8 Nama-Nama Dinosaurus Populer yang Wajib Kamu Tau!

oleh -0 Dilihat
Nama-Nama Dinosaurus
image: kompas

Diskursusnetwork.com – Nama-nama dinosaurus tentu masih sangat asing di telinga masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan dinosaurus sebagai salah satu hewan purba yang sudah punah.

Meskipun demikian, dinosaurus masih menjadi sangat menarik untuk dipelajari hingga saat ini. Dinosaurus memiliki ukuran yang sangat besar berdasarkan rangka-rangka yang telah ditemukan oleh para ilmuwan.

Hewan ini diperkirakan menghuni bumi sekitar 230 juta tahun yang lalu dan kini sudah dinyatakan punah. Menurut sejarah, dinosaurus pertama kali muncul di Amerika Selatan.

Meskipun demikian, faktanya hewan ini masih menarik perhatian banyak orang. Hal ini terbukti dengan banyaknya film yang memunculkan karakter dinosaurus di dalamnya, seperti Jurassic Park. Selain itu, hewan purba ini juga banyak digunakan sebagai karakter dalam film kartun.

Nama-Nama Dinosaurus Beserta Gambar Lengkap

Pada dasarnya, nama dinosaurus diambil dari bahasa Yunani yaitu “deinos” yang berarti hebat, kuat, dan mengerikan. Kemudian kata “sauros” yang berarti kadal.

Jadi, dinosaurus dapat disebut sebagai kadal yang kuat, hebat, serta mengerikan. Nah, nama-nama dari dinosaurus yang populer, yaitu:

1. Apatosaurus

Apatosaurus
image: thoughtco

Apatosaurus merupakan genus dinosaurus sauropoda yang hidup sekitar 152 juta tahun yang lalu tepatnya pada zaman Kimmeridgium hingga Tithonium awal. Fosil dari dinosaurus ini ditemukan di beberapa tempat, seperti Utah, Colorado, New Mexico, Oklahoma, dan Wyoming.

Ukuran Apatosaurus tergolong sangat besar, yakni panjang rata-rata 69-748 kaki (21-228 meter) dengan berat sekitar 164-224 ton.

Bahkan, beberapa kelompok menunjukkan bahwa panjang maksimal dari dinosaurus ini dapat menjadi 11%-30% lebih besar dengan berat 327-726 ton.

Apatosaurus diketahui memiliki ekor yang panjang yang dapat menjadi cambuk mematikan. Musuh utama dari dinosaurus ini adalah karnivora besar seperti Allosaurus.

Habitat Apatosaurus adalah di danau maupun di hutan. Selain itu, dinosaurus ini juga memiliki leher yang lebih tebal.

2. Triceratops

Triceratops
image: youtube @HandAChannel

Nama-nama dinosaurus selanjutnya yang penting untuk diketahui adalah Triceratops. Dinosaurus ini memiliki badan yang besar dengan 3 tanduk.

Panjang Triceratops dapat mencapai 9 meter, dengan tinggi 3 meter, serta berat sekitar 6,5 ton. Nama panggilan untuk Triceratops adalah Tritop.

Dinosaurus ini pernah mendapat julukan sebagai dinosaurus ksatria karena bentuk kepala dan tanduknya. Kulit yang ada di sekitar tameng Tritop sangat keras dan tanduknya yang sangat tajam mampu membuat musuh menjadi ketakutan. Tanduk tersebut juga menjadi perlindungan dirinya.

Secara umum, Triceratops memiliki 3 tanduk, yakni 2 yang berada di atas alisnya dan 1 lainnya di hidung. Panjang tengkorak dari dinosaurus ini dapat mencapai 2 meter. Untuk menopang tubuhnya, Tritop memiliki 4 kaki yang sangat kokoh dan mampu berlari hingga 30 km/jam.

3. Stegosaurus

Stegosaurus
image: thefactsite

Genus dinosaurus dari awal Jurassic di Amerika Utara adalah Stegosaurus. Hewan ini termasuk dalam salah dari jenis dinosaurus yang paling mudah untuk diidentifikasi karena adanya sisik di bagian punggung dan dua pasang duri panjang di ekor. Nah, duri tersebut disebut sebagai thagomizer.

Diantara semua nama-nama dinosaurus sebelumnya, Stegosaurus termasuk dalam spesies yang paling tenang. Namun, saat dinosaurus ini menyerang, maka musuhnya dapat lemah dari ayunan ekornya yang sangat kuat. Selain itu, otot-otot ekornya juga berfungsi sebagai alat pertahanan diri.

Duri yang ada di ekor Stegosaurus memiliki panjang hingga 1 meter dan mampu memberikan luka ke musuhnya dengan kedalaman 90 cm. Dinosaurus ini digolongkan sebagai pemakan tumbuhan atau herbivora, namun tetap mampu melumpuhkan musuhnya yang merupakan hewan lain.

4. Velociraptor

Velociraptor
image: dkfindout

Jenis dinosaurus dari genus theropoda yang hidup pada periode Kapur Akhir (65-71 juta tahun yang lalu) dikenal sebagai Velociraptor. Dinosaurus ini termasuk dalam sub ordo Dromaeosaurida dengan ukuran tubuh yang tergolong sedang. Panjangnya sekitar 2,5 meter dan tingginya 1 meter.

Bobot Velociraptor kurang lebih 20-60 pound atau 10-20 kg. Fosil dari dinosaurus ini ditemukan di beberapa wilayah, seperti Tiongkok, Rusia, dan Mongolia. Umumnya, Velociraptor hidup dengan cara berkelompok dengan strategi penyerangan terhadap musuh dianggap sangat bagus.

Oleh karena itu, Velociraptor dapat bersaing dengan predator besar yang hidup di daerah sama untuk mendapatkan makanan. Untuk mengalihkan perhatian mangsa, dinosaurus ini akan mencoba untuk menarik perhatian. Selain itu, Velociraptor juga memiliki cakar di setiap kakinya.

5. Tyrannosaurus rex (T-rex)

T-rex
image: okezone

Diantara nama-nama dinosaurus karnivora lain, Tyrannosaurus rex atau T-rex menjadi yang paling populer di telinga masyarakat. Hal ini disebabkan karena adanya lagu anak-anak baru-baru ini yang viral tentang T-rex. Meskipun demikian, T-rex dikenal sebagai dinosaurus yang paling ganas.

Hewan purba ini memiliki ukuran tubuh yang besar, tinggi, dan tegak. T-rex juga memiliki rahang yang besar yang dipenuhi oleh gigi-gigi yang tajam. Dinosaurus ini hidup di benua Laramidia yang kini dikenal sebagai Amerika Utara bagian barat. Adapun fosil dari T-rex ditemukan di berbagai formasi geologi.

Panjang Tynnosaurus rex adalah sekitar 14 meter dan tinggi di bagian panggul hingga 4 meter. Menurut perkiraan, bobot tubuh dari dinosaurus ini adalah 8,4 – 14 ton. Selain itu, T-rex juga dianggap sebagai predator darat terbesar yang pernah ada sekaligus memiliki gigitan yang paling kuat.

6. Spinosaurus

Spinosaurus
image: smithsonianmag

Jenis dinosaurus yang diperkirakan lebih besar dari T-rex adalah Spinosaurus. Nama-nama dinosaurus ini diperkirakan hidup sejak 100 juta tahun yang lalu. Spinosaurus memiliki ciri-ciri fisik yang menonjol yaitu memiliki struktur dengan duri pada bagian punggungnya.

Nah, struktur tersebut sebenarnya masih menjadi perdebatan para ilmuan. Sebagian menganggap bahwa struktur di punggung Spinosaurus digunakan untuk termoregulasi dan sebagian lainnya menganggap hanya sebagai tampilan saja.

Penemuan fosil terbaru dari jenis dinosaurus ini menunjukkan bahwa sifatnya kemungkinan besar adalah predator umum dan oportunistik. Artinya, Spinosaurus dapat memakan apa saja selama ukurannya tersebut masih memungkinkan diburu.

7. Archaeopteryx

Archaeopteryx
image: a-z-animals

Jenis dinosaurus yang memiliki bentuk yang unik adalah Archaeopteryx. Hewan purba ini memiliki rupa yang mirip dengan burung dan digolongkan sebagai spesies transisi antara non unggas dengan burung modern. Istilah Archaeopteryx diambil dari bahasa Yunani.

Kata “archaios” memiliki arti kuno, sedangkan “pteryx” berarti bulu. Berdasarkan fosil yang ditemukan, Archaeopteryx memiliki sayap yang lebar sehingga dianggap bisa terbang. Meskipun demikian, hewan purba ini juga memiliki bentuk tubuh layaknya dinosaurus pada umumnya.

Misalnya, rahang dan gigi yang tajam, ekor yang panjang dan bertulang, serta tiga jari yang dilengkapi dengan cakar. Panjang Archaeopteryx diperkirakan sekitar 0,3 – 0,5 m dengan rentang sayap 0,5 – 1 m.

8. Megalosaurus

Megalosaurus
image: rareresource

Nama dinosaurus yang juga cukup populer adalah Megalosaurus. Hewan purba ini termasuk karnivora yang hidup sejak periode Jurassic tengah. Menurut penelitian, ukuran tubuh Megalosaurus diperkirakan sekitar 20 meter dan juga bisa tumbuh menjadi jauh lebih besar dari itu.

Dinosaurus dikenal sebagai salah satu hewan purba yang kini sudah punah. Hewan ini diperkirakan hidup sejak ratusan juta tahun yang lalu dan hanya ditemukan fosil-fosilnya. Klasifikasi dinosaurus dilakukan berdasarkan penelitian dengan memperhatikan bukti-bukti fosil yang ada.

Nah, jenis-jenis dinosaurus yang pernah hidup di bumi cukup banyak. Namun, beberapa diantara daftar nama-nama dinosaurus tersebut cukup populer di kalangan masyarakat. Alasannya karena seringkali menjadi objek pembahasan, baik dalam film-film sejarah, action, hingga kartun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.