10 Daftar Daerah Penghasil Sapi Terbanyak di Indonesia, Adakah Daerahmu?

oleh -0 Dilihat
10 Daftar Daerah Penghasil Sapi Terbanyak di Indonesia
Pasokan sapi lokal hanya mampu memenuhi kebutuhan daging sapi rakyat sebanyak 60%, kemudian sekitar 40% berasal dari impor.

Jakarta- Sudah tahu belum daerah penghasil sapi terbanyak di Indonesia? Di antaranya meliputi Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi. Setidaknya sumber pasokan daging sapi yang dihasilkan dari tiap daerah bisa berasal dari sapi peternakan rakyat, daging beku, dan peternakan sapi pemerintah.

Walaupun sudah banyak daerah penghasil sapi di Indonesia, tetap saja belum mampu memenuhi supply daging yang dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat. Hingga saat ini pasokan sapi lokal hanya mampu memenuhi kebutuhan daging sapi rakyat sebanyak 60%, kemudian sekitar 40% berasal dari impor.

Berdasarkan Data Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2020 menunjukkan, konsumsi daging sapi di Indonesia sudah mencapai angka 717.150 ton per tahun. Beberapa daerah di Indonesia kali ini ikut berperan dalam menyumbang kebutuhan konsumsi daging sapi lokal yang dibutuhkan masyarakat. Berikut ini daerah penghasil sapi terbanyak di Indonesia.

1. Jawa Timur
Pada posisi pertama, daerah penghasil ternak sapi terbanyak di Indonesia berasal dari Provinsi Jawa Timur. Provinsi Jawa Timur memiliki populasi sapi potong mencapai 4,94 juta ekor setara dengan persentase 27,36% dari populasi sapi potong yang ada di seluruh kawasan Indonesia.

Jawa Timur
Foto: Canva

Tepatnya tahun 2019-2020, populasi sapi mencapai 4.705.067 ekor dan mengalami peningkatan menjadi 4.823.970 ekor. Jumlah populasi sapi di Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan tiap tahunnya, di mana tahun 2021 melonjak menjadi 4.938.874 ekor. Cukup fantastis, bukan?

Kebanyakan populasi ternak yang dihasilkan berasal dari sapi peternakan rakyat, peternakan milik pemerintah, dan peternakan swasta. Beberapa daerah penghasil sapi di Provinsi Jawa Timur yang memiliki ternak sapi terbanyak meliputi Tulungagung, Surabaya, Sidoarjo, dan Sumenep Madura.

2. Jawa Tengah
Daerah penghasil ternak sapi paling banyak di Indonesia kedua ditempati Provinsi Jawa Tengah. Jika ditinjau dari Data Badan Pusat Statistik (BPS), total populasi sapi Jawa Tengah sudah berhasil mencapai angka 1.863.327 ekor, kemudian naik menjadi 1.786.932 ekor tahun 2021 kemarin.

Jawa Tengah
Foto: Canva

Populasi sapi sebanyak itu tersebar merata di seluruh kabupaten atau kota di Jawa Tengah seperti Blora, Grobogan, Rembang, dan Wonogiri. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memang terus menargetkan bahwa populasi sapi dan jenis ternak lainnya perlu ditingkatkan secara optimal.

3. Sulawesi Selatan
Dimana lagi daerah penghasil sapi terbanyak di Indonesia? Daerah-daerah di Provinsi Sulawesi Selatan ternyata banyak yang memiliki populasi sapi. Sekitar tahun 2019 lalu, populasi sapi di Sulsel sudah mencapai angka 1.369.890 ekor khusus sapi potong penghasil daging berkualitas.

Sulawesi Selatan
Foto: Canva

Pada tahun 2020, jumlah populasi sapi Sulawesi Selatan mengalami peningkatan kembali hingga angka 1.461.457 ekor. Komoditas unggulan sapi paling banyak ditemukan di Kabupaten Luwu Timur, Kota Pare-Pare, Makassar, dan beberapa daerah lainnya penghasil sapi perah terbaik.

4. Nusa Tenggara Barat (NTB)
Mungkin banyak yang belum mengetahui Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memang terkenal sebagai daerah penghasil sapi terbanyak di Indonesia. Sekitar tahun 2019, populasi sapi NTB sudah mencapai angka 1.234.640 ekor kemudian terus mengalami peningkatan tahu berikutnya.

Nusa Tenggara Barat (NTB)
Foto: Canva

Tahun 2020 populasi sapinya meningkat menjadi 1.285.746 ekor, lalu mengalami kenaikan lagi tahun 2021 menjadi 1.336.324 ekor. Berdasarkan peta wilayah penyebaran, sekitar 48% ternak sapi dihasilkan dari daerah Pulau Lombok, sedangkan 52% berada disekitar Pulau Sumbawa.

5. Nusa Tenggara Timur (NTT)
Populasi sapi perah di Indonesia memang tidak terlalu tinggi dibandingkan Negara lain, namun populasi sapi potongnya cukup berkualitas. Beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) mampu memproduksi sapi potong guna membantu memenuhi kebutuhan konsumsi daging lokal.

Nusa Tenggara Timur (NTT)
Foto: Canva

Berdasarkan BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2019, populasi sapi NTT mencapai 1.087.761 ekor dan naik menjadi 1.176.317 tahun 2020. Kabupaten Timor Tengah Selatan disinyalir menjadi salah satu kabupaten di NTB yang menghasilkan populasi ternak sapi terbanyak.

6. Sumatera Utara
Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu produsen sapi lokal terbanyak di Indonesia. Nah, berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) populasi sapi Sumut mencapai 872.411 ekor. Tahun 2021 lalu, populasi sapi lokal Sumut sudah tercatat sebanyak 927.711 ekor.

NTT
Foto: Canva

Beberapa daerah di Provinsi Sumatera Utara yang mampu menghasilkan sapi potong terbanyak meliputi Deli Serdang, Medan, Simalungun, Asahan, dan lainnya. Kebanyakan daging sapi yang dihasilkan dari Sumatera Utara memiliki kualitas baik atau mendekati grade B.

7. Lampung
Lampung merupakan daerah penghasil sapi terbanyak di Indonesia menempati posisi ke-7. Di Provinsi Lampung sudah ada sekitar 850.555 ekor sapi pada tahun 2019. Tidak kalah dengan daerah lainnya, jumlah populasi sapi di Indonesia terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Sekitar tahun 2021, jumlah populasi sapi di Lampung sudah mencapai angka 860.951 ekor. Tentu populasi sapi tersebar di beberapa titik daerah meliputi Tanggamus, Lampung Barat, Pringsewu, Pesisir Barat, Metro, Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan lainnya.

Lampung
Foto: Canva

Ada beberapa alasan yang membuat peternakan sapi di Provinsi Lampung meningkat seperti masyarakat suka beternak sapi, lokasi strategis, dan banyak ditemukan lumbung pakan. Sapi bisa tumbuh sehat dengan memakan limbah hasil pertanian misal bungkil sawit, kulit kopi, dan lainnya.

8. Bali
Seperti yang banyak diketahui, masyarakat Bali menganut agama Hindu yang berarti tidak bisa mengonsumsi daging sapi. Hal inilah yang membuat Provinsi Bali dinobatkan menjadi penghasil sapi di Indonesia dengan populasi terbanyak menduduki posisi ke-8.

Bali
Foto: Canva

Pada tahun 2019 lalu, populasi sapi di Provinsi Bali mencapai angka 544.955 ekor. Jumlah ternak sapi terus meningkat tiap tahunnya hingga mendekati angka 594.379 ekor. Berdasarkan Statistik Peternakan, Buleleng menjadi kawasan yang menyumbang populasi sapi potong terbanyak.

9. Aceh
Daerah penghasil sapi terbanyak di Indonesia ke-9 ditempati oleh Provinsi Aceh. Kamu bisa menemukan data populasi sapi hingga mencapai angka 403.031 ekor tahun 2019. Pada tahun 2021 kemarin, populasi sapinya kembali meningkat sekitar 452.284 ekor.

Aceh
Foto: Canva

Tentunya ada beberapa alasan yang membuat populasi sapi di Aceh kian berkembang. Salah satu contohnya di kawasan Kabupaten Aceh Jaya, dimana warganya memanfaatkan kearifan lokal jerami kering dengan sentuhan teknologi untuk membuat kebutuhan pakan sapi selalu terpenuhi.

10. Sulawesi Tengah
Selain Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tengah (Sulteng) memiliki sejumlah kawasan yang menghasilkan ternak sapi terbanyak. Tahun 2019, populasi sapi Sulteng sudah mencapai 369.224 ekor dan naik menjadi 402.191 ekor tahun 2020. Lalu bagaimana pada tahun 2021?

Sulawesi Tengah
Foto: Canva

Sekitar 2 tahun lalu, populasi sapi Sulteng kembali meningkat hingga 434.070 ekor. Daerah mana yang sering menghasilkan sapi terbanyak di Sulteng? Berdasarkan peta persebaran, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Banggai menyumbang sapi potong terbanyak di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kabupaten Banggai menghasilkan sapi potong sekitar 124.872 ekor tahun 2022, sehingga lebih tinggi daripada Kabupaten lainnya. Urutan kedua ditempati Kabupaten Sigi yang menyumbang populasi sapi terbanyak di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sudah tahu kan daerah penghasil sapi terbanyak di Indonesia? Memang ada beberapa alasan yang membuat peternakan sapi di beberapa daerah terus mengalami perkembangan. Entah berkaitan dengan lokasi strategis, pakan berkualitas, dan sentuhan teknologi yang diterapkan dalam pemeliharaannya. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.