3 Alasan Letjen TNI Maruli Simanjuntak Calon Kuat KSAD. Menantu Luhut, Mantan Danrem Solo, Danpaspampres Era Jokowi

oleh -0 Dilihat
KSAD
Letjen Maruli Simanjuntak (Istimewa)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) hari Rabu siang ini (29/11/2023), di Istana Negara, Jakarta.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, tidak menyebut nama sosok yang akan dilantik menjadi KSAD.

“Hari ini, tepatnya Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB, dijadwalkan pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat oleh Presiden di Istana Negara,” ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dalam keterangannya, Rabu (29/11/2023).

Diketahui KSAD sebelumnya adalah Jenderal Agus Subiyanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

Calon kuat KSAD digadang-gadang sejumlah sumber adalah Jenderal bintang 3, berinisial M.

Salah satu Jenderal bintang 3 di TNI adalah Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Msc.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi bakal melantik KSAD pengganti Jenderal TNI Agus Subiyanto pada pekan ini.

“(Nama KSAD) belum. Minggu depan ini saya kira kita putuskan,” kata Jokowi di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2023).

Jokowi sempat membenarkan, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi salah satu kandidat KSAD. “Salah satu kandidat, iya,” ungkap Jokowi.

Baca Juga: Andika Perkasa Tantang Panglima TNI Bisa Netral di Pemilu 2024

Profil Calon KSAD Letjen Maruli Simanjuntak

Sejak 31 Januari 2022 hingga saat ini, Letjen Maruli mengemban jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Lahir di Bandung, Jawa Barat pada 27 Februari 1970, Letjen Maruli adalah alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 yang berasal dari kecabangan Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra.

Putra daerah Sumatera Utara ini sudah dikaruniai dua orang anak dari pernikahannya dengan Paulina Pandjaitan, putri dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Diketahui, ia memiliki latar belakang pendidikan di SMAK Dako Bandung tahun 1985-1988 sebelum memutuskan untuk menempuh pendidikan di Akmil.

Setelah lolos dan resmi lulus dari Akmil, Maruli kembali menjalani pendidikan TNI, yakni Sesarcabif, Dik PARA, Dik Komando Dik Free Fall, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad Dikreg XLV (2007).

Selain itu, Maruli juga pernah menduduki jabatan strategis di TNI, misalnya menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) tahun 2018-2020 di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya Maruli adalah Danrem 074/Warastratama (2016—2017) Komando Resor Militer 074/Warastratama, disingkat Korem 074/WRT, adalah Komando Teritorial bawah Kodam IV/Diponegoro. Wilayah yang berada di bawah kendali Korem 074/Warastratama, adalah kota-kota eks Karesidenan Surakarta. Korem ini bermarkas di Surakarta / Solo.

Saat itu Maruli baru memiliki bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen), selanjutnya naik satu pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) dengan mengemban tugas Pangdam IX/Udayana pada 2020-2022. (DN)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.