Viral, 8 April 2024 Gerhana Matahari Gelapkan Bumi 3 Hari?

oleh -0 Dilihat
Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

Diskursus Network- Dalam waktu dekat, fenomena astronomi menakjubkan akan terjadi, yakni Gerhana Matahari Total, yang dijadwalkan pada 8 April 2024.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), peristiwa ini merupakan salah satu momen langit yang paling ditunggu.

Apa Itu Gerhana Matahari Total?

Gerhana Matahari Total terjadi ketika cakram Bulan sepenuhnya menutupi cakram Matahari, sehingga menciptakan kegelapan singkat di siang hari.

Menurut informasi dari Space, dalam kondisi tertentu, Bulan dapat tampak seukuran atau bahkan lebih besar dari Matahari.

Ketika fenomena ini berlangsung, langit akan gelap gulita, memberikan pengalaman siang hari yang unik dan mempesona.

Biasanya, Gerhana Matahari Total berlangsung setiap 18 bulan sekali dan bayangan Bulan, atau umbra, hanya menutupi sebagian kecil permukaan Bumi selama beberapa jam.

Baca juga: 8 Nama-Nama Planet Dalam Tata Surya Secara Lengkap

Bagaimana Dampak Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024?

Ada kekhawatiran atau mitos bahwa Gerhana Matahari Total bisa menyebabkan bumi gelap selama tiga hari. Namun, BMKG telah mengklarifikasi bahwa hal ini tidak akan terjadi.

Meski Gerhana Matahari Total pada tanggal 8 April 2024 akan membawa kegelapan, fenomena ini hanya berlangsung sementara dan hanya mempengaruhi wilayah tertentu.

Jalur gerhana ini akan melintasi beberapa bagian Amerika, termasuk Amerika Utara, pusat dan timur Amerika Serikat, Meksiko, dan bagian timur Kanada.

Di lokasi-lokasi yang dilewati jalur totalitas gerhana, kegelapan total hanya akan berlangsung selama beberapa menit, bukan berhari-hari.

Durasi dan Proses Gerhana

Durasi maksimum fase total gerhana diperkirakan akan berlangsung selama 4 menit 26 detik di beberapa kota yang dilewati jalur gerhana. Berikut adalah jadwal fase gerhana secara global:

– Gerhana sebagian dimulai: 15:42:15 UT
– Gerhana total dimulai: 16:38:52 UT
– Puncak Gerhana: 18:17:21 UT
– Gerhana total berakhir: 19:55:35 UT
– Gerhana sebagian berakhir: 20:52:19 UT

BMKG menegaskan bahwa  tentang bumi yang gelap selama tiga hari karena Gerhana Matahari Total tidaklah benar. Kegelapan yang terjadi hanya akan terasa pada saat gerhana berlangsung, dan itu pun hanya di wilayah-wilayah yang berada dalam jalur totalitas gerhana.

Dengan demikian, Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024 akan menjadi peristiwa langit yang menarik, tetapi tidak akan menyebabkan bumi gelap selama tiga hari. Ini adalah kesempatan langka dan mempesona yang ditunggu banyak pengamat langit di seluruh dunia.

Temukan Berita Menarik Lainnya Di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.