11 Pemimpin Dunia Yang Usianya Masih Muda, Ada Kim Jong Un

oleh -0 Dilihat
Sederet Pemimpin Negara di Dunia Yang Usianya Masih Muda, Ada Kim Jong Un
Foto: Ilustrasi Canva

Jakarta- Menjadi seorang pemimpin dalam suatu negara bukanlah tanggung jawab yang biasa. Ada banyak peran yang harus diemban dan usia ternyata tidak mempengaruhi tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Nyatanya, ada banyak daftar kepala negara termuda di dunia.

Meski masih terbilang muda, daftar nama-nama kepala negara termuda ini berhasil menjadi pemimpin bangsa dan rakyatnya dengan visi misi mereka. Apakah kamu kelak bercita-cita untuk menjadi pemimpin negara ini? Nama-nama kepala negara ini barangkali bisa menginspirasimu!

1. Kim Jong Un (Korea Utara) – 28 Tahun
Siapa yang tidak mengenal pemimpin Korea Utara bernama Kim Jong Un? Tahukah kamu bahwa sebenarnya kepala negara yang lahir pada 8 Januari 1983, ini juga menjadi salah satu pemimpin termuda karena saat diangkat sebagai pemimpin Korea Utara, usianya baru 28 tahun.

Selain menjadi kepala negara atau pemimpin tertinggi Korea Utara, ia pun menjabat sebagai Ketua Komisi Urusan Negara dan Ketua Partai Buruh Korea. Ia mengambil alih kepemimpinan Korea Utara pada Desember 2011 setelah kematian ayahnya, Kim Jong Il. Kepemimpinan Kim Jong Un telah diwarnai oleh ketegangan geopolitik, program nuklir, dan keterlibatan dalam diplomasi internasional.

2. Irakli Garibashvili (Georgia) – 31 Tahun
Irakli Garibashvili saat ini menjadi pemimpin muda dengan menjabat sebagai Perdana Menteri Georgia. Ia lahir pada 28 Juni 1982, dan pertama kali menjabat sebagai perdana menteri pada 2013. Saat itu, ia masih berusia sangat muda, yakni 31 tahun. Namun, ia pun kembali menjabat sebagai perdana menteri pada Februari 2021, di usianya yang menginjak 39 tahun.

Pemimpin muda yang satu ini memiliki latar belakang dalam ilmu komputer dan telah bekerja di sektor swasta sebelum memasuki dunia politik. Di tengah tantangan ekonomi dan geopolitik, ia dipercaya menjadi pemimpin dengan memimpin pemerintahan Georgia dengan fokus pada reformasi ekonomi dan integrasi Eropa.

3. Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani (Qatar) – 33 Tahun
Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani merupakan seorang pemimpin dan penguasa Qatar dan saat ini menjabat sebagai Emir Qatar. Pria yang lahir pada 3 Juni 1980 itu mengambil alih jabatan kepala negara pada Juni 2013 setelah pengunduran diri ayahnya, Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani.

Kala itu, usianya baru 33 tahun! Sheikh Tamim dikenal sebagai pemimpin yang aktif dalam diplomasi regional dan internasional. Pemerintahannya berfokus memodernisasi ekonomi Qatar dan memainkan peran penting dalam isu-isu geopolitik di Timur Tengah.

4. Sanna Marin (Finlandia) – 34 Tahun
Sanna Marin lahir pada tanggal 16 November 1985, yang merupakan seorang politikus Finlandia dan anggota Partai Pusat Finlandia. Ia diangkat menjadi Perdana Menteri Finlandia pada Desember 2019, menjadikannya perdana menteri termuda dalam sejarah Finlandia.

Saat dilantik, salah satu daftar kepala negara termuda di dunia ini masih berusia 34 tahun pada saat itu. Sebelumnya, Marin telah menjabat sebagai Menteri Transportasi dan Komunikasi Finlandia. Pemimpin muda ini dikenal karena dedikasinya terhadap kebijakan lingkungan dan kesejahteraan sosial. Marin memimpin koalisi pemerintah yang terdiri dari lima partai, dan kepemimpinannya diakui secara internasional.

5. Mahamat Idriss Deby Itno (Chad) – 37 Tahun
Mahamat Idriss Deby Itno saat ini menjabat sebagai Kepala Pemerintahan Chad. Pria yang lahir lahir pada 1 Januari 1984, ini merupakan seorang politikus Chad yang terkenal di negara.

Pada April 2021, setelah kematian ayahnya, Idriss Deby Itno, Mahamat Idriss Deby Itno mengambil alih kepemimpinan negara tersebut pada usia 37 tahun. Saat memimpin Chad, ia dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk stabilitas politik di wilayah tersebut dan peran Chad dalam penanggulangan konflik regional.

6. Carlos Alvarado (Kosta Rika) – 38 Tahun
Daftar kepala negara termuda di dunia selanjutnya, ada presiden dari Kostarika bernama Carlos Alvarado yang lahir pada 14 Januari 1980. Alvarado terpilih sebagai presiden pada April 2018, di usianya yang saat itu masih 38 tahun.

Sebelum menjabat sebagai kepala negara, ia mengejar karier dalam bidang sastra dan seni. Alvarado dikenal karena komitmennya terhadap hak-hak LGBTQ+ dan kebijakan lingkungan.

Pemerintahannya berfokus untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendidikan, dan meningkatkan keberlanjutan lingkungan.

7. Leo Varadkar (Irlandia) – 38 Tahun
Daftar kepala negara termuda di dunia selanjutnya adalah Leo Varadkar yang menjabat sebagai perdana menteri Irlandia dari Juni 2017 hingga Juni 2020. Ia lahir pada 18 Januari 1979 dan diangkat sebagai perdana menteri Irlandia ketika usianya 38 tahun.

Varadkar adalah perdana menteri gay pertama di Irlandia dan termasuk dalam generasi pemimpin muda yang mencoba mengatasi berbagai isu, termasuk Brexit.
Selama kepemimpinannya, Varadkar fokus pada reformasi dalam sektor kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

8. Nayib Bukele (El Salvador) – 38 tahun
Daftar kepala negara termuda di dunia ini bisa juga untuk menginspirasimu. Ia adalah Nayib Bukele yang lahir pada 24 Juli 1981. Bukele sendiri merupakan seorang politikus kontroversial asal El Salvador dan saat ini menjabat sebagai Presiden.

Ia terpilih sebagai presiden pada tahun 2019 lalu dan menjadi presiden termuda dalam sejarah negara itu. Ya, kala diangkat menjadi seorang presiden, ia berusia 38 tahun. Sebelum menjadi presiden, Bukele menjabat sebagai walikota San Salvador.

Kepemimpinannya dikenal kontroversial karena sangat tegas dalam penanganan kejahatan dan korupsi, tetapi juga mendapatkan kritik terkait otoritarianisme. Bukele dikenal karena penggunaan media sosial yang aktif dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

9. Xavier Espot Zamora (Andorra) – 39 Tahun
Xavier Espot Zamora merupakan seorang Kepala Negara Andorra. Ia sendiri lahir pada 30 Juli 1979. Sebelum menjadi kepala pemerintahan, Zamora menjabat sebagai Menteri Kehakiman.

Kemudian, pada Mei 2019, Zamora terpilih sebagai kepala pemerintahan Andorra pada usia 39 tahun. Dengan usianya yang masih di bawah 40 tahun kala itu, Zamora dianggap sebagai salah kepala negara termuda.

Zamora dikenal sebagai tokoh yang berkomitmen pada kepentingan negaranya dan mempromosikan kerja sama internasional dalam konteks regional.

10. Vjosa Osmani (Kosovo) – 39 Tahun
Daftar kepala negara termuda di dunia selanjutnya datang dari negara Kosovo. Ia bernama Vjosa Osmani yang lahir pada 17 Mei 1982. Saat ini, ia menjabat sebagai Presiden Kosovo. Adapun sebelum menjadi presiden, Osmani mengejar karir akademis dan hukum.

Osmani memiliki gelar doktor dalam hukum konstitusi. Nah, Osmani ini memainkan peran penting dalam proses negosiasi antara Kosovo dan Serbia.

Pada April 2021, Osmani terpilih sebagai presiden di usianya yang ke-39, menjadikannya pemimpin wanita pertama di Kosovo. Osmani dikenal karena keterlibatannya dalam isu-isu hak asasi manusia dan perdamaian di wilayah tersebut.

11. Emmanuel Macron (Perancis) – 39 Tahun
Lahir pada 21 Desember 1977 dan terpilih sebagai presiden Perancis pada Mei 2017, pada usia 39 tahun. Sebelum diangkat sebagai presiden, Macron sebelumnya menjabat sebagai Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Industri Perancis. Kepemimpinannya dikenal dengan reformasi ekonomi, kebijakan imigrasi, dan juga turut berperan dalam Uni Eropa.

Mulai dari Kim Jong Un yang menjadi kepala negara di usianya yang masih 28 tahun sampai Emmanuel Macron dengan usia 39 tahun, tentu mereka sangat memukau karena bisa memimpin negaranya.

Bagaimana, apakah daftar kepala negara termuda di dunia ini memberimu inspirasi? Bagi yang ingin memiliki mimpi menjadi seorang pemimpin, pastikan siapkan tanggung jawab, visi, misi dan tekad yang kuat untuk menempuh karir politik dengan mulus! (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.