PWI Pusat Lanjutkan UKW Gratis di 38 Provinsi Pasca-Lebaran

oleh -0 Dilihat
Ketua PWI Pusat
Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun

Jakarta – Setelah perayaan Idul Fitri 1445 H, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melanjutkan penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tanpa biaya di 38 Provinsi di seluruh Indonesia dan juga di wilayah PWI khusus, yaitu Surakarta. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen PWI Pusat untuk meningkatkan standar keprofesian wartawan di Indonesia.

Hendry Ch Bangun, Ketua PWI Pusat yang didampingi oleh Sayid Iskandarsyah, Sekjen PWI Pusat, pada Rabu (03/04/2024), mengumumkan bahwa jadwal pelaksanaan UKW gratis telah disusun berdasarkan usulan dari pengurus PWI Provinsi masing-masing. Hendry menyebutkan, sejumlah PWI daerah telah siap untuk melaksanakan UKW ini, seperti Papua Tengah di Nabire, Riau, Sumatera Selatan (Sumsel), dan Kepulauan Riau (Kepri) dengan jadwal yang telah ditentukan.

PWI daerah menyambut baik program UKW gratis ini. Ketua PWI Kepri, Andi Gino, mengapresiasi PWI Pusat dan para sponsor atas pemahaman terhadap kebutuhan meningkatkan kualitas wartawan. Serupa dengan Andi Gino, Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono, juga mengungkapkan bahwa program ini merupakan langkah yang sangat dinanti oleh anggota PWI. Ketua PWI Sumatera Selatan, Kurnaidi, pun menyatakan bahwa UKW PWI Pusat sangat berperan dalam peningkatan kualitas wartawan di daerah.

Menurut Hendry, yang akrab disapa HCB, setidaknya ada sepuluh Provinsi yang akan melaksanakan UKW pada periode April – Mei 2024. Beberapa daerah Provinsi telah memulai proses pengumpulan data peserta UKW, termasuk PWI Sultra, Sulteng, Jawa Timur, Sumbar, dan pilihan antara Kalimantan Selatan atau Kalimantan Utara.

Baca juga: Menkominfo: Sejak Kelahirannya PWI Punya Misi Suci

UKW gratis di sepuluh PWI Provinsi ini merupakan bagian dari program kontinu yang dilakukan PWI Pusat bersama dengan BUMN, menambah total PWI Provinsi yang telah melaksanakan program UKW gratis menjadi dua puluh.

“Setelah dimulai pada Desember 2023, UKW PWI Pusat gratis bersama BUMN telah sukses di sepuluh Provinsi,” kata HCB, merujuk pada suksesnya program sebelumnya di berbagai daerah.

Firdaus Komar, Direktur UKW PWI Pusat, mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kementerian BUMN atas dukungan mereka dalam penyelenggaraan UKW gratis. Firdaus juga menambahkan bahwa UKW gratis ini tetap akan diikuti dengan kompetisi jurnalistik, dengan hadiah total Rp50 juta yang dapat diikuti oleh peserta UKW gratis.

Baca juga: PWI Bentuk Satgas Anti Hoax, Menkominfo: Hoax, Fitnah, dan Ujaran Kebencian Itu Saudara Kandung Yang Harus Diperangi

Kompetisi ini terbuka bagi peserta yang telah mengikuti UKW gratis di sesi sebelumnya dan yang baru saja mengikuti kick-off pada akhir tahun 2023. Tema tulisan lomba akan berkisar pada topik “peran BUMN dalam kemajuan pers melalui UKW” dan “peran strategis UKW dalam meningkatkan kualitas pers Indonesia”, dengan karya yang harus dikirimkan melalui link yang disediakan oleh admin PWI Pusat.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan UKW gratis selanjutnya, PWI daerah diwajibkan menyiapkan administrasi peserta dan melakukan koordinasi teknis dengan LUKW PWI. Selain itu, PWI Provinsi juga bertugas untuk menginformasikan dan mempublikasikan kegiatan UKW gratis tersebut kepada masyarakat luas.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.