Ini 8 Kesepakatan Presiden Jokowi Dan Xi Jinping Dalam Pertemuan Di China

oleh -0 Dilihat
Ini 8 Kesepakatan Presiden Jokowi Dan Xi Jinping Dalam Pertemuan Di China
Presiden Joko Widodo bersama Presiden China, Xi Jinping saat melakukan pertemuan bilateral di Chengdu, China, pada Kamis (27/7/2023).

Jakarta- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Presiden China, Xi Jinping menyepakati 8 kesepakatan saat melakukan pertemuan bilateral di Chengdu, China, pada Kamis (27/7/2023).

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi dalam pernyataan resmi yang ditayangkan akun Youtube Sekretariat Presiden, pada Jum’at (28/7/2023).

Retno menyebut, 8 kesepakatan tersebut yakni pertama kerjasama dalam bidang kesehatan. Kemudian yang kedua, protokol pembukaan akses pasar produk pertanian tepung porang. Selanjutnya ketiga, nota kesepahaman terkait protokol persyaratan ekspor Tabasheer dari Indonesia ke Tiongkok.

Setelah itu, nota kesepahaman yang keempat yakni terkait riset dan pengembangan industri plant breeding dan budidaya laut dan kelima terkait perencanaan berbagi pengetahuan dan pengalaman pemindahan ibu kota baru Indonesia.

“Yang keenam kerjasama tentang peningkatan kerja sama Indonesia-Tiongkok Two Countries, Twin Parks. Ketujuh kerja sama dalam bidang ekonomi dan teknis serta yang kedelapan yakni kerjasama dalam bidang pendidikan bahasa Mandarin,” kata Retno Marsudi.

Menurutnya, dalam pertemuan dua Presiden tersebut, utamanya membahas penguatan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan selalu mempertimbangkan pemakaian tenaga lokal dan bersahabat terhadap lingkungan.

“Tujuan kunjungan kemarin untuk meningkatkan ekspor dari Indonesia, karena China adalah mitra dagang terbesar Indonesia. Pada tahun 2022 nilai perdagangan Indonesia-China mencapai lebih dari US$133 miliar, dengan posisi Indonesia kini sudah surplus,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut juga, lanjut Retno, telah dihasilkan 9 kerjasama dalam sektor swasta terkait transfer teknologi produksi vaksin, vaksin halal, produksi alat diagnostic, dan manajemen sistem informasi kesehatan.

“Pertemuan kemarin juga dihasilkan penguatan kerjasama vaksin genomic, bioteknologi, untuk menghadapi kemungkinan pandemi baru, termasuk melalui pembangunan National Genebank China, dan pusat bioteknologi di Indonesia,” ungkapnya.

Pada Jum’at (28/7/2023), rencananya Presiden Jokowi akan menghadiri beberapa pertemuan bisnis dengan berbagai investor China. Setelah itu, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri pembukaan FISU World University Games. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.