Kembangkan IKM, Pemprov Luncurkan Aplikasi Sikam

oleh -0 Dilihat
eluncuran aplikasi Sikam bagi IKM lokal oleh Gubernur Lampung, Menteri Perdagangan dan pihak terkait. Bandarlampung, Rabu (28/12/2022).
eluncuran aplikasi Sikam bagi IKM lokal oleh Gubernur Lampung, Menteri Perdagangan dan pihak terkait. Bandarlampung, Rabu (28/12/2022).

Diskursus Network – Sebagai wadah produk IKM lokal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meluncurkan  aplikasi Sikam (Sistem Informasi IKM) agar produk Industri Kecil Menengah provinsi ujung Pulau Sumatera bisa dikenal hingga mancanegara.

“Dalam memfasilitasi IKM untuk terus berkembang telah diluncurkan aplikasi Sikam oleh Gubernur Lampung dan Menteri Perdagangan,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni pada peluncuran aplikasi Sikam dan bazar IKM di Bandar Lampung, Rabu (28/12/2022).

Ia mengatakan aplikasi Sikam tersebut dibuat dengan tujuan sebagai database dan sarana promosi produk IKM lokal Lampung.

“Dengan adanya aplikasi dan kegiatan ini diharapkan IKM dan UKM lokal bisa meyakini kerja kerasnya dalam memajukan usaha dan menopang perekonomian, terus dihargai serta didukung oleh pemerintah baik pusat atau daerah,” tambahnya.

Menurut dia saat ini telah teregistrasi sejumlah IKM dalam aplikasi Sikam, dan masyarakat dapat langsung mengakses aplikasi tersebut untuk melihat ragam produk IKM serta melakukan pembelian.

“Selain itu dalam mendukung IKM untuk terus berdaya saing telah diserahkan sertifikasi halal, Hazard Analysis and Critical Control Point kepada IKM,” ucapnya.

Selanjutnya ada pula penghargaan bagi IKM yang memiliki nilai ekspor tertinggi, lalu memiliki produk terinovatif dari IKM kriya serta pangan. Dan ada penyerahan bantuan perbaikan warung dari Kementerian Perdagangan.

“Hari ini ada sekitar 200 IKM yang ikut serta dalam kegiatan ini, harapannya IKM dan UKM di Lampung bisa terus mengembangkan usahanya dan membantu memulihkan ekonomi,” ujar dia. (Red, DN)

Baca : Pisang Keju, Cemilan Nikmat Pendamping Minum Teh Dan Kopi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.