4 Ruas Tol Dibuka Fungsional Hadapi Arus Mudik Idulfitri 2024

oleh -0 Dilihat
FOTO WEB 78
Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Segmen Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km.(Dok. Jasa Marga)

Jakarta – Jasa Marga mengumumkan pembukaan empat segmen jalan tol secara fungsional untuk mendukung kelancaran perjalanan pulang kampung selama Lebaran 2024. Keempat segmen tol tersebut disediakan tanpa tarif bagi para pemudik, meskipun fasilitas yang tersedia belum sekomplit jalan tol pada umumnya. Keputusan operasional segmen-segmen ini akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas, berdasarkan evaluasi kepolisian.

Salah satu segmen yang akan dioperasikan adalah jalan tol Solo-Yogyakarta, yang akan dibuka dari jam 06.00 hingga 17.00 selama periode 5-11 April untuk arus mudik, dan 12-15 April untuk arus balik, khusus untuk kendaraan golongan 1 seperti sedan dan pikap, namun tidak termasuk bus.

“Perluasan ruas fungsional tol Yogya-Solo tahun ini mencakup bagian Colomadu hingga Ngawen dengan panjang total 22,3 km, meningkat dari sebelumnya yang hanya mencapai 13 km dari Kartasura hingga Karanganom,” terang Lisye Octaviana, Kepala Corporate Communication & Community Development Group Jasa Marga, Selasa (26/03/2024).

Baca juga: Siapkan Kocek Bayar Tol Lebih Dalam Lebaran Nanti, Tarif Jakarta-Cikampek dan Jalan MBZ Bakal Naik

Juga, segmen Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan beroperasi sebagai rute alternatif untuk mengalihkan beban lalu lintas dari Tol Jakarta-Cikampek utama yang padat. Ini diharapkan dapat memperlancar distribusi lalu lintas khususnya bagi pemudik yang kembali dari Bandung menuju Jakarta. Selain itu, ada penambahan lajur di Tol Palikanci, di mana satu lajur baru akan ditambahkan sehingga totalnya menjadi tiga lajur.

Pembukaan dan penutupan lajur tambahan ini diberlakukan karena keterbatasan kapasitas parkir yang hanya dapat menampung 750 kendaraan kecil dan 85 kendaraan besar.

fungsional
Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Segmen Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km.(Dok. Jasa Marga)

Lajur baru di Tol Palikanci, yang berada di kilometer 208+150 sampai 210+190, menambah panjang total menjadi 2,04 km. Jasa Marga juga siap membuka akses tol fungsional lain jika diperlukan oleh kepolisian, termasuk pada tol Cipularang kilometer 99 dari arah Jakarta atau Bandung.

Daftar jalan tol fungsional yang disediakan untuk musim mudik Lebaran 2024 mencakup: segmentasi Solo-Yogyakarta di Colomadu-Ngawen sepanjang 22,3 km, Jakarta-Cikampek II Selatan di Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km untuk arus balik, penambahan lajur di Tol Palikanci dari dua menjadi tiga lajur di kilometer 208+150 sampai 210+190 sepanjang 2,04 km, serta akses fungsional di Tol Cipularang kilometer 99 untuk kedua arah. (DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.