Nama & Gelar Lengkap 15 Guru Besar Unila yang Baru Dikukuhkan dan Diganjar Rekor MURI

oleh -4 Dilihat
Rektor Universitas Lampung (Unila) menerima penghargaan dari MURI usai pengukuhan 15 Guru Besar Unila. FOTO: unila.ac.id

Lampung – Dies Natalis ke-56 Universitas Lampung (Unila) menjadi momen bersejarah bagi keluarga besar Unila. Tepat sehari sebelum genap berusia 56 tahun, Rabu kemarin, Unila menerima apresiasi dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Piagam penghargaan MURI bertajuk “Perguruan Tinggi dengan Pengukuhan Guru Besar Terbanyak” dan “University with The Most Inaguration Professor” diberikan kepada Unila atas pencapaiannya mengukuhkan guru besar terbanyak di Indonesia.

“Pengukuhan 15 guru besar di Universitas Lampung kami catat sebagai pencapaian prestasi superlatif di Museum Rekor-Dunia Indonesia. Hingga saat ini, Unila telah mencatat 6 rekor MURI,” ujar Senior Manager Museum Rekor Dunia-Indonesia Awam Rahargo dikutip dari unila.ac.id, Jumat (24/9/2021).

Pengukuhan berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Unila dan turut disaksikan secara virtual oleh sivitas akademika serta tamu undangan.

Rektor Unila Prof. Karomani mengatakan, pengukuhan 15 guru besar ini merupakan hal pertama dalam sejarah Unila.

“Semakin banyak guru besar menunjukkan semakin banyak pakar yang Unila miliki. Artinya keberadaan Unila semakin diakui masyarakat dan dunia,” ungkap Karomani.

Sebab, menurutnya, jabatan guru besar menunjukkan pengakuan kompetensi di bidang akademik.

Guru Besar Ilmu Komunikasi Unila ini berharap, usai dikukuhkan kontribusi 15 guru besar kepada Unila semakin besar.

“Meraih jabatan akademik tertinggi bukan hanya capaian pribadi seorang dosen, namun juga capain universitas,” pungkasnya.

Berikut Nama Lengkap dan Orasi Ilmiah 15 Guru Besar Unila:

  1. Prof. Yuliansyah, S.E., M.SA., Ph.D, Akt., CA., Profesor dalam Bidang Ilmu Akuntansi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan judul orasi ilmiah “Sistem Pengukuran Kinerja Strategik Perguruan Tinggi dengan Konsep Malcolm Baldrige”.
  2. Prof. Dr. Nurdiono, S.E., M.M., CA., CPA., Profesor dalam Bidang Ilmu Akuntansi Sektor Publik, dengan judul orasi ilmiah “Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Sebuah Kesenjangan Harapan”.
  3. Prof. Dr. Toto Gunarto, S.E., M.Si., Profesor dalam Bidang Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, dengan judul orasi ilmiah “Intensitas Energi Sektor Industri di Indonesia”.
  4. Prof. Dr. Mahrina Sari, S.E., M.S., M.S., M.Sc., Profesor dalam Bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan judul orasi ilmiah “Keunggulan Bersaing Industri Kreatif Indonesia: Suatu Tantangan dan Harapan dalam Menghadapi Pandemi Covid 19”.
  5. Prof. Dr. Drs. Sugiyanto, M.T., Profesor dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, dengan judul orasi ilmiah “Peningkatan Kompetensi Profesional Berkelanjutan Dosen Vokasi Melalui Diklat”.
  6. Prof. Dr. Muhammad Badaruddin, S.T., M.T., Ph.D., Profesor dalam Bidang Ilmu Mekanikan Kekuatan Material, dengan judul orasi ilmiah “Kriteria Desain Aman Baja Aisi 1018 Kondisi Tarik Dingin pada Suhu Tinggi”.
  7. Prof. Dr. Joni Agustian, S.T., M.Sc., Profesor dalam bidang ilmu Teknik Kimia Fakultas Teknik, dengan judul orasi ilmiah “Sakarifikasi Enzimatis Pati Tapioka dengan Glukoamilasi Amobil pada Penyangga Silika Mcf-(9.2t-3d)”.
  8. Prof. Dr. Christine Wulandari, M.P., Profesor dalam Bidang Ilmu Manajemen Hutan, dengan orasi ilmiah “Social Learning sebagai Strategi Implementasi “New Era Perhutanan Sosial” Pasca Undang-Undang Cipta Kerja”.
  9. Prof. Dr. Dwi Hapsoro, M.Sc. Profesor dalam bidang ilmu Bioteknologi Pertanian, dengan judul orasi ilmiah “Embriogenesis Somatik untuk Perbanyakan dan Produksi Benih Tanaman Unggul”
  10. Prof. Dr. Drs. Hartoyo, M.Si., Profesor dalam bidang ilmu Sosiologi  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan judul orasi ilmiah “Strategi Mengelola Harmoni Sosial dalam Kehidupan Masyarakat Lokal Multikultural di Pedesaan Lampung”.
  11. Prof. Dr. Hamzah, S.H., M.H., Profesor dalam Bidang Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, dengan judul orasi ilmiah “Perlindungan Konsumen di indonesia dengan Mekanisme Asuransi Tanggung Jawab Produk (Product Liability Insurance)”.
  12. Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd., Profesor dalam bidang ilmu Evaluasi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanberjudul “Penilaian Autentik untuk Memetakan Kompetensi Hardskills dan Softskills Peserta Didik”.
  13. Prof. Dr. Sunyono, M.Si., Profesor dalam Bidang Ilmu Metodologi Pembelajaran Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan judul orasi ilmiah “Eksplorasi – Imajinasi pada Model Pembelajaran Simayang untuk Membelajarkan Kimia di Sekolah”.
  14. Prof. Dr. La Zakaria, S.Si., M.Si. Profesor dalam bidang ilmu Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan judul orasi ilmiah “Peluang Menghilirkan Matematika Melalui Riset Matematika: Studi Kasus Matematika Komputasi pada Desain Motif Batik Fraktal dan Kriptografi Citra”.
  15. Prof. Dr. Einde Evana, S.E., M.Si, Akt. Profesor dalam bidang ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis , dengan judul orasi ilmiah “Pengujian Teori Fraud Pentagon pada Sektor Manufaktur Di Indonesia”. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.