Tes RT-PCR Diberlakukan Untuk Sisa Kloter Kepulangan Jamaah Haji Lampung

oleh -0 Dilihat
Cerita haru Penantian Jamaah Calon Haji, Setelah Tertunda COVID-19
Jamaah Calon Haji, Setelah Tertunda COVID-19

Bandar LampungĀ  – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung mengabarkan, sisa kelompok terbang (kloter) kepulangan jamaah haji akan dilakukan tes Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

“Mulai kepulangan jamaah haji dari kloter 11 dan seterusnya akan dilakukan tes PCR sebagai pencegahan COVID-19,” kata Plh Kepala Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Lampung Akhor Wiwit, di Bandar Lampung, Jumat (23/7/2022)

Ia mengatakan bahwa tes PCR kepada jamaah haji tersebut dilakukan berdasarkan kebijakan terbaru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada seluruh jamaah haji yang belum pulang dari Tanah Suci.

Dia mengungkapkan, guna menindaklanjuti peraturan dari Kemenkes itu, Kemenag telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung guna menyiapkan tim teknis.

“Pemeriksaan tes PCR kami lakukan hari ini untuk kedatangan kloter 11 dan 13 dengan jumlah 393 orang. Pemeriksaan PCR Jamaah Haji dilakukan di Asrama Haji,” kata dia.

Terkait jamaah haji yang sudah pulang terlebih dahulu, Akhor mengatakan, tidak akan dikenakan tes PCR, namun berdasarkan standar norma-nya mereka masih dalam pemantauan selama 21 hari.

“Kloter terdahulu yang sudah pulang tidak dikenakan PCR karena SE-nya baru keluar. Tapi mereka selama 21 hari masih kami pantau dan disarankan bila di antara mereka sakit selama dalam pemantauan segera hubungi klinik kesehatan terdekat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk kepulangan jamaah haji Lampung dari Tanah Suci masih menyisakan tiga kloter lagi dan semuanya sejauh ini dilaporkan dalam keadaan sehat.

“Untuk jamaah haji Lampung yang meninggal dunia hingga kini tercatat tiga orang,” kata dia. (Red, DN)

Video : Kuy..Nikmati Keindahan Gunung Rajabasa Dari Pantai Kedu Warna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.