Mengenal Energi Hijau, Manfaat Hingga Sumbernya Yang Bisa Dioptimalkan

oleh -0 Dilihat
Mengenal Energi Hijau, Manfaat Hingga Sumbernya Yang Bisa Dioptimalkan
Energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari tanaman hidup yang ada di sekitar kita.

Jakarta-Energi hijau disebut juga sebagai energi terbarukan yang mana untuk saat ini menjadi sorotan di berbagai belah pihak. Untuk energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari tanaman hidup yang ada di sekitar kita.

Energi hijau bisa juga disebut sebagai bahan bakar hayati energi terbarukan. Termasuk sebagai sumber energi yang berasal dari bahan-bahan yang tidak menimbulkan dampak negatif untuk lingkungan dan relatif aman.

lingkungan
Foto: Ilustrasi Canva

Untuk Anda yang belum mengetahui, energi hijau merupakan sebuah energi terbarukan maupun yang ramah lingkungan. Dikatakan ramah lingkungan karena sumbernya dihasilkan melalui sumber daya alami yang bisa diperbarui terus-menerus.

Bahkan sumber-sumber energi hijau tidak akan habis, karena tidak memberikan efek negatif terhadap lingkungan hidup. Contohnya emisi gas kaca maupun polusi udara. Inovasi yang ramah lingkungan untuk saat ini dijadikan sebagai fokus utama untuk pembangunan berkelanjutan.

Salah satu tujuannya yaitu sebagai cara untuk mengatasi adanya tantangan perubahan iklim serta ketergantungan masyarakat terhadap sumber daya fosil. Di beberapa tahun terakhir ini untuk energi terbarukan sudah mengalami perkembangan secara signifikan. Hal ini dikarenakan adanya inovasi yang mampu menjanjikan potensi besar dalam hal menggali sumber yang bersih serta berkelanjutan salah satunya dari energi hiaju.

Manfaat Adanya Energi Hijau

inovasi
Foto: Ilustrasi Canva

Energi hijau ini memang menjadi pilihan yang tepat, karena memberikan banyak keuntungan jika dibandingkan dengan menggunakan sumber fosil. Salah satunya yaitu jenis yang terbarukan tidak menghasilkan emisi karbon seperti gas rumah kaca yang bisa meningkatkan suhu global. Sehingga emisi karbon tidak merusak lingkungan. Ada juga manfaat lain yang bisa diperoleh ketika menggunakan energi hijau, di antaranya seperti berikut:

1. Sebagai Sumber Yang Ramah Lingkungan
Untuk manfaat pertama dari penggunaan energi terbarukan yaitu sebagai sumber yang ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan limbah yang berbahaya untuk lingkungan. Penggunaannya juga bisa memicu dan mengurangi polusi udara dikarenakan pembakaran bahan bakar fosil. Hal ini bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan. Seperti bronkitis, asma atau permasalahan pernafasan yang lainnya.

2. Meningkatkan Keselamatan Energi Nasional
Selama menggunakan sumber energi mandiri dan tidak tergantung terhadap pasukan dari negara lain, maka negara bisa lebih terlindungi dari adanya fluktuasi harga atau ketidakstabilan dari pasukan energi. Hal ini mungkin bisa saja terjadi di masa yang akan mendatang.

3. Meningkatkan Sektor Energi
Tahukah kamu? Bahwa penggunaan energi bisa membantu untuk meningkatkan kesempatan kerja dalam sektor energi. Dengan permintaan yang semakin meningkat terhadap sumber energi hijau, maka memiliki banyak kesempatan kerja yang tercipta dalam sektor ini. Khususnya dalam bidang pengembangan teknologi maupun pemasangan sistemnya.

4. Mengurangi Dampak Ekonomi
Dampak ekonomi pada biasanya disebabkan karena adanya perubahan iklim. Apabila mengurangi emisi gas rumah kaca karena pembakaran bahan bakar fosil, maka kamu bisa membantu untuk mengurangi adanya resiko yang disebabkan karena perubahan iklim.

5. Tidak Menghasilkan Emisi Karbon yang Mencemari Lingkungan
Manfaat selanjutnya yaitu bahwa energi terbarukan tidak menghasilkan emisi karbon yang memberikan pencemaran pada lingkungan. Contohnya gas rumah kaca yang bisa meningkatkan suhu global. Hal ini berarti bahwa penggunaan energi terbarukan bisa membantu untuk mengurangi pemanasan global maupun memerangi adanya perubahan iklim energi.

6. Selalu Tersedia
Berhubung energi hijau adalah energi yang bisa diperoleh dari alam, maka kamu tidak perlu khawatir kehabisan. Untuk jenis ini selalu tersedia dan tidak dipengaruhi oleh harga. Hal ini berarti bahwa makhluk hidup termasuk manusia, bisa terus-menerus mengendalikan energinya di masa depan tanpa merasa khawatir adanya kelangkaan sumber daya.

7. Mengurangi dependensi
Perlu diketahui dengan baik bahwa pemanfaatannya secara tidak langsung bisa membantu untuk mengurangi dependensi pada sumber fosil yang terbatas. Hal ini bisa mengurangi permasalahan geopolitik yang berhubungan dengan pemasukan energi.

Untuk saat ini sudah banyak negara yang bergantung terhadap sumber fosil. Contohnya gas dan minyak untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka. Akan tetapi, untuk sumber fosil yang terbatas terkadang hanya terkonsentrasi pada beberapa wilayah saja.

Tentu hal ini bisa menimbulkan permasalahan geopolitik. Apabila negara mengandalkan energi terbarukan, maka bisa mengurangi adanya ketergantungan terhadap sumber dari fosil serta mengurangi adanya resiko permasalahan geopolitik.

8. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Di beberapa wilayah tertentu, penggunaan energi bisa membantu untuk meningkatkan akses listrik pada daerah-daerah yang terpencil atau di daerah yang pada biasanya tidak terjangkau jaringan listrik secara konvensional. Tidak sampai di situ saja, penggunaannya juga bisa membantu agar dapat meningkatkan lingkungan pekerjaan. Alasannya karena proyek-proyek hijau membutuhkan tenaga kerja secara lokal dalam melakukan pengelolaan.

Jenis Sumber Energi Hijau

Sumber Hijau
Foto: Ilustrasi Canva

Seperti apa yang sudah dijelaskan di atas bahwa sumber dari energi jenis ini termasuk sebagai bahan-bahan yang sangat ramah lingkungan. Untuk itu sangat mudah dijumpai dalam kehidupan ini. Termasuk di berbagai daerah atau negara.

Berikut ini sumber terbarukan yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, yaitu:

1. Matahari
Matahari termasuk sebagai bintang yang menjadi titik perputaran antara planet dalam sistem tata surya. Matahari memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kehidupan manusia serta makhluk hidup lain yang ada di bumi.

Bisa dikatakan bahwa cahaya matahari ini dijadikan sebagai sumber yang dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan. Ketersediaan cahaya matahari melimpah bisa membuat energi digunakan secara terus menerus.

2. Air
Air masuk sebagai salah satu sumber dengan jumlah yang melimpah. Air dianggap sangat efektif untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik jika dibandingkan dengan cahaya matahari. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila kita sering kali mendengar istilah dari pembangkit listrik tenaga air

3. Angin
Angin tidak menimbulkan polusi atau emisi. Sementara pemanfaatan dari angin ini bisa dijadikan sebagai sumber yang dilakukan.

4. Panas Bumi
Ternyata panas bumi juga masuk sebagai kategori sumber terbarukan yang berkelanjutan. Energi panas bumi ini berlandaskan dari beberapa alasan, yaitu seperti karena ramah lingkungan, tidak membutuhkan lahan luas.

Selain itu juga tidak dipengaruhi cuaca maupun pasokan bahan bakar, terhindar dari adanya resiko kenaikan bahan bakar fosil. Panas bumi banyak digunakan untuk pembangkit listrik dan dijadikan sebagai pasokan listrik cukup unggul.

Hal ini dikarenakan dapat berperan primer tumpuan pada bahan dasar jaringan listrik. Selain itu, hal ini juga memiliki dukungan karena sifat panas bumi yang sangat konsisten bahkan dapat menyediakan di sepanjang hari.

5. Bioenergi
Di negara Indonesia, bioenergi untuk saat ini sedang dikembangkan dan mudah ditemukan, karena memiliki beragam variasi dapat digunakan sebagai pembangkit listrik maupun bahan bakar.

Perkembangan energi hijau sudah memberikan banyak peluang baru bagi masyarakat agar menggali potensi terbarukan agar lebih efisien dan berkelanjutan. Untuk semua jenisĀ  terbarukan seperti yang dijelaskan di atas mampu menunjukkan adanya potensi besar.

Khususnya dalam mengurangi emisi gas rumah kaca maupun mengatasi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Untuk menghadapi setiap tantangan perubahan iklim, maka hal ini mampu memberikan dorongan terhadap inovasi serta investasi pada terbarukan. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.