Dinkes Tanggamus Sebut Ada 3 Kasus Sifilis dan IMS Sejak Awal 2023

oleh -0 Dilihat
Dinkes Tanggamus Sebut Ada 3 Kasus Sifilis dan IMS Sejak Awal 2023
Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, mencatat tiga kasus penyakit raja singa atau sifilis dan penyakit infeksi menular seksual (IMS) pada periode Januari-Mei 2023 di wilayah ini.

Tanggamus- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanggamus mencatat tiga kasus penyakit raja singa atau sifilis dan penyakit infeksi menular seksual (IMS) pada periode Januari-Mei 2023 di wilayah ini.

“Untuk jumlah kasus sifilis di Tanggamus sendiri dari awal bulan Januari hingga Mei 2023 terdapat tiga kasus sifilis,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Marhaenisa Abirakhman Dinkes Tanggamus (23/5/2023).

Ia mengatakan, dari jumlah kasus sifilis yang berhasil ditemukan dan diobati oleh pihak dinas kesehatan Kabupaten Tanggamus tersebut berada di dua kecamatan.

“Tiga kasus yang terlaporkan itu berada di Kecamatan Antar Brak satu kasus dan Negara Batin dua kasus,” kata dia.

Untuk pengobatan, kata dia, seluruh penderita penyakit sifilis tersebut sudah dilakukan pengobatan dan penyembuhan.

“Untuk yang terpapar penyakit menular itu sudah dilakukan pengobatan, dan penyembuhan,” ujar dia.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk khususnya remaja agar menghindari pergaulan bebas seperti seks bebas.

“Imbauannya untuk masyarakat khususnya remaja agar menghindari seks bebas, atau melakukan hubungan seks dengan berganti-ganti pasangan, dan untuk yang sudah menikah agar setia kepada pasangannya,” imbau dia.

Sebelumnya berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit sifilis terus meningkat dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2016-2022).

Adapun Sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum yang menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita raja singa. Bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar melalui melalui kontak fisik dengan luka di tubuh penderita.

(Red, DN/ant)

Baca: Waduh, Dinkes Lampung Selatan Temukan 8 Kasus Sifilis di Awal 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.