Tingkatkan Kualitas Pekerja dengan Pelatihan Vokasi, Kadisnaker: Manfaatkan LPK & BLK

oleh -
Kepala Dinas Tenaga Kerja Lampung, Agung Nompitu. (Ant)

Lampung – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung memfasilitasi para tenaga kerja untuk mengikuti program pelatihan vokasi guna meningkatkan kualitas dan keterampilan kerja.

“Upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yakni para pencari kerja, kita memfasilitasi pelatihan vokasi,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Agus Nompitu, dikutip dari Antara, Rabu (29/9/2021).

Ia mengatakan berbagai program pelatihan tersebut meliputi peningkatan produktivitas, kewirausahaan mandiri, manajerial.

“Pelatihan vokasi tersebut ada yang bersifat teknis, kewirausahaan mandiri, peningkatan produktivitas seperti pelatihan kecantikan, kelistrikan. Semua dilakukan agar para pekerja berdaya saing,” katanya.

Menurutnya, dalam meningkatkan daya saing pekerja dengan pemberian pelatihan vokasi, pihaknya bekerja sama dengan perguruan tinggi, balai latihan kerja (BLK), lembaga pelatihan kerja (LPK) swasta.

“Di Lampung ada 120 LPK dan 4 BLK, semua kita manfaatkan untuk meningkatkan kapasitas para pekerja,” ucapnya.

Dia melanjutkan pelatihan vokasi oleh BLK maupun LPK dilakukan dengan mengacu pada standar kompetensi kerja yang telah ditentukan.

“Semua memiliki standar kompetensi jadi lulusan memiliki kualitas yang baik dan siap digunakan di dunia kerja, untuk mendukung hal itu LPK yang ada akan diakreditasi sesuai dengan standar yang ada,” katanya lagi.

Ungkapan akan pentingnya pelatihan vokasi bagi para pencari kerja juga dikatakan oleh salah seorang warga, Anugraha.

“Sempat ikut serta dalam pelatihan vokasi untuk kewirausahaan karena lulus dari sekolah menengah kejuruan, dan memang sangat membantu meningkatkan keterampilan,” ujar Anugraha.

Menurutnya, melalui pelatihan tersebut pelajaran langsung ia praktikkan dan membantu mendukung dirinya untuk berwirausaha.

Diketahui di Lampung dalam enam bulan terakhir berdasarkan data sementara Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, ada sebanyak 4.029 orang yang sedang mencari pekerjaan. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.