Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Sertijab KSAD Dari Dirinya Sendiri Kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

oleh -0 Dilihat
Sertijab
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Serahkan Jabatan Kasad Kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dari dirinya sendiri kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Mabesad, pada pukul 08.00 WIB, Jumat, (1/12/2023).

Maruli Simanjuntak dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

“Hari ini kita sudah melaksanakan serah terima KSAD dari saya kepada Jenderal Maruli Simanjuntak, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya selama saya menjadi KSAD dan selanjutnya saya akan berdinas di Panglima TNI, mohon doa restunya terima kasih,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto usai Sertijab.

Baca juga: Jenderal Agus Subiyanto Sah Gantikan Laksamana TNI Yudo Margono Sebagai Panglima TNI

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak mengaku sudah banyak menerima arahan dari KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto.

“Hari ini saya melaksanakan serah terima jabatan dari beliau (Agus Subiyanto) mulai hari ini secara resmi akan melaksanakan tugas sebagai KSAD, beliau sudah banyak menyampaikan program-program ya walaupun diketahui oleh para rekan media sebagai KSAD satu bulan tapi beliau Wakil KSAD hampir dua tahun jadi sangat lah mengetahui mengenai seluk beluk angkatan darat ini, saya sudah beberapa hari mendapatkan arahan dari beliau mudah-mudahan saya bisa melanjutkan minimal bisa sebaik seperti beliau saat melaksanakn tugas,” kata Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Hadir dalam kegiatan Sertijab, sejumlah mantan Panglima TNI dari Tri Sutrisno hingga Yudo Margono, sejumlah mantan KSAD dan beberapa pejabat penting lainnya.

Baca juga: 3 Alasan Letjen TNI Maruli Simanjuntak Calon Kuat KSAD. Menantu Luhut, Mantan Danrem Solo, Danpaspampres Era Jokowi

Sebelum Sertijab Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Serah Terimakan Risalah Kasad

Sertijab
Penyerahan naskah risalah serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) dan penandatangan serta penyerahan risalah Ketua Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi

Sebelum Sertijab, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan berbagai program kerja dan kegiatan telah dapat terlaksana dengan lancar pada tahun anggaran 2023, walaupun dengan berbagai keterbatasan, semua itu dapat terlihat pada beberapa pencapaian dan prestasi telah diraih oleh jajaran TNI Angkatan Darat. Pernyataan Panglima idi disampaikan pada kegiatan penyerahan naskah risalah serah terima jabatan Kepala Staf TNI  Angkatan Darat (Kasad) dan penandatangan serta penyerahan risalah Ketua Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi, yang bertempat di Mabes AD, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Lebih lanjut dikatakan Panglima TNI, saat ini yang menjadi fokus tugas TNI yaitu masalah di Papua, bencana alam dan pesta demokrasi Pemilu. “Visi saya adalah TNI prima, akan saya wujudkan TNI yang profesional,  hal ini saya sudah sampaikan untuk well equipt, well train kemudian well paid, sehingga dapat melaksanakan tugas pokok dengan baik,” tegasnya.

Baca juga: KSAD dan Panglima TNI Dikabarkan akan Diganti Rabu Besok.

Dikaitkan dengan masalah Papua, Jenderal TNI Agus menegaskan untuk mengedepankan kearifan lokal masyarakat kemudian lakukan pendekatan soft power. “Sesuai saya fit and proper test lalu, jadi gunakan smart power dan  soft power dulu, nanti kita ke depankan operasi teritorial, didukung oleh operasi Intel dan operasi tempur pasukan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Jenderal TNI Agus ingin menyampaikan harapan semoga di bawah pimpinan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dapat mewujudkan misi TNI Angkatan Darat yang prima. “Dalam menghadapi dinamika yang kompleks, agar terwujudnya kesiapan operasional TNI AD, kita harapkan setiap saat pasukan itu siap operasi,” tutupnya.

Usai penyerahan risalah serah terima jabatan, dilaksanakan juga serah terima Yayasan Kartika Eka Paksi yang merupakan rangkaian dari agenda pergantian pejabat ketua pembina yayasan. Yayasan Kartika Eka Paksi hingga saat ini telah mendukung kesejahteraan keluarga besar Angkatan Darat, di bidang sosial kemanusiaan, keagamaan dan pendidikan.

Luhut Binsar Hadiri Pelantikan KSAD Maruli

Sertijab
Pelantikan KSAD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Pada Rabu 29 November 2023 Presiden RI Joko Widodo melantik Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), yaitu Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., di Istana Negara, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dilantik sebagai KSAD, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor: 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, dan Nomor: 104/TNI/2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Baca juga: Andika Perkasa Tantang Panglima TNI Bisa Netral di Pemilu 2024

Proses pelantikan berlangsung secara hikmat, dengan rangkaian kegiatan diantaranya pembacaan Keputusan Presiden, pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda pangkat, diakhiri dengan pemberian ucapan selamat.

Prosesi pelantikan dihadiri pula oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Tidak kalah menarik, kehadiran Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Sebagai mertua, luhut  Nampak terharu dan memaksakan hadir saat tengah menjalani perawatan di Singapura. (DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.