8 Kisah Tragis Mantan Presiden di Dunia yang Dibunuh oleh Rakyatnya Sendiri

oleh -0 Dilihat
8 Kisah Tragis Mantan Presiden di Dunia yang Dibunuh oleh Rakyatnya Sendiri
Deretan Kisah Tragis Mantan Presiden di Dunia. (Foto: John F Kennedy)

Jakarta- Kisah tragis mantan presiden di dunia sering menjadi bahan pembicaraan bagi sebagian orang, karena mereka tidak pernah menyangka nasib orang nomor satu di negaranya tersebut akan setragis itu. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang dibunuh oleh rakyatnya sendiri yang kecewa padanya.

Meski presiden termasuk salah satu jenis profesi yang memiliki kekuasaan tertinggi, tapi profesi ini juga memiliki risiko pembunuhan dan kejahatan yang tinggi. Maka dari itu, biasanya presiden akan dilindungi oleh pengawal serta polisi. Jika tidak, maka mereka dapat mengalami kisah tragis seperti sebelumnya.

8 Kisah Tragis Mantan Presiden di Dunia yang Dibunuh oleh Rakyatnya Sendiri

Semua kisah yang berkaitan tentang presiden memang selalu menarik untuk dibahas, karena ada banyak orang yang penasaran dengan kehidupan sehari-hari orang nomor satu ini. Namun, kehidupan presiden tidak selalu indah dan dipenuhi hal mewah, tapi ada juga beberapa kisah yang menyedihkan.

Bahkan, ada beberapa presiden yang dibunuh oleh rakyatnya sendiri, karena mereka kecewa dan marah dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh presiden serta pejabat publik lainnya. Berikut adalah beberapa presiden yang memiliki kisah tragis di akhir hidupnya, yaitu:

1. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln
Sumber: Canva

Orang-orang mengenal Abraham Lincoln sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-16 dengan pencapaiannya yang menarik perhatian publik. Selama masa jabatannya (1861-1865), Abraham Lincoln berhasil mempertahankan Union selama Perang Saudara Amerika.

Setelah mempertahankan Union selama Perang Saudara Amerika ini, Amerika Serikat akhirnya mengalami emansipasi budak yang menguntungkan banyak pihak. Tentu pencapaian ini mendapat banyak pujian dari berbagai belahan dunia, tapi ada juga yang merasa kecewa dengan keputusannya.

Salah satu pihak yang kecewa dengan keputusan Abraham Lincoln adalah John Wilkes Booth yang merupakan saudara dari keluarga akting terkemuka di Amerika Serikat. John Wilkes Booth memilih untuk membunuh Abraham Lincoln karena dia adalah pendukung kuat kaukus Selatan.

2. John F Kennedy

John F Kennedy
Sumber: Instagram

Kisah tragis mantan presiden di dunia selanjutnya datang dari John F Kennedy yang merupakan Presiden Amerika Serikat ke-35 pada tahun 1961-1963. Selama masa jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy dihadapkan dengan sejumlah krisis asing di Berlin dan Kuba.

Meski awalnya banyak pihak yang meragukan kemampuan John F Kennedy dalam melalui krisis asing tersebut, tapi beliau akhirnya berhasil mengamankan Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir. Kendati demikian, nasib baiknya berhenti sampai di situ saja, karena beliau dibunuh saat sedang iring-iringan.

Iring-iringan ini diselenggarakan di Dallas dan saat John F Kennedy sedang menyapa rakyatnya yang ada di sana, tiba-tiba muncul orang tidak dikenal yang langsung menembakkan tiga peluru ke bagian tubuh Presiden Kennedy. Tembakan ini juga melukai pejabat tinggi lainnya, yaitu John B Connally.

3. Anwar Sadat

Anwar Sadat
Sumber: Arabnews

Kisah tragis mantan presiden selanjutnya terjadi pada tahun 1981 dan dialami oleh Muhammad Anwar Sadat yang merupakan Presiden Mesir ke-3. Anwar Sadat sangat dikenal oleh banyak orang, karena beliau berhasil menggulingkan Raja Farouk dalam Revolusi Mesir yang terjadi di tahun 1952.

Berbagai pencapaian berhasil diraih oleh Anwar Sadat selama menjabat sebagai presiden. Namun, kisah tragisnya mulai terjadi di tahun 1981, lebih tepatnya tanggal 06 Oktober, karena beliau ditembak oleh sekelompok militan yang dipimpin oleh Khalid Islambouli.

4. Saddam Husein

Saddam Husein
Sumber: Biography

Saddam Husein merupakan mantan Presiden Irak yang menjabat sejak tahun 1979 hingga 2003. Selama masa jabatannya tersebut, Saddam Husein menerapkan kebijakan modernisasi dan sosialisme Arab serta Pan-Arabisme Sekuler. Kebijakannya ini tentu menarik perhatian banyak orang.

Sampai pada akhirnya Saddam Husein ditangkap oleh para pasukan Amerika Serikat pada saat invasi Irak di tahun 2003. Hukuman atas perbuatannya tersebut adalah hukuman mati dan pengadilan rakyat sendiri yang mengeksekusi hukuman gantung Saddam Husein ini.

5. Thomas Sankara

Thomas Sankara
Sumber: Tribune

Kisah tragis mantan presiden di dunia juga dialami oleh Thomas Sankara saat menjabat sebagai Presiden Burkina Faso di tahun 1987. Sebenarnya, Thomas Sankara telah menjabat sebagai Presiden Burkina Faso sejak tahun 1983, karena kudeta yang beliau rencanakan berhasil dilakukan.

Saat Burkina Faso dipimpin oleh Thomas Sankara, ada banyak pencapaian yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh mantan presiden lainnya. Bahkan, Thomas Sankara sempat menentang imperalisme dan mulai mencoba berbagai jenis program baru untuk perubahan ekonomi di negaranya.

Namun, kisah tragis mantan presiden di dunia yang meninggal ini mulai terjadi pada saat beliau dibunuh oleh sekelompok orang bersenjata yang ingin melakukan kudeta. Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata dalang dari pembunuhan Thomas Sankara ini adalah Blaise Compaore.

6. Marie-Francois Sadi Carnot

Thomas Sankara
Sumber: Wikipedia

Tak ada yang pernah menyangka bahwa kisah hidup Marie Francois Sadi Carnot, mantan Presiden Prancis di tahun 1887-1894, akan berakhir setragis itu. Meski masa jabatannya termasuk lebih singkat dibanding presiden-presiden sebelumnya, tapi beliau berhasil melalui krisis yang terjadi di Prancis.

Bahkan, selama masa jabatannya Marie-Francois Sadi Carnot berhasil mempertahankan popularitasnya dengan pencapaian-pencapaian yang dianggap menguntungkan bagi warga Prancis. Namun, ternyata ada salah satu anarkis asal Italia yang menyimpan dendam ke mantan presiden ini.

Pada tanggal 14 Juni 1894, anarkis yang bernama Sante Geronimo Caserio ini menikam Marie-Francois Sadi Carnot tepat di bagian dadanya. Sontak kejadian itu membuat banyak orang terkejut dan segera membawanya ke rumah sakit. Sayangnya, esok harinya beliau meninggal.

7. James Garfield

James Garfield
Sumber: Britannica

Kisah tragis mantan presiden di dunia memang lebih sering dialami oleh mantan presiden Amerika Serikat. Cukup berbeda dengan John F Kennedy dan Abraham Lincoln yang langsung meninggal setelah ditembak oleh sosok tidak dikenal, James Garfield sempat mengalami lumpuh.

James Garfield menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat dalam jangka waktu yang sangat singkat, yaitu dari tanggal 04 Maret-19 September 1881 saja. Hanya dalam waktu empat bulan jabatannya saja, James Garfield langsung mendapat ancaman tembakan yang dilakukan secara tiba-tiba.

8. Juvenal Habyarimana dan Cyprien Ntaryamira

Juvenal Habyarimana
Sumber: IWACU

Kedua mantan presiden ini dibunuh dengan cara ditembak dari atas udara, karena Juvenal Habyarimana dan Cyprien Ntaryamira saat itu sedang berada di jet pribadi Habyamarina untuk pergi ke daerah Rwanda. Juvenal Habyarimana itu sendiri merupakan mantan Presiden Rwanda.

Lalu, siapakah Cyprien Ntaryamira yang berada dalam satu jet pribadi dengan Juvenal Habyarimana? Cyprien Ntaryamira adalah mantan Presiden Burundi yang pada saat itu ingin mendiskusikan tentang suatu hal dengan Juvenal Habyarimana.

Cyprien Ntaryamira
Sumber: IWACU

Namun, nasib tragis harus mereka dapatkan saat sedang menaiki jet pribadi Habyarimana. Kedua mantan presiden ini ditembak dari atas udara dan membuatnya langsung meninggal.

Dengan melihat kisah tragis mantan presiden di dunia yang kami sebutkan di artikel ini, kamu akan semakin yakin bahwa kisah hidup seorang presiden tidak selalu indah. Namun, ada beberapa momen di mana keselamatan hidup seorang presiden tergolong cukup berbahaya.

Jadi, tak perlu heran jika saat mobil Presiden lewat di sebuah jalan akan ada banyak polisi yang mengiringinya. Sebab, kejadian-kejadian seperti ini bisa terjadi kapan saja tanpa sepengetahuan kita semua. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.