10 Ide Usaha yang Cocok untuk Anak Muda, Modal Kecil Untung Banyak

oleh -0 Dilihat
bisnis anak muda
Teknologi canggih saat ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis yang sedang dijalankan, terutama untuk anak muda. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta- Usaha yang cocok untuk anak muda, modal kecil untung banyak dapat menjadi upaya yang cocok bagi siapapun yang ingin memulai bisnis. Kamu bisa memaksimalkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan berlimpah, meskipun modal yang dimiliki kecil. Teknologi canggih saat ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan begitu, pasar yang dimiliki tidak hanya lingkungan rumah dan teman sekolah. Melainkan, berpotensi ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri. Bagi kamu anak muda yang ingin membuka usaha tetapi tidak punya modal besar, tak perlu khawatir dan bingung. Sebab ada banyak ide usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Pengerjaannya pun bisa dilakukan di sebuah lokasi atau dari mana saja.

1. Bisnis Dropship
Bisnis dropship sama seperti bisnis reseller, di mana pengusaha hanya perlu memasarkan produk dari penjual ke pembeli. Jika dahulu model bisnis ini dianggap sebagai bisnis yang harus mengeluarkan modal besar, tidak untuk sekarang. Bisnis ini cocok untuk anak muda.

Dropship
Foto: Ilustrasi Canva

Selain anak muda, siapapun bisa menjalankannya dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun. Barang dagangan yang akan dipromosikan ke pembeli pun tidak perlu di stok. Pengiriman gambar dan video melalui sejumlah aplikasi kini bisa dilakukan.

Dengan begitu, bisnis dropship bisa dijalankan dari mana saja. Meskipun terbilang praktis, tetapi bisnis ini tidak boleh disepelekan. Sebab, dropshipper harus memahami spesifikasi barang dan mengetahui kualitasnya. Terlebih, cukup sulit untuk mencari supplier terpercaya.

2. Jasa Ketik dan Pengetikan
Usaha yang cocok untuk anak muda, modal kecil untung banyak lainnya adalah dengan membuka jasa pengetikan. Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang komputer, tentu bisa mengubah keahlian menjadi cuan. Apalagi jika jasa ini dibuka di lingkungan sekolah atau desa.

Jasa Ketik
Foto: Ilustrasi Canva

Mengingat, beberapa orang terkadang belum bisa mengoperasikan komputer. Selain membukanya secara offline di lingkungan rumah dan sekolah, usaha ini pun bisa dipasarkan secara online. Dengan begitu, klien akan bertambah banyak.

3. Jasa Desain Grafis dan Pengeditan
Selain jasa pengetikan, jasa desain grafis atau pengeditan juga banyak dibutuhkan di era sekarang. Banyak orang membutuhkan pengeditan gambar atau video untuk membuat banner jualan, brosur, hingga mengabadikan momen seperti wisuda dan pernikahan.

Jasa Desain
Foto: Ilustrasi Canva

Keahlian yang selama ini dimiliki, bisa diputar menjadi jalan usaha hanya dengan bermodalkan komputer atau laptop. Sementara itu, pembuatan desain grafis yang bisa dilakukan berupa logo, kartu nama, desain poster, desain interior, dan lain sebagainya.

4. Bisnis Kaos
Setiap tahun, industri fashion selalu memiliki trend-trend tersendiri dan berbeda setiap eranya. Berjualan kaos bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini memang bisa dilakukan oleh semua kalangan. Namun sayangnya, modal yang dibutuhkan tidak sedikit.

Bisnis Kaos
Foto: Ilustrasi Canva

Terlebih jika ingin membuka distro. Namun, bukan berarti tidak ada jalan untuk memulai bisnis ini. Berjualan kaos atau membuka distro bisa dimulai dengan memberlakukan sistem pre-order terlebih dahulu. Apabila modal dirasa cukup untuk buka distro, bisa dilanjutkan dengan mendirikan toko fisik.

5. Bisnis Thriftshop
Thriftshop juga menjadi salah satu bisnis yang sedang tren setahun belakangan. Usaha yang cocok untuk anak muda, modal kecil untung banyak bisa jadi pilihan yang cocok. Terlebih untuk pemula. Sebab kamu bisa memulai usaha ini dengan modal 1 juta rupiah saja.

Bisnis Thriftshop
Foto: Ilustrasi Canva

Dengan nominal tersebut, kamu akan mendapatkan satu karung berisi 50 sampai 100 pakaian acak. Beberapa memiliki kondisi yang baik dan sempurna, beberapa lainnya bisa datang dalam keadaan cacat.

Untuk menjaga kualitasnya, seluruh produk harus dicuci terlebih dahulu. Setelah itu disetrika agar produk bisa layak jual. Beberapa produk cacat yang memungkinkan untuk diperbaiki juga dapat diupayakan. Seperti kancing yang copot, jahitan yang terbuka, dan lain sebagainya.

6. Bisnis Jasa Titip
Jasa titip merupakan model bisnis yang menawarkan pembelian barang tertentu kepada pelanggan. Umumnya, bisnis ini biasa dimanfaatkan bagi para traveler yang suka berkeliling dunia. Mereka membuka jasa titip melalui media sosial, sehingga para pengikut yang tertarik bisa mendaftar.

Jasa Titip
Foto: Ilustrasi Canva

Produk-produk yang ditawarkan bervariasi. Bisa mengikuti request klien atau ditentukan berdasarkan rute perjalanan yang sedang dilalui. Mulai dari makanan, tas, fashion, produk kecantikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Bisnis jasa titip ini berpotensi memberikan keuntungan besar, meskipun tidak ada modal yang harus dikeluarkan karena biaya perjalanan biasanya ditanggung orang tua. Harga jual yang ditawarkan bisa diatur sesuai dengan harga asli atau di luar harga asli, seperti ditambah 5% hingga 15%.

7. Bisnis Aksesoris dan Pernak-Pernik
Usaha yang cocok untuk anak muda, modal kecil untung banyak lainnya adalah bisnis aksesoris dan pernak-pernik. Produk aksesoris juga menjadi tren di kalangan perempuan. Sebagian besar produk tersebut dibuat dari manik-manik beraneka warna, bentuk, dan ukuran.

Bisnis Aksesoris
Foto: Canva

Manik-manik tersebut dirangkai menjadi cincin, kalung, gelang, hingga gantungan kunci. Jenis atau model manik-manik yang digunakan juga bervariasi. Mulai dari bentuk bunga, bulan, kubus, hingga manik-manik biasa. Produk ini bisa dijual murah meriah dan dipasarkan secara meluas.

8. Bisnis Kue Kering
Keahlian baking tidak hanya bermanfaat untuk mengisi toples-toples di rumah saja. Melainkan, juga bisa menjadi jalan bisnis bagi siapapun. Terlebih saat hari raya, kue kering yang dipasarkan secara online pasti akan menjadi perburuan masyarakat.

perburuan masyarakat.
Foto: Ilustrasi Canva

Modal yang dikeluarkan pun tidak perlu banyak. Bermodalkan uang 1 juta, kamu bisa menjalankan bisnis kue kering kecil-kecilan. Mulai dari nastar, putri salju, semprit, bolen, macaroni, salad buah, dan lain sebagainya.

9. Bisnis Angkringan
Jika beberapa referensi ide bisnis sebelumnya cocok dilakukan di kota, pun ada juga bisnis yang bisa dikerjakan dari desa. Salah satunya adalah angkringan. Ini termasuk dalam salah satu usaha yang cocok untuk anak muda, modal kecil untung banyak.

angkringan
Foto: Ilustrasi Canva

Untuk mengawali usaha ini, kamu bisa berjualan dengan modal 1 juta. Pastikan untuk mencari tempat strategis agar kedaimu mudah dijangkau. Di samping itu, harga dan kualitas juga perlu disesuaikan dan diperhatikan. Sebab penjual angkringan kini menjamur di beberapa daerah.

10. Bisnis Penyewaan Barang
Pernahkah kamu kesusahan untuk mendapatkan suatu barang karena harganya mahal atau dirasa tanggung untuk membeli? Secara tidak langsung, pengalaman tersebut membawamu kepada satu ide bisnis, yakni penyewaan barang.

semakin canggih
Foto: Ilustrasi Canva

Keberadaan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang, membuat bisnis penyewaan barang tak lagi terdengar aneh. Sebab di setiap daerah pasti dapat ditemui bisnis sejenis yang menawarkan penyewaan barang seperti peralatan rumah tangga, mendaki, peralatan bayi, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang, bisnis ini mungkin terdengar membutuhkan modal yang besar. Namun sebenarnya, hal itu bisa disiasati dengan membuka penyewaan barang berdasarkan barang yang dimiliki di rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk memulainya.

Usaha yang cocok untuk anak muda, modal kecil untung banyak bisa dijalankan oleh berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, fresh graduate, hingga orang tua sekalipun. Ide bisnisnya pun cukup banyak, seperti dropship, jasa ketik, jasa titip, jual angkringan, hingga penyewaan barang. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.