Sejarah Hari Valentine dan Tips Merayakannya

oleh -0 Dilihat
Sejarah Hari Valentine dan Tips Merayakannya
Hari valentine pertama kali dirayakan pada tahun 270 M dan dilakukan oleh Kaisar Claudius II Gothicus.

Jakarta- Sejarah hari valentine sudah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu, tapi topik ini selalu menarik untuk dibahas hingga sekarang. Sebab, hari valentine termasuk salah satu hari istimewa yang ditunggu-tunggu banyak orang, terutama anak muda yang ingin merayakannya bersama pasangan.

Hari Valentine atau hari istimewa yang diperingati setiap tanggal 14 Februari ini sebenarnya sudah ada sejak abad 270 M dan sampai sekarang masih sering dirayakan oleh anak-anak muda dengan saling bertukar hadiah. Namun, pernahkah Anda mendengar atau membaca sejarah lengkap terkait hari istimewa ini?

Sejarah Hari Valentine yang Menjadi Hari Penuh Kasih Sayang

Memasuki bulan Februari biasanya orang-orang langsung sibuk mencari kado atau hadiah yang akan diberikan kepada pasangannya masing-masing. Hal ini mereka lakukan untuk merayakan hari valentine yang menjadi hari penuh kasih sayang bersama dengan pasangannya.

Meski hari spesial hari valentine sudah sering dirayakan oleh banyak orang sejak puluhan tahun lalu, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada sebagian orang yang belum tahu sejarah awal hari valentine. Siapa pencipta hari valentine? Sejak kapan hari valentine dirayakan? Jawabannya ada di bawah ini:

1. Sejarah Hari Valentine 14 Februari di Abad 270 M
Hari valentine pertama kali dirayakan pada tahun 270 M dan dilakukan oleh Kaisar Claudius II Gothicus. Namun, sebenarnya sejak abad ke-8 dan ke-14 sudah ada banyak orang yang merayakan hari penting di tanggal 14 Februari, tapi hari penting itu belum dinamakan sebagai hari valentine.

14 Februari
Foto: Canva

Pada tanggal 14 Februari abad ke-8 perayaan Pesta Santo Valentine mulai diciptakan dan hari spesial itu sering dianggap sebagai hari kasih sayang. Setelah itu, pada abad ke-14 dan ke-15 orang-orang mulai memahami tentang arti cinta yang berkembang dengan asosiasi bernama burung sejoli.

Meski perayaan hari kasih sayang ini sudah dilakukan sejak abad ke-8, ke-14, dan ke-15, tapi sebenarnya perayaan valentine yang sebenarnya baru dilakukan pada saat Santo Valentine wafat di Terni, Italia pada abad 270 M. Sejak itulah orang-orang mengenal 14 Februari sebagai hari valentine.

Membahas tentang Santo Valentine, sebenarnya beliau adalah seorang imam dan pemimpin jemaat untuk agama Katolik yang ada di Roma, Italia. Orang-orang mengenal Santo Valentine sebagai pendeta yang sangat taat agama dan sering membantu jemaatnya yang sedang membutuhkan.

2. Siapa Itu Santo Valentine Pencipta Hari Valentine
Melanjutkan pembahasan sejarah hari valentine yang sering membuat banyak orang penasaran ini, kami juga akan membahas secara singkat terkait siapa itu Santo Valentine yang dikenal sebagai sosok pencetus hari valentine. Sebelumnya sudah kami sampaikan bahwa beliau seorang pendeta.

Santo Valentine tidak hanya dikenal sebagai seorang pendeta yang taat dengan agamanya saja, tapi beliau juga dikenal sering membantu jemaat Kristen di Italia yang ingin melarikan diri dari penjara Romawi. Penjara Romawi terkenal sangat kejam dan sadis.

Pada masa jabatan Kaisar Claudius II, warga laki-laki tidak diperbolehkan untuk menikah melainkan mereka diwajibkan untuk menjadi seorang tentara yang mampu melindungi negaranya tersebut. Tentu pada saat itu Santo Valentine langsung menentang perintah dari Kaisar Claudius II.

Santo Valentine merasa perintah itu tidak masuk akal dan akhirnya beliau memberanikan diri untuk melanggar keputusan yang telah ditetapkan oleh Kaisar Claudius II. Setelah membantu jemaat Kristen untuk melarikan diri dari penjara Romawi, akhirnya Santo Valentine diberi hukuman mati.

Uniknya, sebelum hukuman mati itu dilaksanakan, Santo Valentine sempat memberikan beberapa frasa yang berbunyi from your valentine. Sejak saat itu, tanggal 14 Februari mulai dijadikan sebagai hari valentine atau hari cinta.

3. Sejarah Lambang Hari Valentine
Setelah membahas tentang sejarah mengenai hari valentine tersebut, Anda juga pasti sudah sering melihat lambang hari valentine yang bergambar malaikat cinta. Lambang hari valentine ini juga memiliki sejarah singkat yang selalu menarik untuk dibahas.

Sejarah Lambang
Foto: Canva

Sama halnya seperti sejarah hari valentine yang menyimpan banyak makna di dalamnya, sejarah lambang hari valentine ini juga menyimpan makna yang cukup menarik. Seperti yang banyak orang tahu, malaikat cinta atau cupid sering dianggap sebagai dewi cinta yang cantik.

Parasnya yang cantik, busurnya yang indah, dan anak panahnya yang mampu menusuk hati banyak orang ini dipercaya sebagai mantra cinta yang tepat. Maka dari itu, hari valentine yang dianggap sebagai hari penuh cinta sering dilambangkan dengan malaikat cinta (cupid) yang maknanya sama.

Tips Merayakan Hari Valentine Bersama Pasangan

Bukan hanya sejarah hari valentine saja yang sering membuat banyak orang penasaran, tapi tips merayakan hari istimewa ini juga sering menjadi topik pembicaraan bagi banyak orang, apalagi jika sudah memasuki bulan Februari.

Hari valentine tidak hanya bisa dirayakan dengan saling bertukar hadiah saja, tapi ada beberapa jenis kegiatan menyenangkan lainnya juga yang bisa dijadikan sebagai momen perayaan hari valentine bersama pasangan, yaitu:

1. Menghabiskan Waktu Bersama Pasangan
Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk merayakan hari valentine bersama pasangan adalah dengan menghabiskan waktu bersama pasangan pada tanggal 14 Februari tersebut. Jika dibandingkan dengan hadiah, biasanya orang-orang lebih suka menghabiskan waktu bersama orang tersayangnya.

Nantinya, Anda dan pasangan Anda bisa mencari aktivitas-aktivitas menyenangkan seperti menonton film, makan di restoran mewah, dan aktivitas lainnya untuk dilakukan secara bersama-sama. Dengan begitu, momen bahagia itu dapat selalu diingat hingga hari tua nanti.

2. Saling Bertukar Kado/Hadiah
Cara merayakan hari valentine yang paling sering dipilih oleh sebagian orang adalah dengan saling bertukar kado atau hadiah. Jenis hadiah yang paling sering diberikan pada hari istimewa ini adalah coklat. Sebab, rasa manis dari coklat dapat menggambarkan keindahan dari sebuah kasih sayang.

Karena hari valentine bisa dianggap sebagai hari penuh kasih sayang, jadi Anda harus mencari hadiah yang sesuai dengan temanya tersebut. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menanyakan langsung kepada pasangan Anda, apa hadiah yang ingin mereka dapatkan pada hari valentine.

3. Saling Mengucapkan Perasaan Masing-Masing
Selama berhubungan dengan seseorang tentu ada banyak perasaan yang bergejolak di dalam hati kita. Namun, tak jarang perasaan ini hanya bisa kita pendam, karena Anda merasa malu untuk mengungkapkannya ke pasangan.

pasangan.
Foto: Valentine

Manfaatkan hari istimewa yang jatuh pada tanggal 14 Februari ini untuk menyampaikan rasa terima kasih, rasa sayang, rasa cinta, dan perasaan-perasaan positif lainnya kepada pasangan Anda. Tentu momen berbagi perasaan ini dapat membuat setiap pasangan merasa bahagia.

Sebab, mereka akan mendengar langsung betapa cintanya dan betapa sayangnya pasangan mereka selama ini. Dengan begitu, hubungan Anda dan pasangan bisa selalu hangat hingga beberapa tahun ke depan.

Sejarah hari valentine sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, karena hari istimewa ini sudah dirayakan sejak abad 270 M. Jadi, jangan salah mengira bahwa hari valentine baru ada sejak tahun 90-an, karena hari istimewa ini memiliki sejarah yang cukup panjang. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.