Petani Difasilitasi Olah Kopi Sendiri Oleh Pemprov Lampung

oleh -

Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memfasilitasi petani kopi Lampung untuk mengolah biji kopi secara mandiri guna memberi nilai tambah bagi para petani kopi.

“Kita akan fasilitasi para petani kopi Lampung agar mereka bisa mengolah biji kopi hasil panen secara mandiri,” ujar Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi di Bandarlampung, dikutip dari Antara, Sabtu (2/10/2021).

Ia mengatakan dengan mandirinya para petani dalam memproses biji kopi hasil panen, dapat menjadi salah satu upaya menyejahterakan petani kopi Lampung.

“Proses dari biji menjadi bubuk hingga di kemas semua ada di petani, jadi mereka mendapatkan nilai tambah, nanti kita juga akan jaga kualitasnya agar baik dan layak untuk dipasarkan,” katanya.

Menurutnya, dalam mengembangkan pengelolaan biji kopi menjadi kopi siap konsumsi juga akan memberdayakan para pengusaha kopi lokal.

“Kita akan bekerjasama dengan pengusaha lokal, sehingga mereka akan bertanggung jawab untuk membina petani agar proses produksinya tetap higienis,” ucapnya.

Selanjutnya ia mengatakan, kepala daerah pun berkontribusi untuk melakukan pengawasan yang baik agar produksi kopi tetap maksimal.

“Daerah penghasil kopi seperti Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, Tanggamus, Lampung Utara kepala daerahnya harus intensif mengawasi, seperti Lampung Barat saat ini produksi sampai 3 ton sekali panen ini harus dijaga,” katanya pula.

Lampung sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi atas budidaya kopi yang cukup baik dimana memiliki luas area lahan kopi mencapai 156.918 hektare, dengan jumlah petani sekitar 142.511 orang telah memproyeksikan produksi tahun 2022 mencapai 200 ribu ton. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.