Lurah Yukum Jaya Lampung Tengah Ajak Warga Tanam Tanaman Obat

oleh -

Lampung Tengah – Peduli dengan kesehatan masyarakat, Lurah Yukum Jaya Iqbal Husen mengajak masyarakat menanam tanaman obat keluarga (toga) di pekarangan rumah warga Lingkungan 9, Kelurahan Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Minggu (7/11/2021).

Ide penanaman toga ini muncul karena melihat situasi pandemi yang belum juga usai di tanah air. Iqbal lalu berinisiatif melakukan kegiatan yang efektif dengan memanfaatkan tanaman keluarga, yang dapat ditanam dan diolah dengan mudah.

“Seperti yang sudah diketahui, toga merupakan beberapa jenis tanaman obat yang dapat ditanam dengan mudah di pekarangan rumah ataupun di pot plastik. Tanaman seperti jahe, kunyit, lidah buaya, daun sirih, temu lawak dan masih banyak lagi,” ujar Iqbal.

Keberadaan tanaman toga ini menurutnya juga banyak membawa manfaat, khususnya bagi kesehatan. Salah satunya mudah diolah menjadi minuman herbal seperti, jamu kunir, jamu sinom, wedang jahe, wedang sirih, dan lain sebagainya.

“Nantinya warga yang membutuhkan bibit dan bahan buat obat bisa langsung ambil disini, minta dengan penjaganya. Ini tanaman tidak untuk diperjualbelikan tetapi untuk masyarakat,” tegas Iqbal.

Sementara itu Widodo, salah satu warga memberi dukungan penuh dengan adanya kegiatan ini. Sejak pandemi banyak masyarakat jika sakit takut untuk datang ke rumah sakit.

“Maka dari itu kegiatan ini sangat membantu. Penanaman toga ini tidak hanya sebagai jamu herbal tapi banyak dipercaya bahwa tanaman toga dapat menyembuhkan covid-19,” tukasnya. []

Laporan Kontributor: Deny Fernando

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.