10 Bencana Alam Terbesar Sepanjang Sejarah, Bikin Merinding!

oleh -0 Dilihat
Bencana Alam Terbesar
Foto: Canva

Diskursusnetwork- Bencana alam merupakan rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam yang menimbulkan kerusakan bahkan korban jiwa seperti tsunami, gempa bumi, dan badai. Sepanjang sejarah, ada banyak sekali bencana yang pernah terjadi di muka bumi.

Beberapa bencana alam tercatat sebagai yang terbesar dan paling mengerikan karena menelan jutaan korban jiwa. Peristiwa tersebut juga menyebabkan kerugian material yang besar serta kerusakan infrastruktur sehingga melumpuhkan perekonomian untuk sementara waktu.

10 bencana alam terbesar di dunia mulai dari gempa bumi yang meluluhlantakkan bangunan hingga tsunami dahsyat yang menyapu segala hal yang ada di daratan, berikut ini beberapa bencana besar yang tercatat dalam sejarah.

1. Gempa Bumi Tokyo & Yokohama

Gempa Bumi Tokyo & Yokohama
Foto: Canva

Pada tahun 1923, gempa bumi berkekuatan 7,9 skala richter mengguncang kota Tokyo dan Yokohama. Gempa ini tidak hanya menghancurkan kedua kota tersebut tetapi juga memicu terjadinya kebakaran. Kebakaran yang meluas menjadi salah satu penyebab banyaknya korban jiwa.

Tidak kurang dari 140.000 nyawa melayang akibat bencana alam ini. Selain menyebabkan robohnya bangunan dan kebakaran, gempa bumi dahsyat ini juga memicu terjadinya tsunami di Atami dengan ketinggian mencapai 12 meter.

2. Banjir Bandang Yangtze

Banjir Bandang Yangtze
Foto: Canva

Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang di China. Pada tahun 1931, tingginya curah hujan membuat sungai ini meluap dan menyebabkan banjir bandang. Luapan sungai meluas hingga puluhan ribu kilometer persegi dan membanjiri sawah serta pemukiman warga sekitar.

Tentu saja kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana ini sangat masif. Lebih dari 50 juta jiwa terdampak dan 3.7 juta orang menjadi korban jiwa. Akibat banjir bandang ini pula masyarakat dilanda wabah kelaparan dan berbagai penyakit seperti disentri dan tipus.

Wabah kelaparan muncul karena ladang padi di sekitar sungai terendam air sehingga gagal panen. Padahal kota besar di sekitarnya seperti Nanjing dan Wuhan bergantung pada hasil panen di daerah itu. Wajar jika banjir ini dianggap sebagai bencana terparah di abad ke-20.

3. Letusan Gunung Tambora

Letusan Gunung Tambora
Foto: Canva

Salah satu bencana alam terbesar dalam sejarah adalah meletusnya Gunung Tambora pada tahun 1815. Gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini meletus dengan kekuatan yang dahsyat, bahkan suara letusannya bisa terdengar hingga ratusan kilometer.

Bencana alam terbesar di Indonesia ini memakan ratusan ribu korban, baik karena awan panas maupun karena wabah penyakit dan kelaparan yang muncul setelahnya. Yang menakjubkan, erupsi gunung ini membuat bumi berada dalam kegelapan dan menyebabkan perubahan cuaca ekstrem.

Bahkan sejarah mencatat bahwa letusan Gunung Tambora turut menyebabkan wabah kelaparan di Eropa serta gagal panen di wilayah Yunan, China yang disebabkan oleh perubahan cuaca.

4. Gempa Tangshan

Gempa Tangshan
Foto: Canva

Gempa bumi besar pernah melanda wilayah Tangshan, China pada tahun 1976. Gempa berkekuatan 7,8 dan 7,1 SR mengguncang kota ini sebelum matahari terbit sehingga jumlah korban mencapai ratusan ribu jiwa. Tak ayal, bencana ini membuat kota Tangshan hancur luluh lantak.

Menariknya, peristiwa ini diwarnai beberapa cerita menegangkan. Misalnya, sebelum terjadi gempa permukaan sumur di kota tersebut naik turun tiga kali sehari. Ada pula yang mengatakan binatang tampak gelisah dan hewan peliharaan enggan masuk ke dalam bangunan.

5. Gempa dan Tsunami Aceh

Tsunami Aceh
Foto: Canva

Di penghujung tahun 2004, warga Aceh diguncang gempa dahsyat. Bencana alam ini disebut sebagai salah satu gempa terbesar dalam sejarah. Gempa yang berpusat di Samudera Hindia ini bermagnitudo 9,1 dan menyebabkan munculnya gelombang tsunami dengan ketinggian mencapai 30 meter.

Selain di Indonesia, tsunami juga menyapu beberapa daerah di Sri Lanka, Thailand, Malaysia, Bangladesh, hingga Maladewa dan menyebabkan korban jiwa. Di Indonesia sendiri tercatat sekitar 169.000 orang meninggal dunia sedangkan korban keseluruhan mencapai 230.000 jiwa.

6. Letusan Gunung Krakatau

Letusan Gunung Krakatau
Foto: Canva

Satu lagi bencana terdahsyat sepanjang sejarah yang berasal dari Indonesia. Pada tahun 1883, Gunung Krakatau yang berada di antara Pulau Sumatera dan Jawa meletus. Letusan eksplosif terdahsyat ini menyebabkan Pulau Jawa dan Sumatera terpisah.

Ketika terjadi letusan, Gunung Krakatau melemparkan jutaan debu, material vulkanik, dan batu sehingga menciptakan tsunami yang menghancurkan pesisir Banten dan Lampung. Saking dahsyatnya, letusan gunung ini terdengar hingga ke Perth, Australia.
Dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam ini juga tidak main-main. Ribuan orang meninggal karena gelombang panas.

Selain itu, suhu bumi juga meningkat dan cuaca kacau selama beberapa tahun. Bahkan langit di seluruh dunia menjadi gelap selama beberapa saat.

7. Badai Maria

Badai Maria
Foto: Canva

Disebut juga sebagai Hurikan Maria, badai ini dinobatkan sebagai salah satu bencana alam di dunia yang paling mematikan. Badai Maria melanda Puerto Riko pada tahun 2017 sehingga menyebabkan kerusakan, banjir dahsyat, hingga korban jiwa.
Diperkirakan lebih dari 4.600 orang menjadi korban dari bencana ini.

Badai ini juga menyebabkan hilangnya hutan lebat di wilayah Dominika dan kelangkaan sumber daya. Tidak heran jika badai ini dikenal sebagai salah satu badai yang paling merugikan dan mematikan.

8. Gempa Sichuan

Gempa Sichuan
Foto: Canva

Bencana alam terbesar yang selanjutnya adalah gempa Sichuan yang terjadi pada tahun 2008. Dengan kekuatan 7,9 skala richter, gempa ini tidak hanya meluluhlantakkan wilayah Sichuan tetapi juga memicu tanah longsor. Bencana semakin parah karena hujan lebat yang memicu terjadinya banjir.

Tak kurang dari 70.000 nyawa melayang akibat bencana yang satu ini. Selain itu, lebih dari 4,8 juta orang kehilangan tempat tinggal. Akses transportasi menyulitkan masuknya bantuan ke wilayah ini sehingga memperburuk dampak dari bencana tersebut.

9. Gempa dan Longsor Peru

Gempa dan Longsor Peru
Foto: Canva

Pada tahun 1970, Peru diguncang gempa berkekuatan 7,9 skala richter. Gempa ini memicu tanah longsor yang mematikan karena mengubur beberapa kota seperti Ranrahirca dan Yungay. Korban jiwa akibat bencana ini diperkirakan mencapai 70.000 orang.

Menurut penuturan ahli, es dan bebatuan gunung diperkirakan turun dengan kecepatan 160 km/jam. Terdapat pula sebuah bongkahan batu sangat besar dengan berat sekitar 700 metrik ton yang turun dan menghantam kota Ranrahirca. Ini merupakan salah satu gempa terburuk di Peru.

10. Letusan Gunung Toba

Letusan Gunung Toba
Foto: Canva

Letusan Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun lalu menjadi letusan paling dahsyat sepanjang sejarah, bahkan kedahsyatannya menghancurkan sebagian umat manusia di muka bumi. Hanya sekitar 5.000 – 10.000 orang yang bertahan hidup setelahnya.

Letusan eksplosif yang sangat besar menyebabkan perubahan iklim global. Gunung Toba juga memuntahkan sekitar 2.800 kilo kubik abu sehingga menutup atmosfer selama 6 tahun sehingga membuat penurunan suhu di dunia.

Kini kamu sudah mengetahui sejumlah peristiwa alam terbesar dan terdahsyat sepanjang sejarah. Beberapa bencana tersebut masih meninggalkan bekas hingga saat ini, namun ada pula yang kembali pulih seperti semula dengan cepat.

Bencana alam merupakan peristiwa di luar kendali manusia dan biasanya menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Membekali diri dengan pengetahuan mengenai mitigasi bencana akan sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko akibat bencana tersebut. (Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.