Pengamat: Calon KSAU Pengganti Fadjar Prasteyo Harus Prioritaskan Kedaulatan di Wilayah Udara 

oleh -0 Dilihat
IMG 20240329 164632

Jakarta- Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo akan memasuki masa purnabakti pada April 2024. Sesuai aturan, dia akan digantikan oleh perwira tinggi aktif dari angkatannya, dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier.

Pengamat Militer dan Intelejen, Susaningtyas Nefo Kertopati mengharapkan KSAU yang akan dipilih nanti harus bisa memprioritaskan kinerja yang piawai hadapi pelanggaran udara yang kerap kali terjadi di wilayah udara NKRI.

“KSAU baru harus memprioritaskan beberapa kali pelanggaran udara dilakukan oleh pesawat jet tak dikenal atau dikenal juga dengan Black Flight,” kata wanita akrab disapa Nuning, pada Jum’at (29/3/2024).

Nuning yang juga Dosen Unhan ini menjelaskan, sesuai hukum udara internasional, pemerintah Indonesia dan TNI AU wajib menyelenggarakan penegakan kedaulatan di wilayah udara, dan bahkan di wilayah ruang angkasa.

Selain itu, lanjut Nuning, KSAU yang baru juga harus memperhatikan jumlah pesawat jet tempur yang akan dibeli juga masih dalam kategori minimal karena kalkulasinya hanya untuk beroperasi pada ruang udara di atas wilayah daratan dan lautan Indonesia.

Terkait dengan nama-nama sudah beredar untuk menggantikan Fadjar Prasetyo di pos KSAU. Nuning menegaskan siapapun punya peluang besar menjadi pimpinan angkatan udara sekalipun calon tersebut adalah orang dekat istana.

“Sesungguhnya semua Bintang 3 TNI AU berpeluang jadi KSAU, tapi tentu ada perhitungan Matra sampai bersifat politis menjadikan calon yang pernah dekat dengan Presiden berpeluang lebih besar dari yang lain,” pungkasnya.

Adapun terdapat 3 nama yang digadang-gadang bakal jadi KSAU baru yakni Komandan Sesko (Dansesko) TNI Marsdya TNI, Samsul Rizal dan Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI, Tedi Rizalhadi serta Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya TNI, Tonny Harjono. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.