8 Nama-Nama Planet Dalam Tata Surya Secara Lengkap

oleh -0 Dilihat
Nama-Nama Planet
image: starwalk

Diskursusnetwork.com – Nama-Nama planet yang ada di tata surya saat ini hanya ada delapan. Sebelumnya, Pluto masih digolongkan sebagai planet, namun seiring berkembangnya penelitian membuat benda langit ini tidak memenuhi kriteria sebuah planet. Setiap planet bergerak untuk mengitari matahari sesuai dengan porosnya.

Benda-benda langit tersebut memiliki ukuran serta karakteristik yang berbeda-beda. Meskipun semuanya berputar, tetapi tidak akan terjadi tabrakan karena adanya gaya gravitasi.

Tarikan dari gaya tersebut membuat setiap planet akan terus berputar mengikuti orbitnya masing-masing. Penelitian tentang benda-benda langit khususnya planet masih terus dilakukan hingga saat ini.

Para astronom, fisikawan, maupun ilmuwan lain yang memiliki konsentrasi yang sama terus mencari tahu sifat-sifat dari benda langit tersebut. Misalnya, penelitian tentang Mars yang bisa dihuni manusia.

Nama-nama Planet Dalam Tata Surya

Bumi tempat manusia hidup dan menjalankan segala aktivitasnya adalah sebuah planet. Namun, planet ini bukanlah satu-satunya yang ada di tata surya, melainkan hanya salah satu dari jumlah keseluruhan yakni delapan. Untuk mengetahui informasi lengkap tentang setiap planet. perhatikan uraian berikut.

1. Merkurius

Merkurius
image: gramedia

Nama-nama planet pertama yang memiliki jarak paling dekat dengan matahari adalah merkurius. Planet ini memiliki diameter paling kecil diantara planet lain dengan berukuran 58,7 juta kilometer. Meskipun tergolong paling kecil, tetapi ukuran merkurius tetap lebih besar dari bulan.

Posisinya yang paling dekat dengan matahari membuat planet ini memiliki suhu yang tinggi, yaitu dapat mencapai 439℃. Oleh karena itu, gaya gravitasi merkurius sangat lemah yang menyebabkan atmosfer menjadi tipis serta udara yang ada di permukaannya menjadi menguap.

Akan tetapi, suhu planet ini akan turun dan menjadi sangat dingin pada malam hari. Dalam satu kali orbit, merkurius membutuhkan waktu sekitar 88 hari. Pada bagian permukaannya, planet ini memiliki banyak kawah berukuran besar yang disebabkan karena tabrakan meteorit.

baca juga: Nama-Nama Dinosaurus

2. Venus

Venus
image: kompas

Venus merupakan planet yang posisinya terdekat kedua dari matahari dengan jarak sekitar 108,9 juta km. Planet ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan bumi, yakni dengan diameter kurang lebih 12.104 km. Meskipun demikian, venus ini tidak memungkinkan untuk dihuni manusia.

Alasannya karena planet ini diselimuti oleh karbon dioksida yang membuat manusia menjadi sulit untuk bernapas. Tidak hanya itu, venus juga tertutup oleh awan yang terbentuk dari asam belerang yang dapat mematikan. Arah rotasi venus berlawanan dengan bumi dan pergerakannya sangat lambat.

Dalam satu kali rotasi, planet ini membutuhkan waktu sebanyak 243 hari lebih banyak dari bumi. Sementara itu, waktu yang dibutuhkan venus untuk bisa mengitari matahari satu kali penuh adalah 225 hari. Adapun suhunya hampir sama dengan merkurius, yaitu sekitar 463℃.

3. Bumi

Bumi
image: space

Bumi adalah Nama-nama planet yang paling familiar di telinga manusia. Hal ini disebabkan karena bumi merupakan planet tempat manusia, hewan, serta tumbuhan bisa hidup. Planet ini memiliki kadar oksigen yang cukup sehingga membuat setiap makhluk hidup dapat bernapas dengan baik.

Bumi diselimuti oleh gas yang dikenal sebagai atmosfer yang dapat memberikan udara serta mencegah planet untuk bertabrakan dengan meteor atau benda langit lainnya. Atmosfer ini tersebut terbuat dari kadar nitrogen sebesar 78%, oksigen 21%, dan zat lainnya sebanyak 1%.

Dalam satu kali orbit, bumi membutuhkan waktu 365 ¼ hari dan waktu rotasinya selama 24 jam. Jarak antara matahari dengan planet bumi yaitu sekitar 14,7 juta km. Oleh karena itu, matahari bisa memberikan kehangatan yang pas, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

4. Mars

Mars
image: grid

Planet mars merupakan planet urutan keempat terdekat dari matahari dengan jarak sekitar 250,67 juta km. Planet ini juga memiliki nama sebutan lain yaitu planet merah karena banyaknya debu yang melapisi permukaannya. Ukuran mars sekitar 6.779 km dengan suhu dapat mencapai 65℃.

Waktu orbit mars kurang lebih selama 786 hari dan waktu rotasi yang hampir sama dengan bumi yaitu 24,6 jam. Beberapa tahun terakhir, mars menjadi tujuan penelitian untuk memastikan apakah sebelumnya pernah ada kehidupan di planet ini atau tidak.

Hal ini menjadi pertanyaan karena pada permukaan mars terlihat dataran bekas pantai, jurang yang cukup dalam, serta alur bekas sungai yang sudah mengering.

Oleh karena itu penelitian tentang mars apakah bisa dan layak untuk dihuni oleh manusia seperti planet bumi masih terus dilakukan.

5. Jupiter

Jupiter
image: kompas

Nama-nama planet anggota tata surya yang dikenal memiliki ukuran paling besar adalah Jupiter. Planet ini memiliki jarak yang cukup jauh dengan matahari, yaitu sekitar 741,42 juta km. Diameter Jupiter diketahui lebih besar 3 kali lipat dari bumi, yaitu mencapai 142.000 km.

Planet ini memiliki waktu orbit yang cukup lama, yakni 12 tahun, tetapi waktu rotasinya justru jauh lebih singkat dengan hanya 9,8 jam saja. Jupiter juga memiliki satelit yang sangat banyak jika dibandingkan dengan beberapa planet lain, yaitu sebanyak 63.

6. Saturnus

Saturnus
image: kompas

Planet yang dianggap paling cantik dari yang lainnya adalah saturnus. Hal ini disebabkan karena satu-satunya planet di tata surya yang memiliki cincin yang melingkar. Cincin tersebut adalah kristal es yang memiliki ketebalan hingga 402 km.

Ukuran saturnus juga tergolong cukup besar yaitu dengan diameter 120.000 km. Sama halnya dengan Jupiter, planet bercincin ini juga memiliki banyak satelit sekitar 62. Adapun waktu orbit Saturnus membutuhkan waktu hingga 29,5 tahun dan waktu rotasi hanya 10 jam.

7. Uranus

Uranus
image: zilenial

Uranus dikenal sebagai Nama-nama planet yang dengan ukuran terbesar ketiga di tata surya setelah Jupiter dan saturnus. Diameter dari planet ini adalah 50,724 km. Sama halnya dengan saturnus, Uranus ternyata juga memiliki cincin tetapi ukurannya sangat tipis sehingga tidak terlalu terlihat jelas.

Uniknya. planet ini memiliki poros putar yang miring. Oleh karena suhu rata-rata di planet ini cukup rendah (sekitar -224℃), maka Uranus pun dijuluki sebagai planet es terbesar. Untuk bisa mengorbit mengelilingi matahari, planet ini membutuhkan waktu hingga 84 tahun lamanya.

Sementara itu, waktu rotasinya sekitar 17 jam 14 menit. Penyebab Uranus menjadi planet dingin adalah karena posisinya yang jauh dari matahari. Bahkan, sinar matahari membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam agar bisa mencapai planet ini.

8. Neptunus

Neptunus
image: grid

Planet yang terletak paling jauh dari matahari adalah Neptunus dengan jarak 4,5 miliar km. Diameter planet ini adalah 49,244 km. Neptunus diketahui memiliki waktu orbit mengeliling matahari selama 165 tahun dan waktu rotasi sekitar 15 jam 48 menit.

Planet merupakan benda langit yang terus bergerak untuk mengelilingi matahari. Benda langit ini ada yang bisa dihuni oleh makhluk hidup dan ada pula yang tidak. Karakteristik setiap planet menjadi faktor utama untuk mengetahui apakah dapat dihuni maupun tidak.

Hingga saat ini, Nama-nama planet bumi masih menjadi satu-satunya tempat makhluk hidup dapat hidup. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir mars terus diteliti oleh para ilmuwan karena ciri-cirinya hampir sama dengan bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.