Capres Dengan Jumlah Followers Terbanyak di Media Sosial

oleh -0 Dilihat
Capres Dengan Jumlah Followers Terbanyak di Media Sosial
Ilustrasi Media Sosial

Jakarta- Capres dengan jumlah followers terbanyak di media sosial memang akan memberikan pengaruh atas dukungan yang diterimanya. Apalagi saat ini bisa dikatakan hampir semua orang menggunakan media sosial dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Seperti juga yang terjadi di Amerika Serikat, Barack Obama dan Donald Trump menggunakan media sosial untuk berkampanye. Dengan dukungan pengikut atau followers yang jumlahnya banyak tersebut, kesempatan mereka dalam mendapatkan suara tentunya juga lebih besar.

Itu sebabnya para politisi memiliki berbagai akun media sosial yang mereka gunakan untuk menyebarkan informasi sekaligus berkampanye. Meski mungkin awalnya karena untuk mengikuti tren, namun akhirnya disadari bahwa media sosial mempunyai peranan penting dalam karir politik mereka, apalagi jika banyak followers.

Capres dengan Jumlah Followers Terbanyak di Medsos

Ilustrasi Media Sosial
Ilustrasi Media Sosial

Ada banyak platform media sosial yang sebenarnya bisa digunakan, namun beberapa di antaranya memang menjadi favorit banyak orang, termasuk para calon presiden dan calon wakil presiden. Di Indonesia, para Capres dan Cawapres juga memiliki akun di media sosial.

Platform media sosial yang paling favorit adalah Instagram, Facebook, TikTok, dan X (dulu bernama Twitter). Selain itu juga media komunikasi seperti WhatsApp dan Telegram. Sering kali, tim sukses mereka juga memanfaatkan platform YouTube untuk memberikan informasi.

Berikut adalah daftar jumlah followers yang dimiliki oleh para Capres dan Cawapres yang saat ini sedang maju untuk Pemilihan Umum 2024 mendatang.

1. Anies Rasyid Baswedan

Anies Rasyid Baswedan
Foto: Instagram @aniesbaswedan

Mendapatkan nomor urut 1 dalam Pemilu 2024 mendatang, Anies memiliki pengikut atau followers yang jumlahnya lumayan banyak di berbagai platform media sosial, yaitu:

• Facebook @aniesbaswedan memiliki 2 juta followers dan mengikuti 3 akun lainnya
• Instagram @aniesbaswedan memiliki 6,5 juta followers. Dalam akun pribadinya ini, Anies telah memposting 5097 kali dan hanya mengikuti 193 akun lainnya.
• TikTok @aniesbaswedan memiliki hampir 950 ribu followers, dan telah mendapatkan 8,7 juta “likes”
• X @aniesbaswedan memiliki 5 juta followers dan mengikuti 385 akun lainnya.
• YouTube @aniesbaswedan memiliki 568 ribu subscribers dan telah mempositing sekitar 1.700 video

2. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto
Foto: Instagram @prabowo

Capres dengan jumlah followers terbanyak di medsos dengan nomor urut 2 ini ternyata juga lumayan banyak pengikutnya di media sosial. Berikut adalah perinciannya:

• Facebook @prabowosubianto memiliki 10 juta followers dan mengikuti 3 akun lainnya.
• Instagram @prabowo: memiliki 7,3 juta followers namun hanya mengikuti 1 akun saja. Sejauh ini Prabowo telah memposting 1.155 kali.
• Instagram @prabowomenhan memiliki 75,2 ribu followers, mengikuti 4 akun, dan telah memposting sebanyak 352 kali.
• TikTok @prabowosubiantopersatuan memiliki 4.255 followers, mengikuti 24 akun lainnya, dan mendapatkan sekitar 43,1 ribu “likes”
• X @prabowo memiliki 4,7 juta followers dan mengikuti 1.936 akun lainnya
• YouTube @djojohadikusumo memiliki 31 ribu subscribers dan telah memposting 177 video.

3. Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo
Foto: Instagram @ganjarpranowo

Mendapatkan nomor urut 3, Ganjar sebagai capres dengan jumlah followers terbanyak di medsos juga tidak kalah jumlah pengikutnya. Seperti yang dapat dilihat berikut ini dari akun pribadinya:

• Facebook @Ganjar Pranowo memiliki 2,3 juta followers dan hanya mengikuti 1 akun lainnya
• Instagram @ganjar_pranowo: jumlah followers sebanyak 6,4 juta namun hanya mengikuti 4 akun lainnya. Namun sudah melakukan posting sebanyak 7.805 kali.
• TikTok @ganjar pranowo memiliki 7,3 juta followers, mengikuti 17 akun, dan telah mendapatkan 188 juta “likes”
• X @ganjarpranowo memiliki 3,5 juta followers dan mengikuti 3.607 akun lainnya
• YouTube @GanjarPranowoOfficial memiliki 2,31 juta subscribers dan telah memposting 2300 video

Cawapres dan Followers di Media Sosial

Capres dengan jumlah pengikut terbanyak di medsos ternyata juga diikuti jejaknya oleh para Calon Wakil Presiden mereka. Seperti yang disebutkan dalam daftar berikut ini:

1. Abdul Muhaimin Iskandar

Abdul Muhaimin Iskandar
Foto: Instagram @cakiminow

Mendampingi Capres nomor urut 1 yaitu Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar yang kerap dipanggil Cak Imin juga memiliki beberapa akun media sosial, yaitu:

• Facebook A Muhaimin Iskandar memiliki 1,1 juta pengikut dan mengikuti 29 akun lainnya.
• Instagram @cakiminow: memiliki 2,4 juta followers, mengikuti 5.040 akun lainnya dan telah melakukan posting sebanyak 5.610 kali.
• TikTok @amuhaiminiskandar memiliki 145,5 ribu pengikut, mengikuti 52 akun lainnya dan telah mendapatkan 2 juta “Likes”
• X @cakimiNOW memiliki 328,4 ribu pengikut dan mengikuti 985 akun lainnya
• YouTube @cakiminow memiliki sekitar 74,6 ribu subscribers dan memposting 218 video

2. Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka
Foto: Instagram

Sebagai Calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto, Gibran sebagai anak muda tentulah menggunakan media sosial secara cukup aktif. Berikut adalah daftarnya:

• Facebook @Gibran Rakabuming memiliki 177 ribu pengikut dan mengikuti 2 akun lainnya
• Instagram @gibran_rakabuming memiliki 1,6 juta pengikut, hanya mengikuti 1 akun lainnya, dan telah melakukan posting sebanyak 4.827 kali.
• TikTok @gibran_rakabuming memiliki 567 ribu pengikut dan hanya mengikuti 1 akun lainnya. Namun jumlah “Likes” yang diperolehnya sudah mencapai hingga 5,3 juta
• X @gibran_tweet memiliki 1,2 juta pengikut dan juga hanya mengikuti 1 akun lainnya
• YouTube @GibranTV telah memiliki 29,4 ribu subscribers dan telah memposting 465 video

3. Mahfud MD

Mahfud MD
Foto: Instagram @mohmahfudmd

Mendampingi Ganjar Pranowo sebagai Cawapres, Mahfud MD juga memiliki berbagai akun di beberapa platform media sosial, yaitu:

• Facebook @Mahfud MD memiliki 112 ribu pengikut dan mengikuti 124 akun lainnya
• Instagram @mohmahfudmd memiliki 1,3 juta pengikut, mengikuti 49 akun lainnya, dan telah melakukan 1.435 kali posting.
• TikTok @mohmahfudmd mempunyai 1256 pengikut dan tidak mengikuti akun lainnya. Namun akun ini masih kosong, tidak ada konten yang pernah diposting.
• X @mohmahfudmd memiliki 4,4 juta pengikut dan mengikuti 646 akun lainnya
• YouTube @mahfudmd571 memiliki 269 ribu subscribers dan telah memposting 20 video

Kesimpulan
Setelah melihat daftar lengkap di atas, maka dapat disimpulkan bahwa capres dengan jumlah pengikut terbanyak di medsos memiliki urutan sebagai berikut:

1. Prabowo Subianto
Capres yang masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI saat ini memang menduduki urutan pertama dalam hal jumlah pengikut. Seperti dilihat pada daftar di atas, pengikutnya memang banyak di berbagai platform media sosial yang dimilikinya. Khususnya Facebook dan Instagram.

2. Ganjar Pranowo
Urutan kedua followers terbanyak ditempati oleh Ganjar Pranowo. Karena pengikutnya di Instagram, Facebook dan khususnya TikTok memang tinggi. Apalagi TikTok yang mencapai hingga 7,3 juta followers.

3. Anies Baswedan
Terakhir adalah Anies Baswedan yang pengikutnya banyak di platform Instagram, X, dan Facebook. Mantan Gubernur DKI ini memang memiliki basis pengikut yang lumayan banyak dan cukup aktif dalam menggunakan media sosial.

Sementara itu, para Calon Wakil Presiden juga memiliki para pengikut mereka sendiri di berbagai platform media sosial. Sehingga mereka juga bisa mendukung lajunya proses kampanye dan pemungutan suara nantinya pada Pemilu 2024 mendatang.

Capres dengan jumlah followers terbanyak di medsos ternyata ditempati oleh Prabowo Subianto. Meski begitu, capres lainnya juga cukup banyak pengikutnya di media sosial. Termasuk para Cawapres yang juga memiliki followers di berbagai akun media sosial.

Pentingnya media sosial memang sudah disadari oleh para politisi sehingga dimanfaatkan juga untuk keperluan kampanye atau aktualisasi kinerja. Memiliki banyak pengikut memang akan lebih memudahkan dalam membagikan informasi kepada masyarakat. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.