Sampai Ratusan Juta, Inilah 5 SD di Jakarta dengan Biaya Pendidikan Termahal

oleh -0 Dilihat
Sampai Ratusan Juta, Inilah 5 SD di Jakarta dengan Biaya Pendidikan Termahal
SD di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal umumnya menerapkan kurikulum internasional atau kombinasi kurikulum internasional dengan kurikulum nasional.

Jakarta– SD di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal umumnya menerapkan kurikulum internasional atau kombinasi kurikulum internasional dengan kurikulum nasional. Selain itu, SD mewah dan kelas atas tersebut juga menerapkan sistem bilingual, umumnya sekolah internasional, dan fasilitas sangat lengkap.

Biaya yang dikeluarkan untuk bisa bersekolah di SD mahal bisa mencapai setengah miliar per tahun. Biaya yang sangat fantastis untuk sekolah dasar di Indonesia. Tidak hanya 1, terdapat 5 sekolah dasar di ibu kota yang masuk dalam daftar SD paling mahal. Simak daftar sekolah dasar termahal di Jakarta di sini.

1. Jakarta Intercultural School (JIS)
Jakarta Intercultural School (JIS) adalah salah satu SD termahal di Indonesia yang menghadirkan banyak fasilitas kelas atas untuk menunjang pendidikan anak. JIS merupakan sekolah internasional yang populer dan menerapkan Advanced Placement (AP) dan program diploma International Baccalaureate (IB).

Untuk bisa menyekolahkan anak di SD ini, biaya yang harus kamu siapkan adalah sebesar Rp 496,5 juta per tahun. Biaya tersebut merupakan biaya total yang terdiri dari uang masuk per tahun, uang pendaftaran, uang pengembangan sekolah per tahun, dan uang sekolah per tahun. Jumlahnya memang fenomenal.

Berikut adalah rincian total biaya per tahun sekolah di SD Jakarta Intercultural School (JIS).
• Uang masuk Rp 22 juta per tahun.
• Uang pendaftaran Rp 5 juta.
• Uang pengembangan sekolah Rp 54,6 juta per tahun.
• Uang sekolah Rp 419 juta per tahun.

Dengan biaya yang mahal tersebut, salah satu SD di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal ini dipastikan menyediakan fasilitas terbaik untuk pendidikan. Fasilitas yang tersedia diantaranya perpustakaan, ruang musik, laboratorium sains, kolam renang, lapangan tenis, studio seni, dan auditorium.

Untuk menunjang aktivitas pendidikan, SD JIS juga menyediakan aktivitas pendidikan seperti ujian IB dan AP, kelulusan, instrumen musik, International Sporting and Cultural Trips, LEAD Week, dll. Selain biaya di atas, kamu juga akan mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi sekolah yang mencapai Rp 72,8 juta.

2. Binus School Simprug
Binus School Simprug menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) dimana siswa di SD tersebut hanya bersekolah sampai kelas 5. Hal tersebut membuat sekolah tersebut cukup berbeda dari yang lain. Pihak sekolah mendukung para siswa untuk mendapatkan kreativitas tinggi dan pemikiran terbuka.

SD Binus School Simprug mewajibkan peserta didik untuk menyiapkan biaya keseluruhan dari masuk tingkat 1 sampai lulus sebesar Rp 684 juta. Total biaya tersebut didapatkan dari data 2021 dan kemungkinan lebih tinggi saat ini. Biaya tersebut terdiri dari uang pangkal Rp 144 juta dan biaya sekolah Rp 540 juta.

Biaya tersebut cukup tinggi untuk pendidikan sekolah dasar. Anak yang bersekolah di Binus School Simprug memiliki peluang menjadi siswa yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman skala internasional sehingga cakupannya lebih luas. Sebuah harapan yang tentu sangat menjanjikan saat ini.

3. Highscope
SD di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal selanjutnya adalah Highscope. Highscope mewajibkan kamu untuk menyediakan biaya pendidikan total sebesar Rp 78 juta. Biaya tersebut belum termasuk biaya tambahan. Rp 78 juta yang dikeluarkan sudah termasuk biaya total dari kelas 1 sampai kelas 6 (lulus).

Biaya sekolah untuk tingkat SD disamakan di semua tingkatan, tepatnya Rp 6,75 juta per bulan. Pengecualian diterapkan untuk kelas 6 SD dimana biayanya meningkat sedikit menjadi Rp 6,95 juta per bulan. Highscope membuka cabang di daerah lain dimana biayanya bisa berbeda tergantung daerah.

Untuk biaya tambahan yang perlu kamu siapkan adalah biaya formulir aplikasi sebesar Rp 2 juta. Biaya tersebut sudah termasuk wawancara orang tua dan observasi dengan psikolog. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk membayar Rp 5 juta untuk deposit. Apa saja yang didapatkan dengan biaya sebesar itu?

Highscope mengajarkan berbagai ilmu dasar, termasuk membaca, menulis, dan berhitung. Lebih lanjut, sekolah tersebut mengembangkan keterampilan pribadi, kepemimpinan, pribadi yang lebih kreatif, keterampilan manajemen, dan pengembangan inisiatif. Ada sistem multi age yang menarik di Highscope.

Sistem tersebut memungkinkan terdapat 2 kelas dalam 1 kelas yang belajar bersama. Inspirasi dan referensi utama dari sistem belajar di Highscope adalah sistem belajar di Amerika Serikat (sistem bilingual). Highscope menggunakan kurikulum Cambridge dan konten nasional yang coba dipadukan dengan baik.

4. ACG School Jakarta
ACG School Jakarta adalah SD di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal dimiliki oleh Academics Colleges Group, sebuah perusahaan pendidikan swasta yang berbasis di New Zealand (Selandia Baru). ACG memiliki banyak sekolah di Selandia Baru dan di Asia, termasuk di Indonesia, khususnya di Jakarta.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk bersekolah di ACG adalah Rp 235 juta sampai Rp 310 juta. Biaya pendidikan tersebut sudah termasuk biaya pembangunan sebesar Rp 37,6 juta, biaya transportasi Rp 19,3 juta, dan biaya ELS (English Language Support) yang dibayarkan setiap semester sebesar Rp 37 juta.

Sekolah dasar yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memiliki banyak fasilitas yang menunjang kenyamanan dan perkembangan pendidikan anak. Soal standar dan sertifikasi tentu sudah tidak perlu diragukan karena ACG termasuk nama besar dalam dunia pendidikan di Asia serta Oseania.

Siswa SD ACG School Jakarta akan mendapatkan fasilitas IB Primary Years Programme dengan kurikulum Cambridge International Examinations. Fasilitas lain yang akan didapatkan siswa diantaranya trek atletik, pusat teknologi, laboratorium, auditorium, dan fasilitas pendidikan terbaik lain sesuai dengan biayanya.

5. New Zealand Independent School (NZIS)
SD di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal terakhir dalam daftar ini adalah New Zealand Independent School (NZIS). NZIS menemani ACG sebagai sekolah berbasis Selandia Baru yang tidak hanya mewah, juga memiliki reputasi internasional. Siswa dan pengajarnya tidak hanya dari Indonesia.

Salah satu SD termahal di Jakarta ini menerapkan sistem perencanaan pembayaran yang beragam.
• Biaya per tahun (Annual Plan) dari kelas 1 SD sampai kelas 6 SD sebesar Rp 201,5 juta.
• Biaya setengah tahun (Hal-year Plan) dari kelas 1 SD sampai kelas 6 SD sebesar Rp 209,5 juta.
• Biaya jangka panjang (Termly Plan) dari kelas 1 SD sampai kelas 6 SD sebesar Rp 217,5 juta.

Pengajar di NZIS didominasi oleh Warga Negara Asing dimana pemakaian bahasa Inggris digunakan dalam aktivitas belajar mengajar. Tentu ada pelajaran bahasa Indonesia juga di sana. Salah satu program belajar yang menarik di sana adalah penekanan kerjasama dan integrasi siswa dengan siswa lain.

Sekolah yang berada di Kemang, Jakarta Selatan ini menerapkan kelas dengan kuantitas 20 murid saja dimana setiap kelas menyediakan 2 pengajar, 1 pengajar utama dan satu pengajar pendukung. NZIS juga menerapkan gaya belajar yang tidak terlalu kaku dan tidak hanya terpaku pada kegiatan akademik.

5 SD di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang berminat menyekolahkan anak di sana. Soal fasilitas dan kurikulum, semua sekolah mahal tersebut sudah pasti menyediakan yang terbaik. Biaya yang dikeluarkan dipastikan sejalan dengan kualitas dan prestise.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.