Cara Mudah Mengenali Pinjol Aman dan Tidak, Bebas Penipuan

oleh -0 Dilihat
Cara Mudah Mengenali Pinjol Aman dan Tidak, Bebas Penipuan
Mengenali pinjol aman atau tidak sangat penting supaya terhindar dari upaya penipuan.

Jakarta- Mengenali pinjol aman sangat penting di tengah menjamurnya pinjaman online di internet. Tentunya, setiap pinjol tersebut punya tawaran program yang berbeda-beda.

Inilah yang membuat setiap pengguna pinjol harus teliti dan cermat untuk menentukan mana yang terbaik. Tentunya, jangan sampai salah pilih pinjol karena bakal rugi sendiri.

Baik dari pinjaman yang gagal dibayar karena bunganya terlalu tinggi hingga pinjol yang ternyata ilegal atau tidak terdaftar secara resmi di OJK. Lantas, bagaimana cara menentukan mana pinjol yang aman dan tidak?

Cara Mudah Mengenali Pinjol Aman di Indonesia

Sebenarnya, tidak sulit untuk mengenali pinjol yang aman di Indonesia. Hanya butuh analisa sederhana agar kamu tahu kira-kira pinjol mana yang bagus untuk diikuti. Langsung saja, berikut cara mudah untuk mengenali pinjol yang aman dan tidak?

1. Terdaftar di OJK

Terdaftar di OJK
Foto: Canva

Berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan, pinjaman online yang dikenal dengan sebutan Fintech Lending atau P2P Lending, merupakan platform yang tugasnya mempertemukan penerima dan pemberi pinjaman lewat sistem elektronik.

Perusahaan yang memberi pinjaman online aman pasti sudah terdaftar dan mempunyai izin resmi di OJK. Dilihat dari website resminya, setidaknya ada 102 perusahaan fintech yang terdaftar secara sah sampai 5 Januari 2023.

Perusahaan pinjol tersebut sudah memenuhi syarat OJK yang berlaku. Termasuk persyaratan yang berkaitan dengan modal usaha hingga kewajiban menjalankan bisnis secara profesional sesuai aturan.

2. Website resmi dan aplikasi

Website resmi
Foto: Canva

Mengenali pinjol aman dan tidak dapat dilihat dari upaya marketing yang mereka kembangkan. Umumnya, perusahaan pinjol aman tidak menawarkan pinjaman lewat saluran komunikasi pribadi, seperti WhatsApp maupun telepon langsung.

Perusahaan pinjol yang aman pasti memiliki aplikasi dan website resmi agar kebutuhan komunikasi setiap calon nasabah dapat terpenuhi. Kamu bisa cek aplikasi pinjaman online aman hanya di cekfintech.id saja.

Dilansir dari CNBC, nasabah dapat mengecek keamanan aplikasi pinjol lewat WhatsApp resmi OJK di nomor 081-157-157-157, atau mengandalkan email [email protected].

3. Pengajuan pinjol yang efisien dan transparan

Pengajuan yang efisien dan transparan
Foto: Canva

Perusahaan pinjol yang aman dan legal juga harus memiliki beberapa aspek penting seperti prosedur yang efisien, fleksibilitas dana dan transparansi dalam pengajuan dana.

Dengan berbagai aspek ini, pengajuan pinjaman nasabah dapat dilakukan dengan cepat, aman dan amanah. Pastikan kejelasan pinjol yang diajukan nasabah diterima atau tidak dalam kurun waktu tertentu.

4. Bunga pinjol harus transparan

Bunga harus transparan
Foto: Canva

Memperhatikan bunga pinjol yang diajukan kepada nasabah juga menjadi cara mengenali pinjol aman selanjutnya. Biasanya, perusahaan pinjol yang aman akan memberi informasi bunga dengan jelas beserta biaya yang harus ditanggung nasabah.

Tentunya, informasi ini harus mampu diakses calon nasabah dengan mudah sebelum melakukan pengajuan pinjaman. Transparansi ini menjadi hal yang sangat penting bagi peminjam.

Pasalnya dapat membantu pengambilan keputusan nasabah. Juga menghindari adanya kejutan biaya yang tidak diharapkan ketika masa tenor dimulai.

5. Batas pembayaran pinjol harus jelas

Perusahaan pinjol yang aman selalu memantau pembayaran nasabah secara berkala. Jika nasabah gagal membayar pinjol setelah 90 hari, sudah pasti nama nasabah bakal dimasukkan ke daftar hitam (blacklist) yang telah dikelola Fintech Data Center.

Artinya, nasabah tersebut tidak akan menerima pinjaman dari platform lain di kemudian hari. Langkah ini juga membantu melindungi nasabah dari tindakan pembiayaan yang terlalu berlebihan.

6. Ada layanan pengaduan resmi

pengaduan resmi
Foto: Canva

Mengenali pinjol aman selanjutnya dapat dilihat dari layanan pengaduan setiap platform. Umumnya, platform yang aman selalu memiliki layanan pengaduan untuk nasabahnya.

Jika nasabah mengalami masalah atau keluhan seputar layanan atau pinjol, mereka dapat melakukan pengaduan dengan mudah. Juga pastikan layanan tersebut memiliki respons yang cepat dan tepat dari perusahaan.

Dengan adanya layanan ini, sudah pasti perusahaan memiliki komitmen untuk menjaga kenyamanan dan keamanan nasabah. Juga diharapkan dapat menangani setiap masalah pada nasabah dengan profesional dan cepat.

7. Review nasabah lain

Review nasabah lain
Foto: Canva

Gunakan review nasabah lain sebagai referensi tambahan untuk menentukan penyedia pinjol terbaik. Cara mengenali pinjol aman dan terpercaya ini berdasarkan fakta yang diterima nasabah sebelumnya.

Dilansir dari CNN, kamu bisa menemukan banyak ulasan nasabah lain lewat Play Store ataupun App Store. Ulasan pengguna memberi informasi seputar pengalaman ketika memakai aplikasi, termasuk masalah yang kerap muncul saat mengajukan pinjol.

Rating yang diberikan perusahaan pinjol tersebut juga menjadi pertimbangan penting untuk menentukan pilihan. Tentunya, semakin tinggi rating yang diterima perusahaan, kualitasnya semakin bagus.

Rekomendasi Pinjol Aman dan Terbaik di Indonesia Dengan Limit Tinggi

Setelah tahu cara mengenali pinjol aman dan bebas penipuan di Indonesia, ada beberapa rekomendasi nama pinjol yang dapat digunakan. Tentunya, pinjol ini telah terdaftar secara resmi di OJK sehingga memiliki keamanan yang terjamin.

Belum lagi, beberapa pinjol juga mempunyai limit pengajuan dana yang tinggi untuk nasabah. Jadi, sangat cocok untuk nasabah yang memang punya kebutuhan dana tinggi.

Langsung saja, berikut beberapa penyedia pinjol terbaik yang telah terdaftar di OJK dan punya limit tinggi :

1. Indodana

Indodana merupakan penyedia pinjol resmi dengan limit besar yang bisa dipilih. Banyak layanan menarik yang dapat ditemukan di aplikasinya. Termasuk, limit pinjaman yang cukup besar hingga Rp 15 juta.

2. KreditPintar

KreditPintar menjadi penyedia pinjol resmi selanjutnya yang dapat dipilih jika butuh dana besar. Tak hanya limit tinggi saja, KreditPintar memberi tenor panjang untuk setiap nasabahnya. Bunga pinjaman yang terjangkau dan bebas biaya lain membuat penyedia pinjol ini cukup tenar di masyarakat.

3. Tunaiku

Tunaiku merupakan aplikasi pinjol dengan limit tinggi hingga Rp 20 juta. Aplikasi menawarkan bunga rendah dengan jangka pinjaman fleksibel hingga 20 bulan. Pengajuannya cukup mudah karena bisa dilakukan secara online tanpa pergi ke kantor resminya.

4. DanaBijak

Bagi yang sudah mengenali pinjol aman, DanaBijak tentu menjadi penyedia pinjol yang direkomendasikan. Limit pinjaman yang disediakan di sini cukup tinggi karena mencapai Rp 20 juta. Bunga yang tersedia juga aman untuk kantong dengan tenor pinjaman yang sangat fleksibel.

5. AdaKami

AdaKami menawarkan limit pinjaman awal tinggi dengan tenor panjang hingga Rp 80 juta. Menariknya, pinjaman yang kamu ajukan tidak ada agunan sehingga lebih aman dan fleksibel. Tenor pinjaman sangat bervariasi, mulai dari 12 bulan, 6 bulan atau 3 bulan.

6. Kredivo

Kredivo menjadi platform fintech atau pinjol resmi limit besar selanjutnya yang dapat dipilih. Aplikasinya menyediakan pinjaman dengan minimal bunga yang rendah dan proses yang aman serta mudah. Pinjaman dan tenor yang tersedia di aplikasi sangat fleksibel, mulai Rp 500 ribu hingga Rp 30 juta.

7. Easycash

Bagi yang berburu pinjaman online tanpa agunan, pinjol Easycash ini sangat cocok untuk dicoba. Easycash merupakan pinjol dengan limit awal tinggi yang menyediakan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan). Nominal batas limit yang ada di sini sangat fleksibel karena mencapai Rp 50 juta. Adapun tenor yang tersedia juga fleksibel karena ada 3 bulan hingga 1 tahun.

Hadirnya pinjol di Indonesia tentu sangat berguna bagi nasabah yang membutuhkan dana darurat. Kendati demikian, mengenali pinjol aman sangat penting agar terhindar dari penipuan yang marak terjadi akhir-akhir ini. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.