puspoll Indonesia ini menunjukkan memang di antara paslon 01 dan 03 kalau dari sisi angka memang lebih tinggi angka nomor 3 atau pasangan nomor 3, artinya peluang 03 untuk masuk ke putaran kedua itu dari temuan survei kita memang lebih besar dibanding 01,” pungkas Muslimin.

Ide Cipta Research and Consulting (ICRC)

ICRC merilis hasil survei untuk periode Desember 2023 untuk capres dan cawapres. Hasilnya, paslon nomor urut 3 pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menempel paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

  • Prabowo-Gibran: 39,4%
  • Ganjar-Mahfud berada: 29,1%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 25,6%

Kemudian yang belum memutuskan sebesar 4,4 persen, rahasia 1,0 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 0,5 persen dengan total 5,9 persen.

Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapto Rusli mengatakan jika Ganjar-Mahfud harus memperbesar perolehan suara di Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, Ganjar-Mahfud juga harus mampu mempertahankan raihan suara di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berada di angka 55,9 persen.

“Jika nanti Ganjar mampu melaksanakan segala potensinya di Jawa Barat saya kira akan memberikan dampak untuk masuk ke putaran kedua,” ujar Hadi Suprapto, Selasa (02/01/2024). (DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.