ABK di Afrika Selatan Sudah Melakukan Pencoblosan

oleh -0 Dilihat
ABK
Anak buah kapal di Afrika Selatan sedang melakukan pemungutan suara (KJRI Cape Town)

Cape Town, Afrika Selatan – Komisi Pemilihan Umum Daerah Cape Town Luar Negeri (PPLN) melakukan pemungutan suara terhadap masyarakat Indonesia di luar negeri khususnya bagi anak buah kapal (ABK) untuk memilih calon presiden dan wakil presiden serta anggota DPR RI dari daerah pemilihan luar negeri pada Minggu 4 Februari 2024. Terkait hal tersebut, terdapat 36 anggota kelompok di Cape Town yang masuk dalam daftar pemilih tetap pada pemilu 2024.

Hari pemungutan suara diputuskan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan usulan PPLN dengan mempertimbangkan kondisi luar ruangan dan hari libur ABK Indonesia. Platform pemungutan suara Mobile Lot Box (KSK) digunakan di Pelabuhan Cape Town untuk memfasilitasi pemungutan suara bagi awak kapal WNI. Sementara itu, banyak awak kapal lainnya yang memberikan suaranya di Indonesia Seafarer Corner (ISC) yang masih berada di sekitar Pelabuhan Cape Town.

Pertama kali didirikan pada tahun 2018 dan dikelola oleh KJRI Cape Town, ISC merupakan perlindungan pemerintah Indonesia terhadap pelaut Indonesia. ISC adalah tempat dimana anggota tim Indonesia dapat bertemu, berjejaring, memperkuat dan meningkatkan keterampilan mereka.

Baca juga: Temukan Indikasi Kecurangan Pemilu di Malaysia, TKN Minta KPU-Bawaslu Turun Tangan

Proses pengambilan surat berjalan lancar dan tertib, dan para ABK WNI mengungkapkan kegembiraannya karena tetap dapat menggunakan hak pilihnya selama berada di luar negeri dan hal itu dilakukan sesaat sebelum berlayar kembali.

Anggota tim Indonesia yang baru tiba di wilayah kerja KJRI Cape Town diimbau untuk datang dan menunjukkan surat trans untuk memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Luar Negeri KJRI Cape Town. 10 Februari 2024 atau tanggal pemungutan suara. WNI ABK yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap negara dapat memproses surat pindah pemilihnya di TPS 001 Cape Town dan akan ditambahkan ke Daftar Pemilih Tambahan Cape Town. Mereka dapat memilih 2 jam sebelum TPS tutup jika masih ada sisa surat suara.

Penghitungan hasil pemilu dilakukan pada tanggal 14 Februari 2024, dan seluruh perolehan suara yang melalui Posti, KSK, dan TPS LN dirangkum pada tanggal 15 Februari 2024.​

Sumber: KJRI Cape Town

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.