Mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan Wajah Baru 2024

oleh -0 Dilihat
Mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan Wajah Baru 2024
TMII terpajang kekayaan budaya dan adat Indonesia dalam berbagai bentuk, mulai dari aneka jenis flora, fauna, dan bahkan barang-barang bersejarah.

Jakarta-Buat kamu yang merupakan warga Jakarta dan sekitarnya, mungkin sudah cukup mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Namun jika kebetulan kamu tinggal di luar Jabodetabek atau bahkan luar provinsi dan sedang mencari destinasi bagus di Jakarta, maka TMII wajib dicoba.

Sebab disini, kamu akan mendapat sensasi seperti keliling Indonesia namun di satu lokasi yang sama. Ada rumah adat dari berbagai daerah, aneka museum, dan juga taman. Penasaran apa itu Taman Mini Indonesia Indah dan isinya? Yuk, cek di bawah termasuk harga tiketnya.

Mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Indonesia memiliki ribuan corak adat dan budaya yang tersebar di setiap sudutnya, mulai dari Sabang sampai Merauke. Di Taman mini TMII kamu akan melihat kekayaan budaya dan adat Indonesia dalam berbagai bentuk, mulai dari aneka jenis flora, fauna, dan bahkan barang-barang bersejarah.

Mari mulai mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari sejarahnya. Jadi, destinasi terpopuler di Indonesia ini lahir dari gagasan Siti Hartinah, atau yang lebih akrab dengan panggilan Ibu Tien Soeharto, yang merupakan istri Presiden Indonesia kedua yakni Jenderal Besar Purnawirawan Soeharto.

Gagasan tersebut pertama kali diutarakan oleh Ibu Tien dalam rapat Yayasan Harapan Kita di tanggal 13 Maret 1970. Singkat cerita, sejarah Taman Mini (TMII) mulai dibangun pada tahun 1972 di atas lahan seluas 150 hektar.

Meski terletak di kawasan Jakarta, namun topografi Taman Mini cenderung berbukit yang sesuai dengan keinginan dari sang perancang. Selanjutnya, TMII diresmikan pada 20 April 1975 oleh Presiden Soeharto, yang berarti di tahun 2024 ini umurnya sudah 49 tahun.

Pada tahun 2023 kemarin, Taman Mini melakukan perubahan yang cukup inovatif dan revolusioner dengan empat pilar, yaitu hijau, inklusif, smart, dan budaya. Pilar hijau membuat 70% area TMII menjadi eco park alias taman hijau yang minim emisi.

Inilah mengapa saat ini para pengunjung sudah tidak diperbolehkan lagi berkeliling Taman Mini dengan kendaraan bermotor seperti jaman dulu. Pengunjung bisa berkeliling dengan jalan kaki, sewa sepeda, naik kendaraan listrik yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, atau membawah motor / mobil listrik sendiri.

Museum Apa Saja yang Ada di Taman Mini Indonesia Indah Sayang untuk dilewatkan, ini dia daftar museum di Taman Mini untuk kamu pecinta destinasi bersejarah:

1. Museum Indonesia
Museum ini terdiri dari 3 lantai dengan konsep arsitektur Bali. Lantai 1 berisi pakaian adat, lanta 2 bertemakan lingkungan dan manusia, serta lantai 3 berisi seni dan kriya.

2. Museum Transportasi
Museum ini dibagi menjadi beberapa zona yang masing-masing menampilkan kendaraan laut, darat, dan udara. Ada banyak koleksi foto, miniatur, diorama, benda tiruan, dan bahkan versi aslinya.

3. Museum Perangko
Dibagi menjadi 2 bangunan, sisi kanan merupakan tempat pertemuan dan kantor pengelola, sedangkan sisi kiri berisi koleksi perangko Indonesia dan luar negeri.

4. Museum Olahraga
Museum ini ditambahkan pada HUT TMII ke-14, yang berisi sejarah olahraga hingga koleksi olimpiade dari berbagai tokoh.

5. Museum Pusaka
Jika ingin melihat langsung berbagai jenis senjata kuno sejak zaman nenek moyang, maka masuklah ke dalam Museum Pusaka, yang di dalamnya juga ada perpustakaan, ruang cinderamata, dan ruang bursa.

6. Museum Asmat
Mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak lengkap rasanya jika tidak masuk ke Museum Asmat yang khusus berisi kekayaan budaya suku Asmat. Dulunya, bentuk museum menyerupai model rumah Kariwari.

Namun kini sudah direnovasi menjadi 3 bangunan utama dengan 2 bangunan penghubung mirip rumah panggung yang bentuk masing-masing adalah segi delapan.

7. Museum Timor Timur
Masuk kesini akan membuat kamu melihat rumah penduduk Lospalos, yang berupa rumah panggung dengan bentuk egi empat dan atap menjulang ke atas. Dindingnya dari kayu dengan atap berlapis ijuk.

8. Museum Hakka
Disini kamu bisa melihat dan mempelajari sejarah Tionghoa di Indonesia. Ada 3 ruang pamer, yaitu Museum Hakka, Museum Tionghoa, dan Museum Yongding Hakka.

9. Museum Serangga dan Taman Kupu
Museum ini cocok menjadi edukasi termasuk untuk anak-anak, karena berisi sekitar 250 jenis kupu-kupu, 150 jenis serangga, dan 200 jenis kumbang.

10. Museum Komodo dan Taman Reptil
Bertemakan dunia satwa, museum ini memiliki 150 jenis reptil yang sudah diawetkan dan ditempatkan di dalam ruang-ruang kaca transparan.

Lokasi Taman Mini Indonesia Indah

Sejak pertama kali dibangun sampai saat ini, lokasi Taman Mini tidak pernah berubah, yaitu di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur. Jika kamu datang dari luar kota dengan kereta dan turun di Stasiun Gambir, maka jarak TMII sekitar 23,7 km via Tol Cililitan 2, atau sekitar 44 menit berkendara.

Daya Tarik Lain dari TMII

Agar lebih mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kamu bisa cek sejumlah daya tarik lain yang dimilikinya berikut ini:

1. Terdapat Miniatur Pulau-Pulau di Indonesia
Jika dilihat dari ketinggian, Taman Mini memiliki danau di bagian tengah dan di dalam danau ada miniatur kepulauan Indonesia. Lalu di sekeliling danau ada 26 anjungan dari berbagai provinsi yang masing-masing memiliki rumah adat lengkap dengan isinya, mulai dari benda-benda hingga pakaian tradisional.

2. Berbagai Teater
Sejumlah teater yang ada di TMII termasuk teater keong emas, teater 4D, teater IMAX, teater Nusantara, dan teater Tanah Airku.

3. Istana Boneka
Bangunan yang mirip seperti istana di dongeng Cinderella menjadi daya tarik utama dari Istana Boneka. Terdiri dari empat lantai, bangunan ini kerap mengadakan pertunjukan wayang dan permainan tradisional. Ada juga sejumlah wahana seperti:

• Mandi bola
• Kereta api kelinci
• Monorail
• Roda tamasya
• ATV motor
• Pesawat capung
• Kapal ayun

4. Sky World
Sky World merupakan edukasi wisata antariksa dalam bentuk taman rekreasi dengan tema aeronautika dan antariksa. Roket menjadi salah satu pajangan yang bisa kamu lihat di dalam Sky World.

5. Kereta Gantung
Ini dia wahana yang bisa membuat kamu lebih mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII) secara jelas dari ketinggian. Kamu menyaksikan miniatur kepulauan Indonesia, anjungan, dan pemandangan hijau lainnya. Setiap kereta bisa diisi maksimal 4 orang dengan tarif Rp50.000/orang.

6. Dunia Air Tawar
Tempat ini didominasi dengan akuarium berbagai bentuk dan ukuran yang menjadi sarana penelitian, rekreasi, pendidikan, atraksi, serta konservasi alam.

Dunia Air Tawar berada di sisi selatan TMII di tepi danau buatan, yang bersebelahan dengan Taman Bunga Keong Emas dan Museum Serangga. Bangunan dua lantai ini memiliki luas 5.500 m2 dengan nuansa warna hijau.

7. Taman Burung
Pasalnya, koleksi burung di sini menjadi yang paling lengkap di Indonesia lho. Total ada 175 jenis burung dari Indonesia bagian barat dan timur.

8. Taman Kuliner Nusantara
Last but not leats, ada Taman Kuliner Nusantara yang menyajikan ragam hidangan lezat dan menggugah selera.
Jika ingin mengenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII) secara nyata, maka bisa datang langsung ke alamat di atas ya. Jam operasionalnya dari 06.00-20.00 WIB setiap hari termasuk tanggal merah.

Harga tiketnya mulai dari Rp25.000/orang belum termasuk parkir dan naik wahana. Jika ingin masuk ke masing-masing museum, maka harus beli tiket lagi ya. Selamat berwisata!(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.