ITERA Buka Prodi Pariwisata Pertama di Lampung

oleh -0 Dilihat
ITERA Buka Prodi Pariwisata Pertama di Lampung
Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi membuka Program Studi Sarjana (S1) Pariwisata. (Humas Itera)

Bandarlampung- Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi membuka Program Studi Sarjana (S1) Pariwisata keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 94/E/O/2023 tentang izin Pendirian Program Studi Pariwisata Program Sarjana pada Institut Teknologi Sumatera, yang ditandatangani Mendikbudristek, 13 Januari 2023.

Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, mengharapkan prodi tersebut dapat memberikan kontribusi positif  di dunia kepariwisataan nasional.

“Indonesia belum masuk 10 besar target tujuan wisata mancanegara. Sehingga ini perlu mendapatkan perhatian, dan hadirnya Prodi S1 Pariwisata ITERA menjadi upaya peningkatan dari segi keberadaan kualitas dan kuantitas SDM di bidang pariwisata,” ujarnya pada Selasa (24/1/2023).

Ia menjelaskan, prodi S1 Pariwisata ITERA memiliki konsentrasi di bidang perencanaan destinasi pariwisata, kajian dan manajemen pariwisata, serta kajian fisik dan lingkungan pariwisata. Prodi S1 Pariwisata ITERA, menjadi prodi S1 Pariwisata pertama yang ada di Provinsi Lampung.

Ia melanjutkan, berdirinya prodi ini karena melihat kurangnya konektivitas dan belum memadainya infrastruktur pariwisata serta kesiapan masyarakat di sekitar destinasi wisata sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang mempuni.

Menurutnya, industri kepariwisataan dalam negeri, saat ini masih belum berorientasi pada isu global, tentang kualitas lingkungan. Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas kepariwisataan Indonesia.

“Kita ketahui, potensi pariwisata Indonesia sangat luar biasa, mulai dari keindahan alam, keunikan fenomena alam, banyak fenomena alam seperti gunung berapi, geopark, juga keberadaan seperti objek ombak yang menjadi tujuan olahraga surfing dunia, objek sungai untuk arum jeram, serta kultur budaya masyarakat yang sangat kaya,” ucapnya.

Seharusnya pontensi wisata tersebut bisa dimaksimalkan dengan hadirnya Prodi S1 Pariwisata ITERA,  dapat menghasilkan SDM unggul mampu melakukan analisis dan konsepsi kebijakan serta membuat perencanaan kepariwisataan, pengadaan infrastruktur penunjang.

Kehadiran Prodi S1 Pariwisata ITERA, juga diharapkan mampu menghasilkan inovasi industri kepariwisataan, paket bisnis kepariwisataan yang dapat menumbuhkan industri kepariwisataan itu sendiri, dapat menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan perekonomian bangsa.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITERA, Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M,Si, menyampaikan, Prodi S1 Pariwisata ITERA telah diusulkan sejak 27 April 2021.

Pengembangan keilmuan Prodi Pariwisata ITERA diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli kepariwisataan di Indonesia yang sejalan dengan rencana rencana strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2020 – 2024 dengan misi peningkatan kualitas manusia Indonesia melalui peningkatan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Keberadaan Prodi ini diharapkan mempercepat pengembangan sektor pariwisata khususnya di Pulau Sumatera yang menyimpan banyak potensi dan tantangan,” ucapnya. (Roy Baskara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.