Mengenal Magang Merdeka, Syarat, Ketentuan dan Cara Daftarnya

oleh -0 Dilihat
Mengenal Magang Merdeka, Syarat, Ketentuan dan Cara Daftarnya
Magang merdeka merupakan program populer dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Jakarta- Magang merdeka merupakan program populer dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Sesuai namanya, program ini dikhususkan untuk mahasiswa yang telah memenuhi kriteria tertentu.Tujuan program magang merdeka ini tidak lain agar skill dan pengalaman kerja setiap mahasiswa di berbagai industri dapat terasah dengan baik. Akhirnya, program ini menjadi solusi agar mahasiswa dapat bersaing dengan baik di dunia kerja yang kelak akan dihadapi.

Mengenal Magang Merdeka

Dari adanya program magang merdeka ini, setiap mahasiswa mendapat pelajaran dan skill secara real di setiap perusahaan yang dipilih. Setiap mahasiswa juga ikut terlibat dalam setiap proyek kerja yang ada pada perusahaan tempat magang.

Biasanya, magang merdeka ini dilakukan satu hingga dua semester sesuai keinginan mahasiswa. Periode magang ini dianggap sudah cukup agar mahasiswa mendapat pengalaman kerja yang profesional dan sesuai kapasitasnya.

Minat mahasiswa akan program magang merdeka juga terus bertambah seiring dengan pengalaman dan skill yang didapat setiap peserta. Ada berbagai perusahaan yang telah bekerja sama dengan program kerja ini.

Bahkan hingga sekarang, jumlah perusahaan yang bekerja sama dengan program magang merdeka juga terus bertambah. Jadi, lebih fleksibel bagi mahasiswa untuk menentukan mana perusahaan yang sesuai dengan minatnya.

Syarat Daftar Magang Merdeka Terbaru

Syarat Mahasiswa
Foto; Canva

Kamu mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program magang merdeka? Bagi yang tertarik, setidaknya ada dua tipe syarat yang perlu dipenuhi sebelum melakukan pendaftaran magang.

Dua tipe yang dimaksud adalah syarat yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa dan dokumen yang harus disiapkan. Untuk informasi lebih lanjut, simak syarat daftar magang kampus merdeka berikut ini :

Syarat Mahasiswa

1. Mahasiswa segala jurusan

Syarat pertama, peserta Magang Merdeka merupakan mahasiswa dari segala jurusan di Indonesia. Tentunya, mahasiswanya berasal dari level akreditasi kampus manapun di Indonesia yang sudah bekerjasama.

Tapi, karena program ini dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, maka mahasiswa yang boleh jadi peserta hanya dari kampus naungan Kemenristekdikti saja.

Bagi mahasiswa yang bukan dari Kemenristekdikti, seperti UIN, STAIN dan IAIN, boleh apply magang di secara mandiri. Kamu dapat mencari di website magang terbaru yang ada di internet.

2. Mahasiswa aktif di semester tertentu

Peserta magang juga diberi batas minimal semester yang boleh mengikuti program ini. Diantaranya, mahasiswa aktif D2 yang minimal sudah menjalani 3 semester. Atau mahasiswa aktif D3 setidaknya sudah semester 4.

Bagi mahasiswa aktif D4 dan S1 yang ingin ikut Magang Merdeka juga harus minimal semester 5. Bagi mahasiswa tingkat akhir yang juga bisa mengikuti program magang ini.

Tentunya sangat diuntungkan karena dapat menambah wawasan, ilmu dan skill yang kamu miliki. Kendati demikian, pastikan sementara waktu ingin menunda proses yudisium ketika masa magang berlangsung.

3. Terdata di PDDikti

Selanjutnya, pastikan kamu sudah terdata secara resmi di PDDikti. Agar tahu terdaftar atau belum, langsung saja cek di laman resmi PDDikti.

Untuk mengecek data di sini sangat mudah karena tinggal memasukkan nama lengkap masing-masing saja. Selanjutnya, inputkan juga program studi hingga universitas di kolom pencarian.

Syarat Dokumen Magang Merdeka

Syarat magang
Foto: Canva

1. CV atau curriculum vitae
2. Surat rekomendasi universitas
3. Transkrip nilai
4. Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)
5. Foto dan scan KTP
6. Sertifikat pengalaman organisasi selama kuliah

Dokumen sertifikat yang diperlukan dalam Magang Merdeka 2024 ini bersifat opsional. Artinya, kamu dapat melampirkan sertifikat atau tidak sesuai keinginan. Bagi yang ingin melampirkan sertifikat kegiatan, gabungkan seluruh sertifikat dalam format PDF.

Pastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan tertata dengan rapi. Jangan sampai ada yang tertinggal karena bisa mengurangi potensinya untuk diterima di program magang ini.
Ketentuan Para Peserta Magang Merdeka Yang Harus Diketahui

Tak hanya memperhatikan syarat peserta dan dokumen saja, kamu juga harus paham dengan ketentuannya. Ada beberapa ketentuan tambahan yang disiapkan bagi calon peserta magang.

Dilansir dari website resmi magang ini, berikut ketentuan tambahan para peserta magang :

1. Mahasiswa yang turut ikut program magang harus siap mengikuti program secara full time. Juga harus memiliki komitmen untuk melaksanakan berbagai kegiatan hingga periode magang paripurna.
2. Peserta harus siap pindah kota atau provinsi untuk memulai program magang yang akan dilakukan. Ketentuan ini berlaku bagi peserta magang yang melamar di perusahaan luar kota atau luar provinsi.
3. Mahasiswa yang ikut dalam program Bidikmisi atau KIP dapat mengikuti program magang sesuai keinginan.

Cara Daftar Magang Kampus Merdeka Terbaru

Menurut laman resmi, magang kampus merdeka biasanya diselenggarakan 2 bulan sebelum semester baru perkuliahan dimulai. Jadi, pastikan periode ini disiapkan sebaik mungkin supaya tidak ketinggalan dengan pihak lain.

Selain itu, kamu juga harus paham cara mendaftar magang dengan benar. Ikuti panduannya berikut ini :

1. Buat akun terlebih dahulu

Langkah pertama, buat akun terlebih dahulu di laman resmi Kampus Merdeka yang telah tersedia. Setelah pembuatan akun, lengkapi seluruh profil akun yang kamu miliki dengan data valid.

Setelah pembuatan akun selesai akun, kamu dapat mengecek lowongan magang merdeka yang telah tersedia. Nantinya, ada berbagai ragam industri yang dapat dicoba sesuai keinginan.

Mulai dari industri teknologi, NGO, kesehatan & pelayanan, BUMN, dan industri lainnya. Kamu dapat memilih industri sesuai benefit karir yang diinginkan.

2. Unggah seluruh dokumen persyaratan yang diminta

Setelah menentukan industri, posisi dan perusahaan yang ingin dilamar, kamu juga harus mengunggah seluruh persyaratan dokumen yang diminta. Contohnya seperti data diri hingga dokumen syarat yang perlu diunggah.

Pastikan seluruh dokumen terunggah dengan baik dan tidak gagal. Pastikan minimal ukuran file dokumen unggahan sesuai syarat yang diminta pihak resmi.

3. Ikuti seleksinya sebaik mungkin

Umumnya, seleksi Magang Merdeka tidak jauh beda dengan seleksi magang yang dilakukan secara mandiri. Kamu harus menghadapi seleksi administrasi seperti submit profil, persyaratan hingga CV saat apply di laman.

Jika lolos seleksi administrasi, biasanya peserta dipanggil untuk menyelesaikan seleksi interview yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Biasanya, ketentuan interview mengikuti kebijakan setiap perusahaan yang dilamar.

Berapa Uang Saku Magang Kampus Merdeka

Uang Saku
Foto: Canva

Mengikuti program magang ini tentunya banyak manfaat dan keunggulan yang dapat kamu nikmati. Contohnya seperti pengalaman kerja yang real dan profesional, konversi SKS hingga allowance atau uang saku setiap bulannya.

Lantas, berapa uang saku yang diterima mahasiswa yang lolos program magang ini? Dari wawancara yang dilakukan kepada peserta magang, setiap peserta magang menerima uang saku sebesar 2 juta per bulannya.

Uang saku kami diberikan oleh Kementerian selaku penyelenggara program magang. Apakah pihak perusahaan yang dijadikan tempat magang tidak memberi uang saku?

Hal tersebut disesuaikan dengan kebijakan setiap perusahaan yang bekerjasama. Beberapa perusahaan bahkan memberi uang saku melebihi dari pihak kementerian.

Sayangnya, ada juga beberapa perusahaan yang sama sekali tidak memberi uang saku. Jadi, selektiflah dalam menentukan perusahaan yang akan dipilih.

Bahkan kendati tidak mendapat uang saku per bulan, pengalaman dan ilmu yang diterima selama Magang Merdeka tetap memberi manfaat yang besar. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu ikut program magang ini juga. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.