Sampai Ratusan Juta! Inilah 5 Universitas Swasta dengan Biaya Kuliah Termahal di Indonesia

oleh -0 Dilihat
Sampai Ratusan Juta! Inilah 5 Universitas Swasta dengan Biaya Kuliah Termahal di Indonesia
Universitas swasta dengan biaya kuliah termahal dipastikan memberikan fasilitas terbaik dan bahkan mewah untuk mahasiswanya.

Jakarta- Universitas swasta dengan biaya kuliah termahal di Indonesia bisa membuat kamu geleng-geleng kepala atau bahkan berminat untuk berkuliah di sana. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mendapatkan pendidikan di sana sampai ratusan juta.

Biaya segitu sudah bisa untuk membeli rumah yang namanya pendidikan memang investasi yang bisa memberikan return yang tidak terduga. Universitas swasta dengan biaya kuliah termahal dipastikan memberikan fasilitas terbaik dan bahkan mewah untuk mahasiswanya.

Simak daftar universitas swasta mana saja yang termasuk termahal di negeri ini di sini.

1. Universitas Ciputra
Universitas swasta termahal satu ini berada di Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur. Universitas Ciputra memiliki 8 program akademik. Berikut adalah 8 program akademik di Universitas Ciputra.

• School for Medicine
• Psychology
• Communication Science and Media Business
• Information Technology
• Business and Management
• Creative Industry
• Tourism
• Entrepreneurship and Humanities

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum internasional yang mampu menghasilkan generasi muda yang mengembangkan jiwa kewirausahaan. Salah satu universitas swasta dengan biaya kuliah termahal di Indonesia ini menerapkan biaya studi yang berbeda. Berikut adalah gambaran sedikit biaya kuliah di sana.

Program Akademik DPP Awal SPP Reguler SKS
International Business Management Rp35 juta Rp17 juta Rp650 ribu
Architecture and Property Rp32 juta Rp12 juta Rp650 ribu
Food Technology Rp32 juta Rp10 juta Rp500 ribu
Digital and Creative Tourism Rp35 juta Rp11 juta Rp550
Kedokteran Rp340 juta Rp38,5 juta

2. Bina Nusantara (Binus)
Binus atau Bina Nusantara adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia yang tidak hanya ada di ibu kota tetapi juga ada di wilayah lain. Binus membuka cabang kampus yang berada di Malang, Semarang, Tangerang, dan Bandung. Jangkauan dan popularitas Binus pun termasuk terkenal di negeri ini.

Binus menawarkan program akademik yang beragam, dari Undergraduate, Undergraduate (International), Double Program, Online Program, Master Track, Graduate, sampai Doctorate. Binus juga menawarkan banyak fakultas dimana setiap fakultas atau program studi menerapkan biaya yang bermacam-macam.

Beberapa fakultas yang ada di sana adalah Engineering, Humanities, Economics and Communication, Business School, School of Design, Information Systems, dan Computer Science. Berikut adalah sedikit gambaran biaya berkuliah di Bina Nusantara untuk beberapa program studi yang tersedia saat ini.

Fakultas Semester 1 Biaya Lab Biaya DP3
School of Computer Rp22,8 juta Rp2,85 juta Rp41 juta
School of Information System Rp22,8 juta Rp2,85 juta Rp41 juta
Business School Rp20,4 juta Rp1,87 juta-Rp4,25 juta Rp41 juta
Digital Communication Rp20 juta Rp2,85 juta Rp38 juta
Hotel Tourism Rp24,5 juta Rp4,25 juta Rp41 juta

Salah satu ini universitas termahal di Jakarta ini awalnya adalah tempat kursus di tahun 1970-an yang kemudian berkembang menjadi universitas. Binus sendiri diresmikan menjadi kampu pada 8 Agustus 1996 dan sudah mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Binus bukan nama asing di Indonesia saat ini berkat lulusannya yang berkiprah di dunia bisnis dan teknologi. Alumni Binus yang terkenal diantaranya Andrew Darwis (Kaskus), Kevin Osmond (Tiket), dan William Tanuwijaya (Tokopedia). Banyak juga influencer masa kini yang berkuliah di Bina Nusantara.

3. Swiss German University (SGU)
Swiss German University (SGU) adalah salah satu universitas swasta dengan biaya kuliah termahal di Indonesia yang merupakan kampus dari hasil kerja sama antara Indonesia, Jerman, Swiss, dan Australia. Keterlibatan 4 negara tersebut membuat biaya berkuliah di sana dipastikan tidak murah sama sekali.

Mengacu pada informasi dari laman Quipper, perkiraan uang masuk untuk gelar sarjana di SGU adalah sekitar Rp 27,5 – Rp 30 juta. Beberapa program magister yang dibuka di sana adalah Master of Business Administration (MBA), Master of Information Technology (MIT), dan Master in Medical Education (MME).

Berikut adalah sedikit bocoran biaya kuliah untuk program magister di Swiss German University.

Program Admission Fee Confirmation Fee Campus Fee
MBA Rp500 ribu Rp2,5 juta Rp94,5 juta
MIT Rp500 ribu Rp2,5 juta Rp54 juta
MME Rp500 ribu Rp2,5 juta Rp46,5 juta

SGU menyediakan 3 fakultas, yaitu Business and Communication, Life Sciences and Technology, dan Engineering and Information Technology. SGU merupakan pelopor utama pemakaian kurikulum internasional di universitas di Indonesia. SGU dipastikan memberikan pendidikan berstandar internasional.

Swiss German University menyediakan program gelar ganda dimana selain ijazah SGU Indonesia, kamu juga bisa mendapatkan ijazah dari SGU di Eropa. Gelar tersebut terbukti memberikan dampak positif untuk mahasiswa yang ingin magang di luar negeri di semester 6 dan melanjutkan studi di kampus luar negeri.

4. President University
Universitas swasta dengan biaya kuliah termahal selanjutnya adalah President University. Salah satu kampus termahal di Indonesia ini berlokasi di Jababeka Education Park, Kabupaten Bekasi. Di lokasi yang memang strategi tersebut, kampus di kelilingi oleh 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara.

President University membuka 4 fakultas yang terdiri dari Faculty of Business, Faculty of Humanities, Faculty of Computer Science, dan Faculty of Engineering. Biaya yang dikeluarkan untuk berkuliah di sana termasuk tinggi. Berikut informasi biaya yang harus dikeluarkan untuk berkuliah di sana (program S1).

Layanan dan Program Biaya
Kuliah Rp30 juta
Matrikulasi dan Masa Orientasi Studi (MOS) Rp5 juta
Pembangunan Rp10 juta
Asrama Rp1,45 juta per bulan
TOEIC Rp2,5 juta

5. Universitas Pelita Harapan (UPH)
Universitas Pelita Harapan (UPH) pasti bukan nama asing dalam dunia pendidikan. Kampus ini terkenal karena biaya berkuliah di sana yang tinggi dan fasilitas pendidikan yang lengkap. Kampus yang berada di Karawaci, Tangerang ini didirikan oleh Ir. Johannes Oentoro dan Dr. (HC) James Riady pada tahun 1994.

UPH membuka banyak fakultas, beberapa diantaranya yaitu Education, Health Science, Music, Design, Communication Science and International Relations, Medicine, Economics and Business, Psychology, Engineering, Law, Hospitality and Tourism, Science and Technology, dan Information Systems.

Biaya S1 di sana cukup bervariasi. Berikut adalah biaya kuliah di beberapa fakultas UPH.

Program  Admission Orientation and Facilities Total Study
Management Rp45 juta Rp16 juta Rp212 juta
Law Rp45 juta Rp16 juta Rp216 juta
International Relations Rp45 juta Rp16 juta Rp216 juta
Hospitality and Management Rp46 juta Rp19 juta Rp230 juta
Medicine Rp160 juta Rp85 juta Rp892 juta

Tidak semua kalangan bisa menikmati universitas swasta dengan biaya kuliah termahal di negeri ini. Reputasi dan gengsinya tidak perlu dipertanyakan. Biaya tinggi pendidikan di kampus swasta mahal dalam daftar di atas dipastikan memberikan bekal yang cukup untuk meraih masa depan yang gemilang.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.