Inilah 9 Fenomena Cuaca Aneh yang Belum Pernah Kamu Tahu!

oleh -0 Dilihat
Fenomena Cuaca Aneh
Cuaca aneh sering bermunculan di berbagai belahan dunia

Diskursusnetwork- Cuaca aneh sering bermunculan di berbagai belahan dunia. Sebut saja perubahan suhu secara tiba-tiba atau turunnya salju di daerah padang pasir yang tandus. Fenomena ini dipercaya sebagai efek dari pemanasan global yang terjadi sejak beberapa dekade terakhir.

Fenomena cuaca yang aneh memang terkadang sulit untuk dicerna oleh akal sehat. Namun beberapa peristiwa berikut ini benar-benar terjadi di sejumlah negara. Apa saja? Daripada kamu makin penasaran, simak pembahasan lengkap di bawah ini.

9 Cuaca Aneh Di Dunia

Peristiwa cuaca yang aneh menjadi pertanda semakin parahnya pemanasan global. Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini sejumlah kejadian berkaitan dengan cuaca yang tergolong aneh dan tidak rasional namun benar-benar terjadi.

1. Salju Gurun Sahara

Salju Gurun Sahara
Foto: Canva

Gurun Sahara dikenal sebagai padang pasir yang paling kering dan tandus di dunia dengan curah hujan yang sangat sedikit. Tapi apa jadinya jika di daerah ini justru turun salju? Kamu pasti sulit untuk membayangkan fenomena alam yang satu ini.

Namun, pada tahun 1979 salju benar-benar turun di Gurun Sahara, tepatnya di dataran rendah. Dan kejadian serupa terulang kembali pada tahun 2017, 2018, dan 2021 di mana salju menutupi beberapa daerah Gurun Sahara yang panas.

Akibat turun salju, suhu gurun yang biasanya mencapai 58 derajat bisa anjlok hingga minus 2 derajat Celsius. Fenomena ini tergolong sangat langka sehingga mengundang perhatian para ilmuwan untuk mempelajarinya lebih jauh.

2. Kenaikan Suhu Mendadak

Kenaikan Suhu Mendadak
Foto: Canva

Wilayah Spearfish, Dakota selatan pernah mengalami cuaca aneh pada tahun 1943. Tercatat suhu meningkat secara cepat, bahkan dianggap sebagai peningkatan suhu tercepat di dunia.

Pada pukul 07.30, suhu di wilayah tersebut adalah minus 20 derajat Celsius. Namun hanya dalam waktu dua menit saja, suhu meningkat hingga 7 derajat Celsius. Pada pukul 09.00, suhu naik lagi menjadi 12 derajat Celsius dan turun lagi ke angka minus 20 derajat dalam waktu 27 menit.

Kamu bisa membayangkan bagaimana efek perubahan suhu yang cepat tersebut terhadap tubuh manusia. Tentunya fenomena cuaca ini menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius bagi penduduk setempat.

3. Ratusan Tornado Selama 2 Hari

Ratusan Tornado Selama 2 Hari
Foto: Canva

Amerika dikenal sebagai benua yang paling sering dihantam badai dan tornado. Namun, apakah kamu tahu jika beberapa negara bagian Amerika pernah diserang ratusan tornado hanya dalam waktu 2 hari? Percaya atau tidak, cuaca aneh ini benar-benar terjadi pada tahun 1974.

Tercatat sekitar 148 tornado menghantam belasan negara bagian di Amerika Serikat. Banyaknya tornado yang mampir ke wilayah tersebut tentu saja menyebabkan kerusakan infrastruktur yang parah, ditambah lagi dengan korban jiwa yang berjatuhan.

4. Suhu Panas Konstan Selama 5 Bulan

Suhu Panas Konstan
Foto: Canva

Perubahan suhu dari waktu ke waktu merupakan suatu hal yang wajar. Namun, bagaimana jika suhu tidak pernah berubah selama berbulan-bulan? Cuaca pelik seperti ini pernah terjadi di Kota Marble Bar, Australia yang membuatnya dinobatkan sebagai salah satu fenomena alam teraneh di dunia.

Alih-alih mengalami kenaikan dan penurunan seiring berjalannya waktu, suhu di kota ini justru tidak berubah. Suhu yang mencapai 37,8 derajat Celsius terjadi selama 160 hari atau 5 bulan lebih. Bisakah kamu membayangkan bagaimana panasnya di wilayah tersebut?

5. Musim Panas Tertunda

Musim Panas Tertunda
Foto: Canva

Pada tahun 1815, Gunung Tambora meletus dan mengeluarkan jutaan ton abu vulkanik ke atmosfer. Musibah ini menyebabkan langit di belahan bumi utara tertutup debu yang tak kunjung turun. Alhasil, musim dingin tidak kunjung berakhir dan kedatangan musim panas menjadi tertunda.

Fenomena cuaca aneh ini dikenal dengan sebutan frost, yaitu musim dingin berkepanjangan yang membunuh tanaman. Sebagai akibatnya, dunia dilanda kekurangan pangan, kelaparan, meningkatnya angka kriminalitas akibat kekacauan yang terjadi.

Ketika belahan bumi utara dilanda musim dingin berkepanjangan, belahan selatan justru mengalami musim hujan terus menerus yang menyebabkan wabah kolera. Kondisi cuaca ini juga menjadi alasan munculnya krisis pangan terburuk di Eropa.

6. Badai Setan

Badai Setan
Foto: Canva

Dari namanya saja badai ini terdengar menyeramkan. Badai Setan yang terjadi pada tahun 1960 tercatat sebagai salah satu fenomena cuaca paling pelik sepanjang sejarah manusia dan menyebabkan sederet bencana.

Menurut berbagai sumber, suhu di Texas kala itu mencapai 70 derajat Fahrenheit. Hanya dalam beberapa menit, suhu meningkat hingga lebih dari 100 derajat Fahrenheit. Temperatur kembali melonjak hingga mencapai 140 derajat Fahrenheit yang menyebabkan pemadaman listrik.

Dilaporkan juga cuaca aneh ini menyebabkan kematian hewan ternak akibat kepanasan dan hancurnya ladang jagung serta kapas.

7. Bom Hujan

Bom Hujan
Foto: Canva

Pada tahun 2016, seorang pemburu badai bernama Bryan Snyder tengah merekam video badai yang terjadi di Tucson ketika dia menyaksikan sebuah pemandangan yang menakjubkan. Terlihat massa air yang sangat besar dan padat jatuh ke tanah sekaligus.

Fenomena hujan aneh ini disebut sebagai bom hujan atau microburst karena menyerupai hujan yang dituangkan secara langsung dari atas. Secara ilmiah, bom hujan terjadi saat kumpulan massa udara yang dingin turun melalui awan badai yang lebih berat, menyebabkan angin dengan kecepatan tinggi.

Tingginya kecepatan angin yang turun dipercaya mampu mengoyak batang pohon menjadi dua. Fenomena bom hujan ini beberapa kali terjadi di Midwestern dan hanya mampu bertahan sekitar 10 menit saja.

8. Hujan Es Raksasa

Hujan Es Raksasa
Foto: Canva

Libya merupakan salah satu negara di Afrika Utara yang didominasi gurun kering dan tandus. Dengan kondisi geografis tersebut, Libya menerima intensitas hujan yang cukup rendah. Namun cuaca aneh terjadi pada bulan Oktober 2020.

Diketahui sebuah badai melintas dan membawa batu es berukuran besar. Hujan es raksasa ini tampak mengerikan dengan bola-bola es sebesar telapak tangan orang dewasa. Momen ini berhasil diabadikan sebagai pengingat fenomena langka yang pernah terjadi di muka bumi.

Para peneliti menjelaskan bahwa hujan es tersebut termasuk hujan es paling besar yang pernah terjadi di Afrika dan masuk dalam rekor dunia. Bahkan beberapa menyebutkan hujan ini mengingatkan pada film dengan tema bencana alam.

9. Black Sunday

Black Sunday
Foto: Canva

Fenomena Black Sunday atau Minggu Hitam pernah menghantui Dataran Tengah, Texas. Kejadian alam ini menimpa beberapa desa di Texas setelah sebelumnya mereka dihantam badai debu besar selama berminggu-minggu.

Pada hari Minggu, sebuah awan hitam raksasa yang terlihat mengerikan bergerak mendatangi wilayah tersebut dengan kecepatan 96 km per jam. Penduduk berlarian menyelamatkan diri namun beberapa yang gagal tertelan oleh debu hitam.

Akibat cuaca buruk ini, 17 orang meninggal dunia karena pneumonia debu dan sesak nafas. Kejadian ini juga menyebabkan banyak penduduk Texas kehilangan tempat tinggal.

Berbagai cuaca aneh ternyata pernah melanda berbagai negara di dunia, mulai dari perubahan suhu secara mendadak hingga hujan es sebesar telapak tangan manusia. Kebanyakan fenomena tersebut muncul sebagai efek dari pemanasan global yang terus terjadi akibat ulah tangan manusia. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.